XL Axiata Kembangkan Solusi M2M

NERACA

PT XL Axiata Tbk (XL) mengikat kemitraan dengan dua mitra bisnis yang merupakan perusahaan nasional tepercaya, PT Alita Praya Mitra (Alita) dan PT Mitra Mulia (Joya) untuk proyek pengembangan dan pemasaran solusi machine to machine (M2M).

Machine to machine merupakan suatu layanan yang merujuk pada aplikasi-aplikasi di mana perangkat telekomunikasi terkoneksi ke jaringan telekomunikasi untuk mengantarkan layanan non tradisional. Perangkat berbasis M2M biasanya tidak memiliki layanan telepon suara, SMS maupun browsing. Perangkat ini dirancang untuk bisa digunakan oleh aplikasi yang lain seperti fleet management, e-book atau security monitoring.

Direktur Teknologi, Content & New Business XL Dian Siswarini mengatakan, melalui penandatanganan MoU ini, XL siap untuk meluncurkan layanan solusi machine to machine bagi masyarakat Indonesia. Layanan ini tidak terbatas kepada para pelanggan XL saja, melainkan juga terbuka bagi para pelaku bisnis dan konsumen yang belum menggunakan layanan XL.

Kesepakatan ini merupakan salah satu milestone XL dalam menjalankan transformasi bisnis dari telekomunikasi konvensional menuju ke arah bisnis data dan informasi yang lebih maju. "Selain itu, kerjasama ini cukup spesial karena kedua mitra adalah perusahaan teknologi informasi asal Indonesia, yang selama ini memiliki reputasi tinggi,” tambah Dian.

Berdiri sejak 1995, Alita saat ini menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang dapat menembus pasar di Asia dan Eropa. Bersama Alita, XL akan menyediakan solusi M2M bagi mesin kasir/mesin pembayaran (cash register). Manfaat dari solusi M2M cash register adalah para pemilik toko/outlet/francise atau bahkan petugas pemerintah seperti pajak dapat melakukan pemantauan transaksi secara real time.

Sementara itu, Joya adalah perusahaan riset dan teknologi asal Indonesia yang selama ini juga menciptakan banyak produk-produk inovatif. Keunggulan dari produk Joya adalah dari sisi harga dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. Bersama Joya, XL akan menyediakan solusi M2M untuk layanan video surveilance.

Penandatanganan kerjasama berlangsung di Jakarta tanggal 3 April 2012 oleh Direktur Teknologi, Content & New Business XL Dian Siswarini, Direktur Utama Alita Ita Yuliati , dan Direktur Utama Joya Joe Rizal.

Bersamaan dengan penandatanganan kemitraan ini, XL juga mengenalkan portal khusus M2M http://m2m.xl.co.id . XL pun menjadi operator pertama di Indonesia yang memiliki portal khusus M2M. Portal ini akan dikembangkan sebagai sarana bagi komunitas para mitra XL untuk saling berbagi dan saling bersinergi untuk bersama-sama mengembangkan solusi-solusi M2M di masa depan.

Related posts