Ini Dia, Pemasok Komponen Lokal Mobil Esemka

Menanggapi komentar bahwa mobilnya buatan pabrikan China, produsen mobil Indonesia PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) melalui presiden direkturnya Eddy Wirajaya sudah mengkonfirmasi bahwa itu tidak benar dan menegaskan mobil Esemka benar-benar karya anak bangsa.

Bahkan, kepada media, Eddy membeberkan bahwa sebagian besar komponen mobil Esemka dipasok oleh pemasok lokal, seperti di antaranya PT Cikarang Perkasa Manufacturing, PT Usra Tampi, dan PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna.

Berikut profil singkat sejumlah pemasok komponen mobil Esemka, yang dirangkum dari berbagai sumber:

 

PT Cikarang Perkasa Manufacturing

Perusahaan yang bermarkas di Delta Silicon 2, Lippo Cikarang, Jawa Barat yang bergerak dalam spesialisasi produk die cast aluminium ini merupakan pemasok komponen blok mesin dan blok transmisi untuk mobil Esemka, khususnya pikap Bima.

Cikarang Perkasa Manufacturing (di sejumlah media disebut Cikarang Persada Manufacturing) didirikan pada 1996 dan selama ini telah memasok komponen otomotif Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk Suzuki, Isuzu, Mitsubishi, juga General Motors.

Dari pabriknya, Cikarang Perkasa juga memproduksi suku cadang presisi tinggi untuk ASMO (Toyota), Keihin (Honda), Mikuni dan Meiwa (Yamaha). Dengan sederet mitra kerja sama yang merupakan pemain besar dalam pasar otomotif, jelas kemampuan dan reputasi Cikarang Perkasa tidak perlu diragukan.

 

PT Usra Tampi

Usra Tampi merupakan perusahaan penghasil cetakan injeksi plastik (plastic injection moulding) yang selama ini memproduksi komponen body (badan) mobil, juga panel-panel plastik untuk dashboard, lampu, hingga roda kemudi.

Untuk Esemka, Usra Tampi disebut sebagai pemasok komponen dashboard dan roda kemudi (stir), yang jelas ini merupakan salah satu keahlian perusahaan ini.

Berdasarkan penelusuran ANTARA, Usra Tampi memiliki reputasi yang sangat baik dalam penyediaan komponen otomotif. Perusahaan ini telah memasok sejumlah komponen body dan trim pilar untuk Mitsubishi Outlander Sport.

Kemudian komponen panel plastik untuk body Isuzu N-Series, juga beberapa komponen untuk MPV Mitsubishi Xpander, termasuk emblem Xpander dan nama variannya. Usra Tampi bahkan memasok banyak komponen untuk kendaraan niaga Mitsubishi New Carter, termasuk roda kemudinya.

Selain banyak membuat komponen untuk kendaraan Mitsubishi, juga Colt L 300, Usra Tampi yang mengoperasikan pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jabar ini juga memproduksi penutup atas accu (baterai) otomotif Furukawa Battery B20.

 

PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna

Perusahaan pemasok radiator untuk Esemka ini merupakan perusahaan patungan antara Tokyo Radiator, Jepang dengan PT Selamat Sempurna Tbk yang bergerak dalam bidang solusi suku cadang otomotif, termasuk komponen OEM purna jual yang sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun.

Tokyo Radiator Selamat Sempurna menjalankan operasinya di Kompleks Industri ADR, Kadu Jaya, Curug, Tangerang, Banten.

 

PT Armada Indah Agung Glass

Armada Indah Agung Glass merupakan perusahaan pemasok Esemka untuk produk kaca mobil. Perusahaan ini beralamat di Jalan Magelang-Purworejo 11, Magelang, Jawa Tengah.

Tidak banyak informasi mengenai perusahaan penyedia kaca otomotif ini, selain mengenai produk-produknya yang sudah banyak digunakan pada armada-armada bus milik perusahaan otobus angkutan penumpang.

