Manfaatkan Limbah Kemasan Plastik - Coca Cola Ajak Masyarakat Partisipasi Ekonomi Sirkular

Isu sampah kemasan plastik semakin berkembang terutama di Indonesia dan merupakan persoalan yang membutuhkan solusi untuk dihadapi secara bersama. Pada tahun 2018, The Coca-Cola Company memelopori komitmen ambisius ‘World Without Waste’ yang digerakkan oleh sebuah visi global untuk membantu mengumpulkan (collect) dan mendaur ulang (recycle) kemasan produk, sama dengan jumlah yang dijual, pada tahun 2030.

Maka sebagai tindak lanjut dan bagian dari komitmen World Without Waste, Coca-Cola Indonesia mengadakan pameran edukasi INSPIRAKTIF untuk menciptakan kesadaran yang lebih luas akan tantangan kemasan plastik pasca konsumsi dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam ekonomi sirkular bagi botol dan kemasan plastik di Indonesia. “World Without Waste merupakan inisiatif yang menjadi prioritas utama bagi kami di Indonesia, di ASEAN, dan di seluruh dunia,”kata Belinda Ford, ASEAN Public Affairs, Communications & Sustainaibility Director, Coca-Cola ASEAN dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Dirinya menyakini, permasalahan limbah kemasan plastik dapat diselesaikan dan juga telah turut ambil bagian dari pencarian solusi yang nyata. Maka kolaborasi untuk mencapai ekonomi sirkular adalah kunci dari upaya ini. Nantinya, dengan memproduksi kemasan botol yang dapat sepenuhnya didaur ulang dan digunakan kembali, Coca Cola berupaya untuk mengumpulkan kembali dan mendaur ulang setiap botol atau kaleng yang dijual pada tahun 2030.

Coca-Cola Indonesia telah melakukan sebuah penelitian terkait perilaku masyarakat dalam hal pengelolaan limbah dan daur ulang, khususnya di DKI Jakarta. Data yang terhimpun menunjukkan bahwa sekitar 70% masyarakat DKI Jakarta memiliki pemahaman awal tentang nilai botol PET pasca konsumsi. Ini merupakan titik awal yang baik untuk bergerak menuju ekonomi sirkular bagi botol dan kemasan plastik.

Triyono Prijosoesilo, Public Affairs and Communications Director, Coca-Cola Indonesia menambahkan, pihaknya bertekad untuk memecahkan isu ini. Oleh sebab itu, perseroan telah melakukan berbagai langkah dari sisi design-collect-partner yang dimulai dengan mendesain kemasan Coca Cola agar dapat didaur ulang dan memiliki sirkularitas. Kemudian, berfokus pada percepatan pengumpulan dan daur ulang untuk mendukung ekonomi sirkular. “Tak hanya itu, kami juga menjalin kemitraan dengan industri, pemerintah, masyarakat sipil, dan masyarakat umum untuk mewujudkan semua ini. Bersama-sama, kita dapat memecahkan permasalahan limbah plastik di Indonesia.”paparnya.

Mempercepat pengumpulan plastik bernilai tinggi seperti PET merupakan langkah yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan ekonomi sirkular di Indonesia. Coca-Cola Indonesia telah menjalankan perannya dalam mendukung ekonomi sirkular dengan melakukan berbagai pendekatan, seperti mengadakan kegiatan dan inisiatif untuk menciptakan kesadaran yang lebih tinggi akan ekonomi sirkular serta peran yang dapat dimainkan semua orang, mendukung inisiatif yang dipimpin industri untuk meningkatkan sistem pengumpulan struktural dan pengumpulan botol plastik pasca konsumsi. Kemudian memanfaatkan kekuatan brand untuk mendorong munculnya aksi kolektif dan perubahan perilaku.

 

 

Dukungan Pemerintah

 

 

Sementara Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian LHK mengatakan, pengelolaan sampah di sumbernya menjadi sangat penting untuk mengurangi beban pengelolaan di hilir. Untuk itu peranan pemerintah dan dunia usaha untuk mendukung pengeloaan sampah menjadi sangat penting. “Kami menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Coca-Cola Indonesia dengan komitmennya untuk mendukung pengelolaan kemasan plastik pasca konsumsi sehingga tidak menjadi sampah, merubahnya menjadi bahan baku yang dapat di pergunakan secara berulang,”paparnya.

Disampaikannya, tantangan pengelolaan sampah plastik tidak bisa dilakukan dengan pola pikir “business as usual”. Menurutnya, tantangan ini membutuhkan dukungan semua pihak dan hanya melalui kerjasama yang baik dapat menyelesaikan masalah ini bersama-sama agar nantinya meninggalkan dunia yang lebih baik untuk anak cucu.

Pada kesempatan yang sama, Coca-Cola Indonesia menghadirkan pameran edukasi INSPIRAKTIF (Inspirasi, Aksi, Positif) sebagai upaya perusahaan mengajak keterlibatan masyarakat dalam memahami potensi plastik bekas pakai serta pengumpulan yang lebih tepat dan bersama membantu mencari solusi terkait dengan permasalahan kemasan plastik. Melalui pameran edukasi INSPIRAKTIF, Coca-Cola Indonesia ingin membuka mata masyarakat bahwa para pekerja sektor informal pengumpulan limbah (pemulung, pengepul) merupakan bagian penting penggerak ekonomi.

Hal ini juga sejalan dengan kampanye Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam “Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah”, yang bertujuan untuk merubah pola pikir, gaya hidup dan budaya di kalangan masyarakat untuk mengelola sampah lebih baik untuk dapat menjaga keberlanjutan kehidupan.

Pameran edukasi INSPIRAKTIF juga menampilkan aliran limbah pasca konsumsi yang menarik di Indonesia. Para pengunjung diundang untuk melihat keseluruhan proses daur ulang—dari pengumpulan sampah kemasan oleh pemulung hingga bagaimana kemasan yang dikumpulkan tersebut diubah menjadi barang yang berharga seperti serpihan plastik.

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…