Akhir April, Pabrik Baru Semen Gresik di Tuban Beroperasi

PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mulai mengoperasikan pabrik Tuban IV berkapasitas 2,5 juta ton di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menyusul selesainya pembangunan pabrik yang dikerjakan sejak 20 Agustus 2009 itu.

Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk Dwi Soetjipto mengatakan, pabrik baru di Tuban ini akan beroperasi pada akhir April Mendatang, “Penyalaan api tanur putar dijadwalkan berlangsung selama empat hari, kemudian dilanjutkan proses "heating up" (pemanasan) dan "feeding" (pemasukan bahan baku) pada pertengahan April,”katanya di Tuban akhir pekan kemarin.

Dia menuturkan, pengoperasian pabrik baru yang dibangun dengan investasi US$ 304 juta akan menambah kapasitas produksi Semen Gresik menjadi 22,5 juta ton per tahun. Kapasitas produksi itu akan meningkat menjadi 25 juta ton setelah proyek pabrik Tonasa V di Pangkep, Sulawesi Selatan, sudah dioperasikan pada kuartal kedua tahun ini.

Kata Dwi Soetjipto, kinerja perseroan selama 2011 mencatat kenaikan pendapatan sebesar 14,22 persen atau menjadi Rp16,36 triliun, dari tahun sebelumnya sejumlah Rp14,34 triliun. Sementara laba bersih juga mengalami kenaikan sekitar 7,9%, dari Rp3,66 triliun pada 2010 menjadi Rp3,95 triliun pada 2011.

Begitu juga laba usaha perseroan meningkat dari Rp4,51 triliun menjadi Rp4,89 triliun. "Sedangkan laba per saham yang pada 2010 tercatat Rp613, pada 2011 naik menjadi Rp662 per saham," tambahnya.

Sementara Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, beroperasinya pabrik Tuban IV dan disusul Tonasa V akan memperlancar pembangunan berbagai infrastruktur di berbagai daerah, karena pasokan semen bertambah dari sebelumnya. "Selama ini ada banyak daerah yang sering terkendala pasokan semen untuk menyelesaikan proyek infrastruktur, seperti di wilayah Kalimantan Timur. Nanti setelah dua pabrik milik Semen Gresik berproduksi, masalah pasokan Insya Allah bisa teratasi,"ujarnya. (bani)

Related posts