Matik Macho, Keren, Lincah, dan Irit - Yamaha Soul GT :

Yamaha kembali menciptakan tren dengan melahirkan motor matik khusus untuk kaum pria berteknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Inovasi perdana di pasar roda dua Indonesia ini hadir lewat Soul GT dengan mengusung tagline “Keren, Lincah, Irit”.

Menurut Presiden Direktur Yamaha Motor Indonesia Tsuneiji Suzuki, Soul GT merupakan pengembangan terkini dari Mio Soul disempurnakan teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Dilengkapi forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin, menjadikan Soul GT tampil dengan kualitas mumpuni.

Ada tiga makna GT, jika dilihat dari sisi target konsumen yaitu lelaki maka GT berarti Gentle. Dari sisi kecanggihan teknologi YMJET-FI, GT berarti Great Technology/Green Technology. Dari sisi desain motor yang terinspirasi Muscle Car Modern khas Amerika, GT berarti Grand Tourismo/Grand Touring. “Kombinasi dari ketiga makna itu menjadi Soul-GT. Yamaha memasarkan Soul GT dengan banderol harga Rp 13.900.000 untuk on the road Jakarta dan sekitarnya,” papar Tsuneiji.

Soul GT diciptakan untuk pria yang ingin tampil beda, berjiwa muda dan enerjik. Sangat sesuai buat pria metropolis mencerminkan jati dirinya terutama saat tampil di tengah pergaulan zaman sekarang. Ciri khas yang menonjolkan karakter kuat Soul GT tampak jelas pada desainnya yang sangat macho, berbeda dengan motor matik lain. Desain Soul GT terinspirasi dari otot bodi mobil modern khas Amerika, menebarkan kesan berotot layaknya lelaki sejati terlihat dari lekuk bodi motor dengan garis-garis desain tajam menggambarkan DNA sport khas Yamaha.

Lanjut Tsuneiji, identitas paling menonjol dari desainnya dapat dilihat pada lampu depan (front lamp) berbentuk seperti sorot mata tajam dan agresif yang mempertegas kesan powerful. Bentuk lampu depan itu terinspirasi dari grill depan mobil modern Amerika. Lampu senja (position lamp) Soul GT yang berbentuk angel eye (mata malaikat) juga menjadi ciri lainnya yang memperkuat kesan sporty dan macho. Lampu angel eye itu terinspirasi dari lampu sedan mewah Eropa.

Fitur menarik Soul GT lainnya yang membuatnya unik dan tidak ada pada motor lain adalah area speedometer terinspirasi dari detail 3D chronograph yang terdapat pada merek jam mahal dan ternama buat pria. Juga aksen persegi delapan (octagonal bezel) yang menambah kesan macho Soul GT.

Logo Yamaha pada Soul GT pun mengambil karakter desain logo yang diciptakan Yamaha yaitu 3D seperti yang terdapat pada Mio Fino dan Jupiter MX. Kelengkapan fitur-fitur Soul GT lainnya yang menunjang aktivitas seperti bagasi yang lapang, integrated key shutter dan tangki bensin yang besar merupakan keuntungan lainnya buat penggunanya.

Untuk pemilihan warna buat Soul GT pun diihami dari muscle car modern khas Amerika dengan warna dasar mencolok dan permainan striping minimalis sehingga lebih fokus pada lekuk bodinya yang macho. Ada tujuh warna Soul GT yaitu Fighting Red, Masculine Blue, Lightning Green, Sirius Black, Lunar White dan warna baru Deep Purple dan Armor Bronze.

Spesifikasi mesin Soul GT menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Test Ride di Sentul dan Peluncuran Resmi Soul GT

Perkenalan perdana Soul GT kepada publik dilakukan Yamaha melalui test ride bersama media di sirkuit karting Sentul. Matik “Keren, Lincah, Irit” Yamaha ini sekaligus diluncurkan resmi.

Menurut Vice President Executive Dyonisius Beti bahwa Yamaha menyediakan 14 unit Soul GT untuk digunakan dalam test ride. Media diberikan kesempatan maksimal dua lap mengitari sirkuit Sentul kecil itu menunggangi Soul GT. Tampilan macho bodi dan tatapan tajam lampu depan dan mata malaikat lampu senja Soul GT menyatu sempurna dengan lintasan sirkuit. Mencuatkan kesan laki-laki yang melekat erat dalam imej Soul GT.

“Untuk urusan mesin, Soul GT sudah terbukti ketangguan serta iritnya. Test ride Soul GT kali ini lebih mempertegas kesan penampilan motor matik spesial untuk pria macho,” paparnya saat diwawancarai Harian Neraca.

Suasana malam di La Piazza, Kelapa Gading, menghangatkan puncak peluncuran Soul GT. Di pusat keramaian wilayah Jakarta Utara itu, Yamaha membuka tabir sosok Soul GT ke hadapan publik umum lebih luas lagi. Tiga unit motor Soul GT dipajang di atas panggung utama. Lightning dan lasser show menyemarakkan peluncuran resmi Soul GT. Diramaikan flash mob, shuffle dance parade competition dan penampilan band-band terkemuka, Killing Me Inside, Super Glad dan NSB Band.

“Pengunjung juga dapat mengunjungi booth matik-matik baru Yamaha, untuk lebih mengenal dan memahami keunggulan-keunggulannya. Sensasi launching Soul GT ditambah kehadiran duo matik baru lainnya yang diluncurkan awal tahun ini, Mio Fino dan Mio J, menebar semarak matik-matik nomor satu Yamaha,” terang Beti.

Related posts