Indocement Bantu Masyarakat Atasi Krisis Air Bersih

Air menjadi sumber kebutuhan hidup manusia, namun tidak semua masyakat Indonesia memiliki sumber akses air yang layak dan bahkan masih banyak yang mengalami kekeringan dan terlebih di musim kemarau ini. Berangkat dari bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan, industri semen merek Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (ITP) membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih dengan cara mendisitribusikan air dengan mobil tangki.

Corporate Social Responsibility (CSR) PTIndocement Tunggal Prakasa Plant Tarjun, Agus Rifani mengatakan, sasaran distribusi air besih adalah desa-desa binaan.”Secara rutin setiap hari kami dua kali mendistribusikan air dengan menggunakan mobil tangki dan mobil 'fire truck', dengan kapasitas sekitar 5.000 liter per unit," ujarnya di Kota Baru belum lama ini.

Air bersih didistribusikan ke titik air, yakni tangki-tangki pamsimas di Desa Tarjun. Dia mengatakan tidak adanya hujan yang cukup lama menyebabkan sejumlah sumur warga mengering dan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Bantuan air bersih oleh PT ITP Tarjunbentuk kepedulian kepada masyarakat, khususnya desa binaan perusahaan itu.

Kemudian guna membantu kelancaran pendistribusian air bersih, perusahaan menurunkan dua mobil tanki dengan kapasitas 5.000 liter, dan satu "fire truck" yang dioperasikan."Sementara ini hanya Desa Tarjun yang dilayani dan nantinya menyusul Desa Langadai," ungkap Agus.

Kemarau panjang yang mengakibatkan krisis air bersih di sejumlah daerah, namun tidak bagi masyarakat Desa Bumi Asih, Kecamatan Kelumpang Utara, Kabupaten Kotabarukarena pasokan air di embung desa masih berlimpah untuk persediaan sekitar 500 keluarga. Kepala Desa Bumi Asih, Supardi, mengatakan persediaan air di dua di antara enam embungdi desanya, masing-masing berukuran 40x50 meter kedalaman delapan meter, relatif masih banyak.”Insyaallah cukup didistribusikan kepada seluruh warga Desa Bumi Asih hingga beberapa bulan ke depan sampai musim hujan tiba," katanya.

Disampaikannya, masyarakat Bumi Asih yang terdiri atas enam RT tidak semuanya mempunyai pompa air dan instalasi yang menghubungkan dari embung hingga rumah sehingga harus mengangkut sendiri ambil air dari embung. Namun, lanjut dia, melihat kondisi tersebut dengan diprakarsai aparat desa, ketua-ketua RT, melibatkan BUMDes dan Kelompok Pemuda Mulia Bhakti, pihaknya membuat terobosan berupa pelayanan bagi-bagi air kepada warga.

Melalui dua truk berikut tandon air berkapasitas masing-masing 5.500 liter, pihaknya menyuplai air kepada warga dari pukul 16.00 Witahingga 04.00 Wita. Layanan tersebut secara gratis bagi warga yang memerlukan air bersih, khususnya yang tidak mempunyaia pompa air. Rutinitas tersebut dilakukan secara bergantian oleh para pemuda dan aparat desa di sela-sela pulang kerja dari kebun.

Hal itu berlangsung sejak musim kemarau melanda daerah tersebut dan mengakibatkan sumur-sumur warga menjadi kering.”Saya selaku kepala desa mengucapkan ribuan terima kasih kepada tim Pemdes Bumi Asih dan Kelompok Mulia Bhakti serta warga sehingga terciptanya kegiatan ini karena semua melakukan tanpa pamrih dan tidak mungut biaya," ujar dia.

Ketua DPRD Kotabaru,Syairi Mukhlis mengaku bangga mengetahui ada salah satu desa yang aparat dan warganya bersinergi dan kreatif mengatasi setiap persoalan masyarakatnya.”Atas nama pribadi dan lembaga (legislatif, red.), saya sangat bangga aparat Desa Bumi Asih dan elemen masyarakat bisa rukun dan bergotong-royong dalam mengatasi masalah yang dialami warga, di mana sebagian masyarakat Kotabaru kesulitan mendapatkan air bersih, tapi tidak bagi warga Bumi Asih," katanya.

BERITA TERKAIT

FIFGROUP Berikan Beasiswa Putera-Puteri Berprestasi

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian pada dunia pendidikan, FIFGROUP memberikan bantuan dana pendidikan atau beasiswa ceria senilai Rp 445,5 juta…

Hadirkan Jaringa USO di Pelosok NTT - XL Dukung Pemerataan Pembangunan di Kawasan Timur

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melanjutkan pembangunan jaringan telekomunikasi dan data di daerah-daerah terpencil melalui skema USO (Universal…

Dorong Siswa SMK Kompeten dan Terampil - Pertamina Lubricant Bantu Peralata Praktik Bengkel

Membangun kualitas generasi muda yang dapat bersaing di tingkat global menjadi kepedulian PT Pertamina Lubricants dalam menjalankan misinya dalam program…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peringati Hari Kesehatan Nasional - KAI Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis di Rail Clinic

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan Rail Clinic atau Kereta Klinik di Stasiun Cigombong,…

Berdayakan Kaum Perempuan - Permatabank Berikan Inklusi Keuangan Untuk UMKM

Menjaga keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan menjadi perhatian PermataBank. Bahkan sebagai komitmennya untuk menjalankan program tangung jawab…

Cetak Bibit-Bibit Atlet Juara - Sinar Mas Land Gelar Seleksi Beasiswa Bulutangkis

Menciptakan bibit-bibit atlet bulutangkis yang handal dan profesional yang dapat membawa prestasi dunia olah raga Indonesia di kancah dunia, Sinar…