Festival Pesona Lokal Membawa Cerita di Masa Kecil - Menjaga Eksistensi Warisan Nenek Moyang

Bandung Paris Van Java atau Paris dari Jawa adalah sebutan yang tidak asing lagi untuk menggambarkan kota Bandung yang terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya, meskipun saat ini jumlah penduduknya sudah mulai padat seperti Jakarta. Tidak hanya itu, banyak hal kota Bandung, khususnya dan umumnya kota lainnya di Jawa Barat yang bikin orang ngangenin dan ingin kembali kesana, seperti orangnya yang ramah, kulinernya yang beragam dan tentunya budayanya.

Asep (43), pekerja ojek online di Jakarta ini menikmati betul hiburan Festival Pesonal Lokal (FPL) yang digelar Adira Finance bersama dengan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar). “Festival pesona lokal membawa saya kembali ke masa kecil sebagai orang sunda, apalagi dengan permainan tradisional dulu,”ujarnya.

Dirinya mencoba permainan tradisional gatrik, dimana permainan ini menggunakan alat dari dua potongan kayu atau bambu berukuran sekitar 30 cm dan yang satunya berukuran lebih kecil. potongan bambu yang kecil ditaruh di antara dua batu lalu dipukul oleh tongkat bambu sampai bambu itu melayang sejauh mungkin dan tidak dapat ditangkap oleh tim lain yang berjaga.

Selain itu, Asep yang merupakan bapak tiga anak asal Garut ini menikmati jajanan zaman dulu yakni nasi timbel. Nasi timbel adalah makanan sunda yang berasal dari bandung. Nasi timbel merupakan nasi putih yang dibungkus daun pisang dan ditekan sampai padat untuk kemudian dikukus. Aroma daun pisang yang khas akan menyatu dengan nasi putih di dalamnya sehingga menciptakan cita rasa khas tanah priangan. Nasi timbel cocok disajikan dengan beraneka lauk pauk serta sayur asam.

Selain kuliner, dia juga menikmati tarian jaipong sebagai tarian khas Jawa Barat dengan alat musik tradisional. Dirinya bercerita, semasa kecil dulu hiburan yang paling merakyat adalah jaipongan sebelum ramainya hiburan televisi, youtube dan digital online seperti saat ini. “Klu udah ada jaipongan, biasanya itu hiburan yang paling ditunggu-tunggu karena hiburan yang jarang ditemui di kampung kalau bukan ada perayaan,”tandasnya.

Disampaikannya, dirinya sebagai orang sunda cukup khawatir karena saat ini seni dan budaya yang merupakan warisan nenek moyang mulai terkikis seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya teknologi digital. Oleh karena itu, kehadiran Festival Pesona Lokal yang digagas Adira Finance dinilai cukup efektif untuk membangkitkan dan melestarikan budaya nenek moyang kepada generasi penerus.

Sementara Gubernur Jabar, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil ini menyampaikan dukungannya terhadap Festival Pesona Lokal di Bandung yang menjadi ajang tahunan karena festival ini turut melestarikan seni dan budaya lokal Jawa Barat.”Kenapa selalu kami dukung karena festival ini melestarikan budaya Jawa Barat dari seluruh kota/kabupaten,"ujarnya.

Sebagai Indentitas

Kata Ridwan Kamil, kalau bukan orang Jawa Barat, siapa lagi yang melestarikan kebudayaan orang sundah sebagai warisan nenek moyang. Apalagi, kebudayaan adalah identitas yang membedakan dengan orang lain.”Jadi, ini adalah acara yang sudah diputuskan setiap tahun akan hadir di sini, nanti di Gasibu juga, nanti di Gedung Sate,”tuturnya.

