Tokopedia Tetap Fokus Jadi Super Ecosystem

NERACA

Jakarta – Di usia  ke-10, Tokopedia mengumumkan komitmennya menjadi super ecosystem, infrastruktur menyeluruh yang bisa mempermudah masyarakat Indonesia lewat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk bersama-sama tumbuh dan mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, Tokopedia telah menjadi wadah yang menjembatani semua pihak dengan misi sejalan.“Dalam mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, kolaborasi dengan para mitra strategis menjadi poin penting. Saat ini, Tokopedia sudah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra pembayaran, 12 mitra logistik, pemerintah pusat maupun daerah dan sederet mitra strategis lainnya,”ujarnya.

Infrastruktur, menurut William, juga telah menjadi kunci utama dalam menjadi sebuah Super Ecosystem. Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang terdiri dari berbagai lini bisnis, yaitu marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. “Data analytic, machine learning dan artificial intelligence akan menjadi sebagian dari teknologi yang diusung dan dikedepankan di setiap inisiatif Tokopedia, menjadikan Tokopedia sebagai perusahaan teknologi yang AI-First,” tambahnya.

William mengungkapkan, Tokopedia 10 tahun kedepan akan fokus untuk membantu semua orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk menjadi perusahaan teknologi. Artinya, untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, tidak mungkin kita bisa mengubah semua orang untuk menjadi perusahaan e-commerce.”Petani, nelayan, pemilik warung, fotografer, pembuat kue, florist, guru les musik dan begitu banyak profesi lainnya di Indonesia melakukan keseluruhan aktivitas dan layanan mereka secara offline. Untuk mewujudkan visi dan misi besar untuk Indonesia, maka Tokopedia harus mampu membangun ekosistem yang menjadi solusi nyata bagi hampir semua profesi yang ada di Indonesia, bagaimana mereka bisa menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka akan selalu relevan terhadap perubahan zaman,”jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, Tokopedia telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan e-commerce. 10 tahun ini, Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang telah membantu lebih dari 6,2 juta masyarakat menjadi ‘perusahaan e-commerce’ dengan memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia. Mereka telah memasarkan lebih dari 150 juta jenis barang ke seluruh pelosok negeri, menjangkau hingga 97% kecamatan di Indonesia. Dimana setiap bulannya, 1 dari 3 masyarakat Indonesia sudah menggunakan Tokopedia untuk kebutuhan sehari-hari. Di tahun ke-10 ini, lebih dari 1% ekonomi Indonesia bergerak di atas Tokopedia.

 

BERITA TERKAIT

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

Kenaikan BI-Rate Positif Bagi Pasar Modal

NERACA Jakarta  - Ekonom keuangan dan praktisi pasar modal, Hans Kwee menyampaikan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

Kenaikan BI-Rate Positif Bagi Pasar Modal

NERACA Jakarta  - Ekonom keuangan dan praktisi pasar modal, Hans Kwee menyampaikan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate…