Tingkatkan Layanan, Garuda Sinergis Dengan Telkom

Dalam rangka meningkatkan sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Garuda Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman (MoU) bidang layanan korporat.

Kata Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah, kerja sama tersebut meliputi pemberian harga khusus, kerja sama bisnis penggunaan jasa telekomunikasi, informasi, jasa transportasi antara Telkom dan Aerowisata melalui Aerotrans hingga pariwisata dan Hospitality Garuda, “Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang,”katanya di Jakarta, Rabu (4/4).

Menurut Rinaldi, Telkom akan mengembangkan layanan "In Flight Connectivity" dan pengembangan jaringan IT Garuda melalui anak perusahaan Garuda Aero System. Melalui 'In Flight Connectivity', penumpang pesawat Garuda dapat mengakses layanan internet dari dalam pesawat meskipun dalam posisi terbang.

Selain itu, dalam kerjasama kedua belah pihak juga telah disepakati pertukaran 'reward system' Garuda Frequent Flyer. Sementara itu Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, kerja sama ini akan meningkatkan sinergi antara dua perusahaan dan pengembangan Garuda dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. "Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang memiliki produk dan jaringan terlengkap serta teknologi terdepan. Melalui MoU ini, kedua BUMN ini diharapkan bisa menjadi yang terbaik di Indonesia,"ujarnya.

Menurutnya, telekomunikasi memegang peranan penting. Nantinya konsumen bisa mengakses internet di dalam pesawat dan ini yang pertama di Indonesia."Telekomunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi masyarakat. Untuk itu Garuda menginvestasikan 100 ribu dolar AS untuk pemasangan Wi-Fi pada satu pesawat," jelasnya.

Diharapkan program tersebut sudah berjalan pada akhir tahun ini. Hingga 2015, Garuda akan menambah pesawat dari 92 unit menjadi 197 unit. (bani)

Related posts