Keuntungan ZTE Meningkat 23% hingga Mencapai 86 Miliar RMB

ZTE Corporation (“ZTE”), sebuah perusahaan global publik penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan terdepan di dunia, hari ini mengumumkan laporan keuangan periode tahun lalu yang ditutup per 31 Desember 2011.

Berdasarkan HKFRS (Hong Kong Financial Reporting Standards), ZTE mencatat keuntungan dari proyek-proyek utama sebesar RMB 86.25 Miliar pada 2011, meningkat 23.4% dibandingkan dengan 2010. Laba bersihnya RMB 2.06 Miliar, mengalami penurunan 36.6% dari hasil pada 2010, dengan pendapatan dasar per saham RMB 0.61.

Keuntungan operasional yang didapat dari dalam negeri serta Internasional naik 22.7% dan 24% berturut-turut dari tahun ke tahun. Pada 2011, penjualan produk terminal ZTE terus meningkat, dengan keuntungan operasional RMB 26.93 Milyar, naik 52.6% dibandingkan dengan tahun lalu. Jajaran direksi telah merekomendasikan dividen sebesar RMB 2 (sudah termasuk pajak) untuk setiap 10 lembar saham.

ZTE telah mengeluarkan RMB 2.09 miliar dalam bentuk dividen selama tiga tahun terakhir ini. Rasio pembayaran dividennya mencapai 30.6% pada 2011, yang berada di atas rate 20.8% pada tahun 2009 dan 24.2% pada tahun 2010.

Selama periode pelaporan, ZTE mencatat keuntungan operasional sebanyak RMB 39.50 miliar dari pasar domestik, mewakili 45.8% dari keuntungan keseluruhan dan mewakili pertumbuhan 22.7% dari tahun ke tahun. Masa Repelita Nasional RRC yang ke-12 juga merupakan pemacu pertumbuhan perusahaan. ZTE membantu perkembangan jaringan 3G di Cina serta pembangunan jaringan pita lebar di negara tersebut pada tahun 2011. Keuntungan domestik perusahaan tumbuh seiring dengan dukungannya pada operator 3G. Perusahaan ini juga memasang akses jaringan pita lebar serta jaringan transmisi pendukung.

Dari pasar internasional, ZTE melaporkan keuntungan sebesar RMB 46.76 miliar selama periode tersebut, mencakup 54.2% dari keuntungan operasional keseluruhan dan mewakili pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 24%. Perusahaan terus berupaya untuk memperbesar posisi pasarnya dengan mengambil keuntungan dari perubahan dalam ranah bisnis kompetitif serta terus memperluas posisinya dalam pasar Internasional. Di tahun 2011, perusahaan ini mengukuhkan posisinya dalam pasar negara berkembang dan terus merangkul serta bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan carrier global. Hasilnya, ZTE mempertahankan pertumbuhan keuntungan per tahun yang relatif pesat, hasil dari bisnis Internasionalnya.

Dalam pasar negara-negara berkembang, ZTE telah melengkapi penyebaran dalam pasar menyusul peresmian kerjasama bisnis dengan operator-operator arus utama seperti MTN dan América Móvil. Hal ini juga memperkuat kerjasama dengan operator-operator multinasional seperti Telefonica dan France Telecom. Di Eropa, peralatan sistem buatan perusahaan ini telah digunakan oleh 10 operator teratas di Eropa. Di Jepang, ZTE telah menjadi pilihan Softbank untuk proyek-proyek TD-LTE.

Perusahaan ini makin memperkuat perannya sebagai pemimpin industri dan teknologi di bidang TDD dengan kampanye global TD-LTE di tahun 2011. ZTE telah menggenggam 30 kontrak LTE komersil dan bekerja dengan lebih dari 100 operator di seluruh dunia untuk membangun jaringan percobaan dalam setahun belakangan ini. ZTE juga menyelesaikan penyebaran komersil dengan operator-operator teratas seperti H3G, Hi3G, Softbank dan CSL. Bukan hanya itu, jangkauan pasar ZTE telah berkembang baik di produk UMTS dan juga GSM. Perusahaan ini terus memperkuat kerjasamanya dengan operator-operator, diantaranya adalah France Telecom dan MTN Group.