 

PT Pasindo

Perusahaan yang beralamat di Balikpapan, Kalimantan Timur ini merupakan pemasok komponen rem untuk Esemka. Pasindo selama ini dikenal sebagai pemasok suku cadang alat berat, termasuk Caterpillar, Komatsu, Hitachi, dan Daewoo. Pasindo juga memasok suku cadang untuk truk Hino, Isuzu, juga Scania.

 

PT Indospring Tbk

Perusahaan yang beralamat di Gresik, Jawa Timur, ini merupakan pemasok komponen komponen shockbreaker untuk Esemka. Indospring memiliki reputasi yang tidak diragukan lagi karena selama ini mamasok pegas untuk kendaraan bermotor, baik pegas daun maupun pegas keong (ulir).

Indospring selama ini memasok komponen pegas perangkat supsensi untuk Astra Honda Motor, Daewoo, Daihatsu, General Motors, Hino, Hyundai, Isuzu, Kawasaki, Kia Motors, KYB, Nissan, Suzuki, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, bahkan kendaraan berat seperti MAN dan UD Trucks.

 

PT INKA

BUMN kereta api ini sudah sangat dikenal di Indonesia dan sudah banyak memasok dan membangun armada kereta untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perusahaan yang beroperasi dan berkantor pusat di Madiun, Jawa Timur ini memasok komponen tangki bahan bakar dan sasis untuk mobil Esemka.

INKA (Persero) yang didirikan pada 18 Mei 1981 ini merupakan produsen kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara. Produk utama INKA antara lain kereta kelas eksekutif stainles steel, light rail transit (LRT), kereta rel listrik (KRL), dan lokomotif diesel hidrolik. Perusahaan ini juga memproduksi gerbong barang, kereta khusus, dan produk pengembangan lainnya.

 

Sejarah Esemka

Sedikit kilas balik tepatnya 2 tahun lalu di bulan September, 3 model mobil Esemka pernah dapat dipesan secara online. Pada saat itu, Esemka memiliki sejumlah akun media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiga akun ini digunakan Esemka untuk bersosialisasi kepada masyarakat dan publik secara luas.

Mobil ini berawal saat 2007 silam, SMK Indonesia Bermitra AIK (Autocar Indutri Komponen) merancang dan memprouksi komponen engine mobil 1500 cc. Dilanjutkan pada tahun 2008 hingga 2009, SMK Indonesia bersama AIK meneruskan program pembuatan komponen engine serta bermitra dengan PT Nasional Motor membuat body double cabin dan bersama PT Mageda membuat body SUV yang saat itu disetujui oleh Presiden SBY.

Pada tahun 2010  mereka bermitra dengan Foday, Jinbei dan UKM di Indonesia untuk terus mengembangkan mobil SUV serta uji coba. Disambut antusias, masyarakat kemudian mengusulkan untuk membentuk PT yang kini dikenal PT Solo Manufaktur Kreasi sekaligus menjadi pemegang merk Esemka.

Tahun 2011, PT Solo Manufaktur Kreasi mengurus perizinan produksi (Kemenperin) dan kelayakan jalan (Kemenhub dan BTMP). Lanjut di tahun 2012, PT Solo Manufaktur Kreasi mengeluarkan Varian Rajawali R2 dan Bima 1.1 dan menjalin kerjasama dengan beberapa pabrikan komponen luar negeri dan UKM di Indonesia.

Di tahun 2014, Esemka mulai merancang angkutan pedesaan, angkutan umum massal dan juga beberapa angkutan berpenumpang banyak. Di tahun 2015 Esemka membuat prototype Digdaya 2.7 D, Bima 1.3, Bima 1.8D, Esemka Niaga 1.0. Lalu, Esemka membangun plan perakitan pertama di Desa Demangan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Perkembangannya yang terus pesat membuat PT Solo Manufaktur Kreasi kini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, (6/9/2019) kemarin sebagai pabrik perakitan mobil merek nasional. (dbs, ant)

BERITA TERKAIT

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…

BERITA LAINNYA DI

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…