Nama Calon Dirut Bank Sulteng Dikirim ke BI - Pekan Depan

NERACA

Palu----Calon nama Dirut PT Bank Sulteng akan segera dikirim ke Bank Indonesia minggu depan. Masalahnya Gubernur Sulawesi Tengah memberi batas waktu sampai 14 April 2012 kepada calon direktur utama dan komisaris bank tersebut untuk memasukkan kelengkapan berkas lamaran. “Gubernur memberi batas waktu sampai 14 April. Sampai waktunya nanti, berkas yang ada saja kami kirim ke Bank Indonesia," kata pelaksana tugas Direktur Utama Bank Sulteng, Hans Kindangen di Palu, Selasa.

Menurut Hans, dari enam calon direktur utama belum seluruhnya memasukkan berkas. Demikian halnya pada berkas 12 calon komisaris juga belum rampung. “ Calon direktur utama maupun calon komisaris telah diberitahukan atas batas waktu yang ditetapkan gubernur tersebut,” tambahnya.

Lebih jauh kata Han Kindangen, dari enam calon direktur utama tersebut satu yang akan dipilih melalui uji kepatutan dan kelayakan Bank Indonesia untuk memimpin bank pelat merah itu. Sementara dari 12 calon komisaris empat diantaranya akan dipilih sebagai komisaris.

Seperti diketahui Direktur Utama Bank Sulteng definitif kosong sejak 28 Februari 2012 setelah mantan Direktur Utama Ilham Soeroer dicopot melalui rapat umum pemegang saham luar biasa. Untuk mengendalikan bank tersebut, gubernur melantik Hans Kindangen sebagai pelaksana tugas direktur utama yang sebelumnya menjadi direktur kepatuhan.

Gubernur selaku pemegang kendali saham memberhentikan Ilham Soeroer berdasarkan masukan berbagai pihak yakni Bank Indonesia, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan pengawas internal. "Yang jelas secara teknis penilaian dari BI dan BPK juga lemah. Cuma saya kira tidak perlu saya beberkan. Yang jelas terlalu banyak kelemahannya," kata Gubernur Longki Djanggola. **cahyo

Related posts