Cigna berawal di Connecticut, AS

Cigna yang bermarkas besar di Bloomfield, Connecticut, adalah perusahaan layanan kesehatan global, yang ingin berekspansi secara internasional. Faktanya memang bahwa perusahaan ini menyelenggarakan layanan administrasi (bukan asuransi) mendekati hampir 80% dari kliennya. Cigna juga mempunyai jejak keberhasilan di wilayah kota Phoenix, Arizona, dengan menjalankan layanan penuh untuk staf kota dengan model HMO yang dilengkapi dengan klinik satelit di seluruh kawasan.

HMO adalah sebuah organisasi yang memberikan pengesahan atas kontrak asuransi kesehatan di Amerika Serikat sebagai penghubung dengan penyedia layanan kesehatan (rumah sakit, dokter dan lainnya). UU HMO 1973 mensyaratkan 25 karyawan atau lebih untuk mendapat sertifikat HMO federal apabila pemberi kerja menawarkan opsi layanan kesehatan tradisional.

Cigna dibentuk pada 1982 sebagai hasil merger dari Connecticut General Life Insurance Company (CG) dan the Insurance Company of North America (INA). INA dibentuk pada 1792 yang dianggap sebagai cikal bakal dari Cigna. CG didirikan pada 1865 dengan peraturan khusus dari Gubernur Connecticut.

Sebelum menjual properti internasional dan bisnis asuransi kecelakaan di perusahaan Ace yang berbasis di Bermuda pada akhir 1990-an, Cigna termasuk salah satu perusahaan dengan jaringan internasional yang terbesar, bersaing dengan Allianz, AIG dan Zurich. Transaksi itu dibuat untuk alasan strategis untuk berkonsentrasi di bisnis inti. ACE—pada waktu itu adalah pemain utama di pasar asuransi Bermuda dan Lloyds—yang di lain pihak tertarik untuk berekspansi di jaringan internasional untuk pasar asuransi tradisional. Cigna sekarang beroperasi di 25 negara, mempunyai lebih dari 42.000 karyawan dan mengelola aset US$110 juta.

Pada Oktober 2011, Cigna telah setuju untuk membeli Health Spring Inc. senilai US$3,8 miliar untuk meluncurkan bisnis penjualan Medicare Plan dari 46.000 anggota menjadi hampir 400.000 anggota.

Penghargaan

Cigna menerima penghargaan emas pada 2009 dari Gartner & Customer Experience Excellence Award. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang “paling jelas menunjukkan strategi layanan nasabah dan berada pada tingkat tidak tersaingi dalam memberikan pengalaman kepada nasabah.”

Cigna belum lama ini juga menerima penghargaan JD Power untuk layanan nasabah untuk semua call center-nya empat kali beturut-turut. Menurut perusahaan itu, JD Power memastikan “layanan panggilan telepon Cigna Health Care berhasil melewati audit rinci dari perekrutan, pelatihan, insentif karyawan, kemampuan kualitas asuransi dan peranan serta tanggung jawab manajemen. (agus)

Related posts