Bisnis Pembiayaan CNAF Tumbuh 93,3%

NERACA

Jakarta- Kendatipun bisnis otomotif diprediksi masih akan lesu hingga akhir tahun, hal tersebut tidak memberikan dampak bagi bisnis pembiayaan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF). Tercatat hingga akhir September 2019, CNAF berhasil menyalurkan pembiayaan sebanyak 12.156 unit atau sebesar Rp2,45 triliun, naik signifikan 93,3% dibandingkan periode yang sama tahun 2018 (YoY) sebesar Rp1,27 triliun. Penyaluran pembiayaan masih didominasi oleh new passenger car.

Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, perseroan optimis performa yang baik ini akan berlanjut hingga akhir 2019 dan diharapkan dapat melampaui raihan pada 2018. “Pencapaian ini merupakan hasil dari strategi dan inisiatif yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan sejak awal 2019 dengan tetap mengedepankan layanan yang prima dan customer experience,”ujarnya.

Dengan hasil positif tersebut, per 30 September 2019, total aset CNAF tercatat sebesar Rp3,3 triliun dan portofolio pembiayaan tercatat sebesar Rp2,8 triliun. Penyaluran pembiayaan dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengutamakan kualitas pembiayaan sehingga dapat menjaga rasio kredit bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) jauh di bawah rata-rata industri yaitu sebesar 0,81%.

Menurut Ristiawan, CNAF akan terus mengembangkan inisiatif bisnis dengan melakukan diversifikasi channel akuisisi seperti memperkuat cross selling dengan induk usaha PT Bank CIMB Niaga Tbk, penetrasi segmen digital dan memperkuat channel service to sales. Selain itu, penanganan terhadap portofolio kelolaan juga diperkuat melalui penerapan sejumlah strategi, salah satunya dengan melakukan program anti-attrition dan penerapan risk based pricing.

Untuk menjawab tantangan kompetisi di masa yang akan datang, CNAF juga fokus melakukan inovasi pada layanan digitalisasi. Saat ini, perseroan tengah menyiapkan peluncuran transaksi pembiayaan berbasis digital platform guna mempermudah kebutuhan nasabah dan dealer rekanan CNAF. Menurut Ristiawan, untuk mendukung strategi perusahaan menjadi multifinance pilihan masyarakat, CNAF juga senantiasa menghadirkan program-program menarik. Diantaranya, down payment/DP menggunakan Poin Xtra (sinergi dengan produk dari induk usaha) dan didukung oleh proses pembiayaan yang mengedepankan kecepatan dan kemudahan yaitu program 1 jam kepastian, sehingga dalam hitungan jam customer akan mendapatkan keputusan pembiayaan mobil impian.

BERITA TERKAIT

Kadin: Industri Tidak Bisa Langsung Tumbuh Meski Harga Gas Turun

NERACA Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menilai bahwa penurunan harga gas industri yang rencananya akan mulai berlaku…

Beli Rumah di Usia Muda Bukan Lagi Mustahil

Empat tahun sejak di lantik menjadi perwira polisi, Nuril Fajar (25) memberanikan diri mengambil rumah di usia muda. Hal ini…

Dongkrak Aset Jadi Rp 27,9 Triliun - META Operasikan Proyek Tol dan PLTM

NERACA Jakarta - Genjot pertumbuhan pendapatan dan aset, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META)  bersiap mengoperasikan dua proyek infrastruktur dan melanjutkan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

RECCI Ramaikan Pasar Aksesoris Handphone Indonesia

Ramaikan pasar aksesoris handphone, PT Intertekno Maju Indonesia memperkenalkan produk terbarunya, yaitu RECCI Powerbank, kabel data, earphone dan charger di…

Jaga Kualitas Produksi Tambang - BRMS Kirim Dore Bullion dari Poboya Ke Jakarta

NERACA Jakarta – Menjaga pertumbuhan bisnis di sektor pertambangan, PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) terus mengoptimalkan nilai tambah dalam…

Pasca Marubeli Miliki Saham - SILO Kembangkan Potensi Bisnis Kesehatan

NERACA Jakarta – Mengoptimalkan bisnis layanan kesehatan yang dinilai memiliki prospek positif, PT Siloam Internasional Tbk (SILO) terus perluas kerjasama…