Tren IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan - Pengumuman Kabinet Baru

NERACA

Jakarta – Pembentukan susunan kabinet baru Joko Widodo –Ma’aruf Amin masih menjadi sentimen positif terhadap laju indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tercatat mengakhiri perdagangan Selasa (22/10), IHSG ditutup menguat 0,4% ke kisaran 6.225,5. Penguatan indeks ini memperpanjang reli IHSG selama 8 hari berturut-turut.

Analis Bahana Sekuritas, Muhammad Wafi dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin menyampaikan bahwa IHSG mampu bertahan di zona hijau setelah tokoh yang mengisi posisi menteri mulai terlihat.”IHSG berhasil bertahan di zona positif menyusul berita mulai terisinya beberapa pos menteri kabinet yang baru,”ujarnya.

Selain itu, fokus pasar kini juga mengarah ke Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang diselenggarakan pekan ini. Menurut konsensus, Bank Indonesia diperkirakan kembali memangkas suku bunga acuan 7-Days Reserve Repo Rate pada RDG yang berakhir pada Kamis (24/10). Hal senada dengan direktur riset Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus juga menilai pemulihan gejolak politik dalam negeri telah menambah tenaga indeks seiring dengan sentimen perang dagang AS—China mulai teredam.

Adapun, bursa di kawasan Asia terus menguat sejak pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping pekan lalu. Beberapa pihak percaya bahwa kedua pemimpin ekonomi terbesar di dunia itu akan menandatangani kesepakatan perdagangan bulan depan.”Penguatan [bursa Asia] ini juga direspons oleh penguatan IHSG dalam satu pekan terakhir seiringan dari pemulihan gejolak politik dalam negeri,” kata Nico.

Sebelumnya, analis senior CSA Research Institute, Reza Priyambada pernah bilang, pasar saham menilai akan menyambut positif pengumuman susunan kabinet baru Jokowi jilid dua. Apalagi, pada proses pelantikan kemarin, semuanya berlangsung aman.”Dari sisi pelantikan kan sudah relatif aman. Maka bisa kasih imbas positif buat pasar," tuturnya.

Kendati demikian, dirinyaa tidak menyangkal kondisi pasar akan terus berdinamika. Termasuk setelah keluarnya nama-nama menteri utama yang memegang bidang perekonomian."Next-nya nama-nama menteri yang diharapkan bisa memberikan nama yang direspons baik oleh pasar. Terutama yang terkait dengan ekonomi dan pengembangannya," kata dia.

Senada, analis dari Anugerah Mega Investama, Hans Kwee mengatakan, jelang pengumuman kabinet ini, pasar saham menyambutnya positif."Pasar menanti susunan kabinet sebagai sentimen positif,”jelasnya.

Pada perdagangan Selasa, sebanyak 16,94 miliar lembar saham senilai Rp 8,12 triliun ditransaksikan. Sebanyak 186 saham menguat, 224 melemah, dan 147 stagnan. Investor asing mencatat aksi jual bersih sebesar Rp 40,5 miliar, dengan rincian beli Rp 2,1 triliun dan jual Rp 2,1 triliun. Kapitalisasi pasar pada saat penutupan sebesar Rp 7.181,69 triliun.

Saham-saham unggulan yang tergabung dalam Investor33 naik 0,8% ke kisaran 457,01, indeks LQ45 naik 0,7% ke kisaran 982,91, JII naik 1,1% ke 691,27. Sektor agri turun 0,2%, industri dasar naik 1,9%, konsumsi turun 0,8%, keuangan naik 0,8%, infrastruktur naik 0,5%, manufaktur naik 0,2%, tambang datar, aneka industri naik 0,2%, properti naik 0,4%, perdagangan naik 0,2%.

BERITA TERKAIT

Rampungkan Rights Issue - Glencore Akuisisi Saham CITA Rp 1,19 Triliun

NERACA Jakarta – Di tengah melorotnya indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seiring dengan sentien virus…

Bentuk Manajemen Baru - Saham AISA Dipastikan Tidak Didelisting

NERACA Jakarta – Resmi terbentuknya manajemen baru pasca tersandung masalah hukum hingga berujung suspensi saham yang berkepanjangan, kini manajemen PT…

Gelar Rights Issue - Bank Banten Bidik Dana di Pasar Rp 1,2 Triliun

NERACA Jakarta – Masih negatifnya kinerja keuangan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS), tidak menyurutkan rencana aksi korporasi perseroan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Mudahkan Pengembang Cari Modal - DPD REI DKI Targetkan Lima Anggotanya IPO

NERACA Jakarta –Dorong pertumbuhan emiten di pasar modal, Real Estate Indonesia (REI) DKI Jakarta mengajak anggotanya yang merupakan perusahaan pengembang…

Ketatnya Kompetisi Pasar Mobil - Pendapatan Astra Internasional Terkoreksi Tipis 1%

NERACA Jakarta – Tahun 2019 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi bisnis PT Astra Internasional Tbk (ASII). Pasalnya, sentimen melorotnya…

IHSG Merana Karena Corona - BEI Cermati Pasar Hingga Protokol Krisis

NERACA Jakarta – Tren penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) sejak Senin awal pekan kemarin sebagai respon sentimen negatif virus…