ZTE juga mempertahankan pangsa pasarnya di bidang PTN (Public Telecommunications Network). Selain itu, tekonologi komunikasi data tercanggih dari ZTE seperti contohnya router M6000/T8000 dan produk PON generasi selanjutnya sudah mencapai titik puncak, mencetak rekor pangsa pasar tertinggi di dunia untuk jenis produk-produk ini.

Menurut laporan 2011 dari firma riset Gartner, ZTE menjadi produsen ponsel cerdas dengan pertumbuhan tercepat kedua sepanjang tahun. ZTE juga merupakan penghasil seluler dengan penjualan tertinggi keempat di dunia sepanjang tahun. Pertumbuhan baik dari Cina daratan maupun pasar kelas atas seperti Amerika Serikat, Perancis dan Inggris Raya adalah sumber-sumber utama dari pertumbuhan penjualan telepon seluler dari perusahaan ini di tahun 2011.

Bukan hanya pertumbuhan perusahaan dalam pangsa pasar global, ZTE juga mempertahankan kedudukannya dalam hal aplikasi paten. Berdasarkan pengumuman dari World Intellectual Property Organization (WIPO), ZTE telah mendaftarkan aplikasi PCT terbanyak dibandingkan perusahaan manapun di dunia di tahun 2011 dengan 2.826 aplikasi. Dari aplikasi-aplikasi tersebut, lebih dari 60% berhubungan dengan terminal cerdas dan teknologi-teknologi baru seperti LTE/3G, komputasi awan dan The Internet of Things. Aplikasi paten 4G/LTE menyumbang 7% dari keseluruhan paten yang didaftarkan oleh penyedia perangkat telekomunikasi di seluruh dunia. Banyaknya aplikasi paten-paten yang berhubungan dengan ponsel cerdas menduduki peringkat keempat di tingkat global dan nomor 1 di tingkat nasional.

“Di tahun 2011, investasi peralatan yang dilakukan oleh industri-industri telekomunikasi sangat beraneka ragam berdasarkan wilayahnya masing-masing di seluruh dunia,” ujar Direktur ZTE Mr. Hou Weigui. “Sepanjang tahun, ZTE menyesuaikan lini produknya untuk terus menyediakan solusi-solusi terpadu komprehensif untuk carrier. Kami juga memperkenalkan serangkaian peningkatan yang didesain untuk memperbesar efisiensi serta mengoptimalkan proses produksi.”

Mr. Hou menambahkan di tahun 2012, ZTE akan melanjutkan komitmennya kepada inovasi teknologi. Perusahan ini akan terus melakukan pergeseran dari product-oriented menjadi bisnis yang lebih berorientasi kepada solusi. Kami berniat untuk mengkonsolidasikan posisi pasar kami lebih jauh lagi dengan mengembangkan sayap ke badan usaha milik negara serta sektor-sektor jasa. Kami juga berencana meningkatkan penjualan ke carrier-carrier arus utama. Ini merupakan bagian dari strategi berkelanjutan kami untuk fokus pada negara-negara besar dan carrier-carrier arus utama.

ZTE adalah perusahaan global penyedia telekomunikasi dan jaringan solusi dengan jangkauan produk paling komprehensif mencakup hampir setiap bidang telekomunikasi, termasuk nirkabel, access & bearer; pembawa, VAS, terminal dan layanan professional. Perusahaan yang memberikan inovatif, produk-produk custom-made dan jasa untuk lebih dari 500 operator di lebih dari 140 negara, membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dalam peningkatan pendapatan.

Related posts