Google Bantu Pebisnis Lokal Go Online

NERACA

Dengan kehadirannya di Indonesia, Google meningkatkan peranannya dalam mengembangkan ekosistem internet di Indonesia dan membantu pebisnis lokal untuk go online.

Tim Google Indonesia dibentuk sejalan dengan kiat Google saat ini, yaitu menawarkan layanan internet yang dapat membuat kegiatan sehari-hari para pengguna di Indonesia menjadi lebih mudah, seperti Google Maps Indonesia (termasuk fitur TrafficJakarta), Pencarian Suara Google dalam bahasa Indonesia, Google Terjemahan, dan juga toko Chrome Web Store yang diluncurkan bulan lalu.

Dengan kehadirannya di Indonesia, Google akan dapat membawa berbagai layanannya lebih dekat lagi dengan pengguna internet di Indonesia. Selain itu, Google kini meningkatkan peranannya dalam mengembangkan ekosistem internet di Indonesia dan membantu bisnis lokal untuk go online.

Tim Google Indonesia juga akan meningkatkan kerja sama dengan para pengusaha lokal, dalam menjalankan berbagai program, seperti program Bisnis Lokal Go Online yang diluncurkan bulan Januari lalu di mana Google menggandeng berbagai mitra seperti Bakrie Connectivity, APTIKOM, Melsa, dan Multiply.com untuk bersama-sama membantu usaha kecil dan menengah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan kehadiran Google di Indonesia sangat penting untuk pertumbuhan sektor ekonomi kreatif. "Ketika kami menghadapi pertumbuhan eksponensial dalam mobile IT konten dan bisnis, platform Google dapat mengubah cara kita melakukan bisnis tradisional. Bisnis online adalah penting untuk menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas secara lokal dan global," kata Mari Pangestu.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memaksimalkan kontribusi ekonomi kreatif tidak hanya untuk nilai ekonomi tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi. "Inovasi tidak perlu temuan baru tetapi juga menggabungkan teknologi yang ada dan ide untuk ide baru," tambah Mari Pangestu.

Seiring dengan semakin bertambahnya penduduk Indonesia yang online setiap harinya, banyak kesempatan yang tercipta untuk mewujudkan manfaat yang sebenarnya dari Internet - sebagai cara untuk menghubungkan, berbagi dan mengekspresikan diri dalam sebuah komunitas.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengungkapkan rasa terima kasihnya tentang peluncuran Google Indonesia, "Kami sangat senang bahwa Google sedang mempertimbangkan ekosistem Internet di Indonesia dengan membantu bisnis di Indonesia bisa online sehingga mereka dapat lebih kompetitif dalam lingkungan global".

Pada 2011, laporan dari Access Economics Deloitte menyatakan bahwa kontribusi Internet untuk perekonomian Indonesia berada pada 1,6% dari PDB, dan potensi pertumbuhan sangat besar karena jumlah rumah tangga Indonesia dengan akses ke Internet memungkinkan naik dua kali lipat selama lima tahun ke depan. Peningkatkan nilai ekonomi internet sekitar Rp 130 triliun (US $ 15,0 miliar) atau 1% dari PDB, menjadi sekitar 2,5% dari PDB.

"Lingkungan online di Indonesia berkembang pesat", kata Managing Director untuk Google di Asia Tenggara Julian Persaud. "Kami senang untuk membangun operasi terbaru kami di Jakarta, di mana kita dapat mencari dari kualitas local tertinggi untuk lebih membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari dan membantu usaha Indonesia berhasil," tambah dia.

Untuk memimpin Google Indonesia, Google Inc. menunjuk Rudy Ramawy sebagai Country Head. Sebelum bergabung dengan Google, Rudy pernah menjabat sebagai Direktur Programming dan Produksi RCTI. Rudy pernah juga bekerja untuk Procter & Gamble, Sony Music Entertainment, Warner Music, dan Axis Telecom Indonesia.

"Saya senang dengan sambutan hangat yang kami terima dari pengguna dan mitra kami di Indonesia. Kepercayaan masyarakat Indonesia akan produk dan platform kami merupakan penghargaan untuk kami. Kami merasa terhormat dan rendah hati ketika kita belajar tentang bagaimana Google membuat perbedaan positif dalam kehidupan manusia dan, kami berkomitmen untuk melakukan bahkan lebih, dengan tim kami di Jakarta,” Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy.

Meskipun Google Inc telah resmi membuka kantor perwakilannya di Indonesia, Google Indonesia masih merahasiakan keberadaan kantornya di Indonesia.

Program Lainnya

Sebagai pakar teknologi, Google berpendapat bahwa buah teknologi teknologi dapat dipanen tanpa kita menanam benihnya. meskipun Google berasal dari Amerika Serikat, Google berpikir sebagai Google Indonesia. Google memandang penting kebutuhan akan lokalisasi konten untuk pengguna di Indonesia, dan terus menerus untuk berinteraksi dengan pengguna di Indonesia untuk lebih memahami kebutuhan mereka.

Koalisi internet Asia (eBay, Google, Skype, dan Yahoo) menyelenggarakan kegiatan untuk merayakan Family Savety Day di Indonesia tahun ini. Kegiatan yang berlangsung selamadua hari ini bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Google menampilkan beberapa fitur yang terdapat di Google Search, blogger.com dan Youtube.com untuk membantu para keluarga untuk menjelajahi internet dengan aman.

Google juga meluncurkan komunitas bisnis di Jakarta dan Yogyakarta melalui Indonesia Google Business Group. Komunitas ini membantu perusahaan-perusahaan di kedua kota tersebut untuk memahami produk dan teknologi Google dan bagaimana cara menggunakan produk dan teknologi ini untuk memaksimalkan kinerja perusahaan.

Related posts