Bankir: Resesi Global Masih Jauh dari Kondisi Nyata

NERACA

Jakarta-Kalangan bankir menilai resesi ekonomi global masih jauh dari nyata. Dengan demikian, masyarakat diimbau tak perlu menanggapi isu tersebut secara berlebihan. "Resesi global ya, sebenarnya jangan berlebihan. Hal yang penting kami dalam kondisi seperti ini menjaga likuiditas dan kestabilan," ujar Dirut PT Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja, Jumat (16/8).

Resesi ekonomi didefinisikan sebagai kontraksi pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada dua kuartal berturut-turut. Sinyal tersebut mulai tampak dari kontraksi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi beberapa negara pada kuartal II-2019. Jerman misalnya, negara berperingkat ekonomi terbesar keempat di dunia itu mengalami kontraksi pada kuartal II-2019.

Lalu, pertumbuhan ekonomi Inggris tercatat menyusut untuk pertama kalinya sejak 2012. Masih di Eropa, pertumbuhan ekonomi Italia melandai pada kuartal II 2019. Sementara itu, data pemerintah Brasil juga menunjukkan bahwa ekonomi Negeri Samba tergelincir ke dalam resesi pada kuartal kedua.

Menanggapi kondisi itu, Jahja bilang kontraksi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi adalah imbas kondisi global yang tidak mendukung, Namun masih jauh dari sinyal resesi.

"Ibaratnya lapangan bola, setelah hujan, becek. Biarpun jagoan sepak bola Ronaldo, kalau sudah becek dia tidak akan berani lari seperti normal. Begitu dia tergelincir jatuh, habis kariernya. Jadi dalam keadaan begini dalam tanda petik kita harus mantap step by step bergeraknya, tidak boleh terlalu keburu nafsu," tuturnya.

Dia meyakini jika kondisi global membaik, maka pertumbuhan ekonomi akan kembali kondusif.  "Jadi tidak mungkin suatu negara bisa hebat sendirian di tengah keberadaan situasi global yang kurang bagus," katanya.

Senada, Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Herry Sidharta mengatakan potensi resesi ekonomi global termonitor masih jauh. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dunia hanya mengalami perlambatan, tapi belum mengarah ke pertumbuhan negatif.  "Jika mengacu kepada kondisi ini, maka probabilitas resesi dunia masih berkisar 10-20%,” ujarnya seperti dikutip cnnindonesia.com.

Sebelumnya diberitakan bahwa lima negara dengan ekonomi raksasa di dunia berisiko mengalami resesi ekonomi. Kelima negara itu antara lain, Jerman, Inggris, Italia, Brasil, dan Meksiko.

Resesi ekonomi biasanya didefinisikan sebagai kontraksi pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada dua kuartal berturut-turut.

Kelima negara tersebut termasuk dalam 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia, atau biasa dikenal dengan G20. Potensi resesi ekonomi kemungkinan akan menggeser peringkat kelima negara di posisi lebih rendah.

Di Asia, Singapura dan Hong Kong juga mengalami hantaman dari sisi domestik. Meski kedua negara memiliki kapasitas ekonomi lebih kecil dari kelima negara di atar, namun memiliki fungsi krusial sebagai pasar keuangan dan perdagangan global.

Data pemerintah pada Rabu(15/8) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Jerman, negara berperingkat ekonomi terbesar keempat di dunia, mengalami kontraksi pada tiga bulan kedua tahun ini. "Intinya bahwa ekonomi Jerman tertatih-tatih di tepi resesi," kata Kepala Ekonom Capital Economics Wilayah Eropa Andrew Kenningham seperti dikutip CNN, pekan lalu.

Carsten Brzeski, Kepala Ekonom Belanda ING menilai Jerman sangat bergantung pada eksportir yang menjual barang dengan jumlah tidak proporsional ke China dan Amerika Serikat (AS). Penjualan mobil global Lackluster juga melanda produsen mobilnya. "Laporan PDB (produk domestik bruto) hari ini jelas menandai akhir dekade emas bagi ekonomi Jerman," kata Brzeski.

Ketika kekhawatiran keluarnya Inggris dari Eropa (British Exit-Brexit) membantu menyeret ekonomi Jerman, hal itu malah menjadi penyebab paling menyakitkan bagi Inggris. Pertumbuhan ekonomi Negeri Ratu Elizabeth itu menyusut pada kuartal II 2019, untuk pertama kalinya sejak 2012.

Inggris disebut-sebut harus pulih pada kuartal ketiga untuk menghindari resesi langsung. Namun, jika Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menarik negara itu keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan untuk melindungi perdagangan pada tanggal 31 Oktober, resesi kemungkinan tidak akan terhindarkan.

Masih di Eropa, pertumbuhan ekonomi Italia melandai pada kuartal II-2019. Berdasarkan data pemerintah, produktivitas Negeri Pizza melemah, pengangguran kaum muda tinggi, utang meningkat, dan kekacauan politik yang harus disalahkan atas kelesuan ekonomi tersebut. mohar

BERITA TERKAIT

DUGAAN KORUPSI DANA KREDIT DI LPEI: - Kejagung Ingatkan 6 Perusahaan Terindikasi Fraud

Jakarta-Setelah mengungkapkan empat perusahaan berpotensi fraud, Jaksa Agung Sanitiar Burhanudin mengungkapkan ada enam perusahaan lagi yang berpeluang fraud dalam kasus…

Jakarta Jadi Kota Bisnis Dunia Perlu Rencana Jangka Panjang

NERACA Jakarta – Pasca beralihnya ibu kota dari Jakarta ke IKN di Kalimantan membuat status Jakarta berubah menjadi kota bisnis.…

LAPORAN BPS: - Februari 2024, Kelapa Sawit Penopang Ekspor

NERACA Jakarta –  Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor sektor pertanian pada Februari 2024 mengalami peningkatan sebesar 16,91 persen…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

LAPORAN BPS: - Februari 2024, Kelapa Sawit Penopang Ekspor

NERACA Jakarta –  Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor sektor pertanian pada Februari 2024 mengalami peningkatan sebesar 16,91 persen…

TIM SATGAS PANGAN POLRI: - Tidak Menemukan Penimbunan Beras di Gudang

Jakarta-Tim Satgas Pangan Polri sampai saat ini belum menemukan adanya tindakan penimbunan beras. Kepastian itu didapat setelah dilakukan pengecekan terhadap…

ADA DESK PENGADUAN INVESTOR - AHY: Sekitar 2.086 ha Lahan Bermasalah di IKN

Jakarta-Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono, mengatakan ada sekitar 2.086 ha lahan yang bermasalah…