Bermain Ornamen Lukisan

NERACA

Lukisan merupakan karya seni yang sangat istimewa, dan untuk membuatnya membutuhkan keterampilan khusus. Manusiatelah melukisselama enam kali lebih lama dibandingkan dengan penggunaan tulisan. Pada zaman dahulu, manusia lebih mengenal simbol, dan simbol-simbol itu biasa dilukiskan di mana-mana, sebagai contoh lukisan-lukisan yang berada di gua-guatempat tinggal manusia prasejarah, oleh karena itu lukisan merupakan suatu seni yang tidak termakan oleh zaman.

Menghiasi dinding rumah dengan lukisan merupakan satu hal yang sangat istimewa. Hal ini memang banyak dilakukan oleh banyak orang, selain untuk mempercantik atau memperindah rumah, lukisan pun terkadang menjadi jati diri, karakter si pemilik ataupun melambangkan kepribadian si pemiliknya. Namun tidak semua orang pandai untukmenghias dinding interior rumahnya dengan lukisan, sehingga banyak di antara kita yang asal-asalan menempatkannya dan hanya sekadar pasang tanpa memperhatikan lebih dalam keindahannya. Hal ini justru akan membuat tampilan interior rumah menjadi kacau, dan akhirnya membuat tidak nyaman bagi orang-orang yang memandanginya.

Penempatan lukisan memang menjadi sangat penting, untuk mendapatkan hasil yang menarik dan efektif dari hiasan lukisan yang kita tempatkan di dinding interior rumah kita, kita harus memperhatikan unsur-unsur yang ada. Salah satu yang harus diperhatikan adalah dindingnya sendiri. Mengukur luas bidang dinding menjadi salah satu faktor yang harus kita perhatikan sebelum menentukan di mana kita akan meletakkansebuah lukisan.

Setelah menemukan lukisan yang tepat yang menurut anda pantas anda gantung di dindingnya, ukurlah terlebih dahulu bidang dinding yang akan Anda hias dengan lukisan, coba sambil sesekali anda bayangkan bila lukisannya tergantung di sana, bila anda sudah sangat yakin, tandailah area itu dengan kapur tulis di lantai. Aturlah lukisan-lukisan anda pada area itu, Cobalah berulangkali sampai anda menemukan penataan yang paling cantik dan paling nyaman juga menarik saat dilihat, barulah lukisan-lukisan itu bisa anda gantung di dinding.

Saat menggantung memang terkadang kita tidak terlalu memperhatikan ketinggiannya. Kesalahan yang sering terjadi adalah terkadang lukisan yang kita pasang kita letakkan terlalu tinggi atau terlalu rendah, memang belum ada tolok ukur yang pas untuk mengatur tinggi rendah suatu lukisan, selain tinggi manusia yang berbeda-beda, terkadang selera orang pun berbeda-beda. Sebagian orang lebih memilih menggantungkan lukisannya tinggi sehingga orang yang melihatnya mesti mendongakkan leher secara penuh untuk melihatnya. Tentunya sangat tidak nyaman melihat suatu lukisan dengan cara seperti ini. Secara visual, tampilan dinding pun tak menjadi begitu nyaman dan tidak begitu indah.

Lukisan yang terpajang sendirian memang terkadang kurang menarik. Dinding yang lain jadi terlihat lebih sepi, ada baiknya memang jika ditempatkan lukisan yang lain di sana. Untuk lukisan berukuran besar mungkin saja bisa diletakkan sendirian, selain menjadi focal point, lukisan yang besar pun membutuhkan tempat yang besar, jadi sisa ruangannya pun tidak terlihat sepi dan kosong. Tapi jika mempunyai lukisan yang tidak cukup besar, usahakanlah memasang lukisan anda lebih banyak, agar dinding yang kosong tidak terlihat terlalu banyak dan sebaiknya lukisan diatur secara simetris.

Dalam memilih lukisan memang agak sulit, pemilihan tema yang tepat haruslah berhubungan dengan ornamen lain ataupun tema lokasi penempatannya. Sebaiknya, lukisan yang Anda pajang mengambil tema sesuai tempat yang anda pilih. Contohnya bila anda ingin memajang lukisan di dalam ruangan musholla anda, pastikan lukisan yang anda pilih berhubungan dengan ruangannya, seperti lukisan kaligrafi ayat Al-Qur’an atau gambar Ka’bah, dengan begitu lukisan pun menjadi lebih memperindah lokasinya dan pemilihannya pun menjadi lebih tepat dengan tema ruangan.

Tapi semuanya akan kembali lagi kepada selera masing-masing dan kenyamanan masing-masing. Kenyamanan memang penting, selain menambahkan keindahan rumah, kenyamanan juga membuat betah pemilik ataupun orang yang berkunjung ke rumah kita, yang terpenting jangan asal pasang ya, salah menata justru akan mengacaukan tampilan interior dan ornamen yang ada di rumah Anda. Biar tak salah pasang, silakan gunakan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat!. (bias)

Related posts