Festival Pesona Lokal 2019 sebagai event berskala nasional sendiri merupakan kegiatan yang mengeksplorasi kekayaan adat, seni dan budaya, serta berbagai kearifan lokal lainnya dari Jawa Barat. Lebih lanjut, Emil menjelaskan bahwa konten yang ada di Festival Pesona Lokal 2019 sesuai dengan visi misi Jawa Barat untuk menghidupkan kembali budaya lokal sehingga mengimbangi budaya yang ada dalam keseharian masyarakat.”Setahun sekali kami dukung karena kontennya sangat cocok dengan visi misi Jawa Barat, yaitu konten-konten budaya lokal dihidupkan lagi, dilestarikan, dipopulerkan, untuk mengimbangi budaya-budaya yang terlalu ngepop, yang terlalu luar negeri yang hadir dalam keseharian warga Jawa Barat, khususnya anak-anak milenial,”kata Emil.

Pemdaprov Jabar pun telah berkomitmen menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian karena sektor ini dapat merangkul semua kalangan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Saat ini, Pemdaprov Jabar pun tengah membangun pusat budaya dan creative center yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Selain parade karnaval budaya, terdapat pula pertunjukan tari jaipong, rampak gendang, lomba tari lokal kontemporer, lomba desain motif khas lokal kontemporer, kompetisi ala selebgram lokal, hingga festival kuliner dan foodtruck. Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan, Festival Pesona Lokal merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) Adira Finance yang digelar dalam rangka HUT ke-29 Adira Finance.

Tahun ini, terdapat sekitar 3.500 peserta yang ambil bagian dalam Festival Pesona Lokal 2019 di Kota Bandung. Pengunjung pun bisa menikmati berbagai aktivitas seru dan menarik, mulai mengikuti permainan lokal, melihat bazaar aneka produk lokal Jawa Barat dan pasar otomotif, serta memanjakan diri dengan alunan musik musisi dalam negeri seperti Judika dan Juicy Luicy Band.“Melalui Festival Pesona Lokal, Adira Finance mengajak masyarakat yang ada di Jawa Barat khususnya Kota Bandung untuk bersama-sama mempromosikan potensi dan kearifan lokal, sehingga mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan menikmati pengalaman lokal yang berkesan,” kata Hafid.

Festival Pesona Lokal 2019 akan diselenggarakan di tujuh kota besar yang mewakili semua area cabang Adira Financen yaitu Bandung, Denpasar, Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Medan, selama Agustus hingga November 2019. Dibalik kemeriahan Festival Pesona Lokal ada pesan yang ingin disampaikan, yakni begitu beragamnya budaya Indonesia dari berbagai suku bangsa yang tentunya akan mendorong potensi pariwisata dan perekonomian daerah. Selain itu, lewat kegiatan tahunan ini juga ingin mengajak generasi muda untuk menjaga identitas budaya sebagai warisan nenek moyang agar tidak punah dan apalagi diklaim negara lain. Semoga.

BERITA TERKAIT

Peringati Hari Kesehatan Nasional - KAI Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis di Rail Clinic

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan Rail Clinic atau Kereta Klinik di Stasiun Cigombong,…

Berdayakan Kaum Perempuan - Permatabank Berikan Inklusi Keuangan Untuk UMKM

Menjaga keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan menjadi perhatian PermataBank. Bahkan sebagai komitmennya untuk menjalankan program tangung jawab…

Cetak Bibit-Bibit Atlet Juara - Sinar Mas Land Gelar Seleksi Beasiswa Bulutangkis

Menciptakan bibit-bibit atlet bulutangkis yang handal dan profesional yang dapat membawa prestasi dunia olah raga Indonesia di kancah dunia, Sinar…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peringati Hari Kesehatan Nasional - KAI Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis di Rail Clinic

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan Rail Clinic atau Kereta Klinik di Stasiun Cigombong,…

Berdayakan Kaum Perempuan - Permatabank Berikan Inklusi Keuangan Untuk UMKM

Menjaga keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan menjadi perhatian PermataBank. Bahkan sebagai komitmennya untuk menjalankan program tangung jawab…

Cetak Bibit-Bibit Atlet Juara - Sinar Mas Land Gelar Seleksi Beasiswa Bulutangkis

Menciptakan bibit-bibit atlet bulutangkis yang handal dan profesional yang dapat membawa prestasi dunia olah raga Indonesia di kancah dunia, Sinar…