Medco Disebatkan Peringkat AA Dari Pefindo

PT Medco Energi International Tbk (MEDC) meraih peringkat idAA dengan prospek stabil dari negatif dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Hal tersebut disampaikan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (4/4).

Dijelaskan, peringkat tersebut untuk perseroan dan obligasi terdaftar yaotu obligasi I/2011, obligasi II/2009, MTN I-II/2010. Peringkat idAA mencerminkan profil keuangan Medco lebih baik dari hasil kebijakan financial yang lebih konservatif.

Hal ini didukung harga minyak mentah yang mengalami peningkatan. Apalagi perseroan fokus pada bisnis eksplorasi dan produksi dan posisi likuiditas yang kuat. Namun peringkat ini dibatasi risiko eksplorasi perusahaan dan kegagalan produksi dan menipisnya cadangan minyak dan gas.

Pada tahun 2011, pendapatan perseroan sebagian besar ditopang dari produksi minyak dan gas hingga 70%, usaha hilir 21%, bisnis pembangkit listrik 8%, kontrak lainnya 1%. Pemegang saham MEDC yang terdiri dari Encore Energy Pte. Ltd (50,7%), saham treasury (11,7%) dan publik (37,6%). Encore Energy dimiliki oleh keluarga Panigoro, melalui Encore International (60,6%), dan Mitsubishi Corp (39,4%). (bani)

Related posts