Tiga Hal Yang Bikin Perguruan Tinggi Sulit Dapat Akreditasi A

Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) T.Basaruddin mengatakan banyak perguruan tinggi kesulitan memenuhi tiga dari sembilan instrumen untuk meraih akreditasi A. "Secara nasional ada tiga yang biasanya lemah, yaitu internal manajemennya, dosen masih lemah masih banyak S2, implikasi dari dosen yaitu proses akademiknya untuk riset dan kerja sama," kata dia di sela acara "Quality Assurance for Higher Education 4.0 in the Islamic World" di Jakarta, pekan ini.

Dia mengatakan tiga instrumen itu juga kerap mengganjal perguruan tinggi keagamaan Islam untuk mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Sebanyak sembilan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS), di antaranya visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola ; dan kerja sama dan mahasiswa. Instrumen itu juga menyangkut sumber daya manusia; keuangan, sarana dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat luaran dan capaian Tridharma.

Terkait unsur dosen, dia mengatakan sejumlah kampus masih banyak yang menggunakan tenaga pendidik dengan kualifikasi magister atau S2, sedangkan di sejumlah negara maju, bahkan Malaysia, sudah mensyaratkan dosen harus sudah doktor atau S3. "Lihat Malaysia minimal S3. Menjadi dosen harus jadi 'scholar' memiliki kemampuan meneliti harus S3. Kalau profesor atau tidak itu hal lain, ada mazhab beberapa negara profesor itu jabatan tapi di kita sebetulnya jabatan akademik," katanya.

Untuk itu, dia mendorong agar dosen di Indonesia agar ditingkatkan kualitasnya jangan sekadar S2 tetapi S3. Basar yang juga Presiden Islamic Quality Assurance (IQA) itu, mengatakan dosen juga kerap menjadi "amatiran" saat harus menjabat posisi di rektorat.

Dosen, kata dia, kadang diberdayakan misalnya menjadi wakil rektor II yang tugasnya mengelola keuangan, sementara menilik latar belakang pendidikannya bukan finansial. Singkat kata, dosen menjadi "amatiran" saat menjadi wakil rektor karena sejatinya tidak profesional di bidangnya. "Manajemen profesional itu seperti di korporat sesuai spesifikasi. Kalau kita lihat siapa yang menjadi wakil rektor itu dosen sementara dia jadi bertugas mengelola keuangan yang bukan keahliannya. Jangan-jangan bukan orang ekonomi, manajemen," kata dia.

Kendati demikian, dia mengatakan terdapat sejumlah perguruan tinggi yang sudah menempatkan orang yang benar di posisinya dengan mempunyai direktur keuangan, tenaga finansial dan tenaga pengembangan SDM sesuai latar belakang. "Beberapa kampus, selama itu kan yang mengelola dosen yang bukan spesifikasinya," kata dia.

BERITA TERKAIT

Anak Cerdas Cenderung Nakal?

      Ada anggapan pada sebagian orang bahwa anak yang cerdas itu cenderung nakal. Begitu pula sebaliknya, dibalik kenakalan…

Tahun Baru, Ini Resolusi 2020 Bagi Mahasiswa dan Pelajar

    Selamat tahun baru 2020! Momen tahun baru adalah saat tepat membuat target-target dan resolusi. Setelah tahun 2019 kita…

Meningkatkan Kecerdasan Naturallis Pada Anak

    "Kakak, kita main rumah-rumah dari pasir yuk?" Kakak, buat sapu-sapuan dari ranting pohon ini yuk?" Kakak, ini sudah…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Anak Cerdas Cenderung Nakal?

      Ada anggapan pada sebagian orang bahwa anak yang cerdas itu cenderung nakal. Begitu pula sebaliknya, dibalik kenakalan…

Tahun Baru, Ini Resolusi 2020 Bagi Mahasiswa dan Pelajar

    Selamat tahun baru 2020! Momen tahun baru adalah saat tepat membuat target-target dan resolusi. Setelah tahun 2019 kita…

Meningkatkan Kecerdasan Naturallis Pada Anak

    "Kakak, kita main rumah-rumah dari pasir yuk?" Kakak, buat sapu-sapuan dari ranting pohon ini yuk?" Kakak, ini sudah…