Nissan Siap Rebut 10% Pangsa Pasar Otomotif - Targetkan Penjualan Hingga 90 Ribu Unit

NERACA

Jakarta - Sepanjang tahun fiskal 2011 yang berakhir pada Maret 2012 lalu, Nissan Motor Indonesia (NMI) mencapai target penjualan sebanyak 60 ribu unit. Penjualan ini tumbuh sekitar 52% dibandingkan dengan periode tahun fiskal sebelumnya. Sementara tahun ini Nissan akan lebih agresif untuk bersaing di pasar otomotif. NMI akan menargetkan penjualan hinggga lebih dari 90 ribu unit atau setara dengan 50% pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dengan total 1 juta kendaraan baru yang akan terjual sepanjang tahun ini, NMI pasti akan mendapatkan 10% pangsa pasar, sementara jumlah outlet atau dealer ditingkatkan menjadi 100 outlet," kata Direktur NMI Kintaro Izumida di Jakarta, Selasa (3/4).

Izumida juga mengumumkan tiga line-up model year 2012, New Nissan Navara, New Nissan Teana fan New X-Trail Urban selectiom yang akan berkontribusi dalam penjualan disamping produk Grand Lavina, March dan Juke. "Nissan di Indonesia tidak hanya mengenalkan model global tapi tetap konsisten mempromosikan produk yang sesuai dengan pelanggan," paparnya.

Dengan prestasi penjualan sepanjang tahun fiskal 2011 yang berakhir pada Maret 2012 lalu, NMI mengukuhkan diri menduduki peringkat ke-3 untuk segmen passenger car secara nasional. Nissan juga menguasai untuk segmen keseluruhan baik passenger dan commercial otomotif roda empat di Indonesia.

"Secara nasional Grand Livina, March dan Juke yang memberikan kontribusi. Tahun ini NMI menjadi satu-satunya produsen kendaraan yang memasarkan segmen kendaraan mulai compact hatchback, march hingga premium MPV, New Elgrand," ungkap Presiden Direktur NMI tahun fiskal 2009-2011, Takayuki Kimura.

Untuk kapasitas produksi di Cikampek juga meningkat dua kali lipat kapasitas sejak bulan September 2011. Kapasitas produksi saat ini mencapai 100 ribu unit per tahun. Dari sumber daya manusia, kalangan muda dipertahankan.

“Prestasi lain yang diperoleh sepanjang tahun kemarin adalah penambahan outlet dari 52 menjadi 73 outlet atau bertambah lebih dari 20 dealer. Ini sesuai dengan rencana jangka panjang yakni mencapai 150 dealer tahun 2015,” tutur Kimura.

Dalam kesempatan yang sama, NMI juga mengumumkan tiga mobil Nissan terbaru untuk menyambut kuartal pertama tahun 2012. Ketiga mobil tersebut adalah New Nissan X-Trail Urban Selection, New Nissan Navara Sport Version, dan New Nissan Teana. Meski hanya minor change, dan menggunakan mesin dari pendahulunya, namun beberapa sentuhan dilakukan untuk memikat konsumen lebih banyak. Hal ini dilakukan sebagai wujud peran Nissan mempersiapkan target otomotif yang mencapai 1 juta unit setiap tahun. "Tahun ini Nissan menargetkan 90 ribu unit di tahun fiskal 2012 efektif April 2012 hingga Maret 2013," kata Vice President Director Sales & Marketing NMI, Teddy Irawan.

Lebih jauh lagi Teddy memaparkan,pertama ubahan pada New Nissan X-Trail Urban Selection pada eksterior dimulai dari gril dengan desain lebar dan tarikan garis lurus serta bumper moulding berbalut krom. New X-Trail menggunakan kabin two-tone colour (dua warna) hitam dan beige, serta audio steering switch di lingkar kemudi.

New Nissan Teana mengalami penyegaran di seluruh bagian. Ubahan eksterior, New Teana menggunakan desain headlamp bi-xenon terbaru dengan projector serta sistem Adaptive Front Lighting (AFS). Di bagian interior, desain baru pada meter cluster, multi information display (MID).

Sementara pada Nissan New Nissan Navara sport Edition, NMI memberi sentuhan dengan desain sporty dan stylish sebagai double cabin berpenggerak empat roda. Eksteriornya menggunakan desain bumper, gril, hingga emblem "Sport version" di bagian belakang. Sementara di kabinnya dilengkapi audio steering switch di lingkar kemudi. Pengenalan penyegaran produk Nissan di Indonesia berlangsung dengan rencana Nissan 2012 di Jakarta. Harga Nissan New X-Trail dibanderol Rp380 juta, Navara Rp362,5-Rp374,5 juta dan Teana Rp496,45 juta.

Related posts