Astra Berikan Nilai Tambah dari Sekedar Jual Mobil - Beragam Solusi Keuangan di GIIAS

Lesunya bisnis pasar otomotif dalam negeri tidak mengurangi minat masyarakat Indonesia untuk hadir di pameran tahunan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Menghadiri pameran otomotif bergengsi di GIIAS tidak hanya bagi mereka yang memiliki kepentingan membeli mobil semata, tetapi mereka yang sekedar ingin mengupdate informasi seputar otomotif juga produk lainnya sangat terbuka dan menjadi moment yang tepat. Apalagi pameran GIIAS yang di dukung Astra Financial yang terdiri dari enam lembaga jasa keuangan milik anak usaha PT Astra Internasional Tbk ini juga memberikan banyak program edukasi, literasi keuangan hingga penawaran promo yang cukup menjadi daya tarik minat masyarakat.

Salah satunya Ridwan (35), bapak tiga anak ini sengaja hadir di GIIAS untuk ketiga kalinya hanya untuk mengajak anak dan istri berlibur di akhir pekan. “Niat awal sih hanya untuk jalan-jalan sore aja di akhir pekan dan kebetulan rumah di Serang, Banten,”ujarnya. Diakuinya, sembari mengajak anak jalan-jalan ada keinginan untuk membeli kendaraan baru. Namun hal tersebut bukan menjadi skala prioritas karena kendaraan yang saat ini dipakai masih layak pakai dan hanya saja keterbatasan daya tampung seiring dengan bertambahnya anak yang mulai beranjak dewasa.

Sempat berkeliling booth pameran, Ridwan tertarik dengan kehadiran booth Astra Financial dengan berbagai produk otomotif teranyar, hiburan serta games yang dihadirkan dan termasuk layanan pembiayaan yang ditawarkan. “Awalnya sih saya cuma menyimak saja, ada promo apa yang berikan Toyota Astra Finance dan begitu mendengar penjelasan yang diberikan, bikin saya ngebet untuk mengganti kendaraan baru,”tuturnya. Maklum saja kendaraan city car yang dimilikinya saat ini, dirasakan mulai sumpek dan tidak leluasa untuk perjalanan jauh mengajak keluarga.

Alih alih tidak berniat mengganti mobil, akhirnya terpaksa ikut membeli mobil impian Toyota Avanza Veloz. Keputusan untuk membeli mobil baru, kata Ridwan yang juga pegawai salah satu perusahan bank swasta nasional ini di luar rencana. “Untung saja saya sempat diskusikan dengan istri dan beranikan mengajukan surat pemesanan kendaraan dan akhirnya di setujui dengan uang muka rendah,”ceritanya.

Kata Ridwan, selama ini tabungan dana untuk membeli mobil baru secara cash mencukupi. Namun memanfaatkan fasilitas bunga 0% dan uang muka rendah, sisanya bisa disisihkan untuk biaya masuk kuliah anak pertama. “Banyak keuntungan didapat dari fasilitas ini, selain bunga 0% ada juga cashbank serta peluang mendapatkan hadiah,”paparnya.

Lain lagi ceritanya dengan Theresia (40), direktur keuangan di salah satu perusahaan logistik ini menikmati betul penawaran Astra Credit Companies (ACC) untuk bunga 0% dengan tenor satu tahun dan cicilan uang muka yang dinilai murah. Diakuinya, dirinya lebih memilih kendaraan Toyota Kijang Innova dengan kredit ketimbang tunai dan cash.”Saya pakai fasilitas kredit ACC untuk kendaraan fasilitas kantor dan sisa uangnya bisa diputar untuk operasinal lainnya,”tuturnya.

Asal tahu saja, Kijang Innova untuk tipe diesel 2.4 G transmisi otomatis seharga Rp 363,5 juta, ACC menawarkan down payment (DP) 25% atau setara Rp 116 jutaan. Jadi angsuran per bulan Rp 23 jutaan. Sedangkan TAF, paketnya adalah DP RP 93 jutaan dan angsuran per bulan Rp 25 jutaan. Paket tenot satu tahun ini hanya bagi konsumen yang tidak ingin lama-lama berutang.

Banyak Diburu Konsumen

Wisnu Kusumawardhana, Direktur Marketing PT Toyota Astra Financial Services membenarkan, promo bunga 0%, uang muka rendah dan kesempatan hadiah langsung setiap SPK kendaraan menjadi yang diburu para pengunjung di GIIAS. Dirinya mengungkapkan, dalam pemilihan dua model promosi ini memang memiliki segmen berbeda. Menurut dia, konsumen akan terbagi dengan produk dibawah Rp 250 juta seperti konsumen LCGC, Toyota Rush dan Toyota Avanza.

Adapun segmen lainnya, ada produk Rp 300 juta seperti Toyota Fortuner, Toyota Altis dan Toyota Camry. Pada segmen konsumen dibawah Rp 250 juta akan memilih promo dengan DP rendah. Adapun konsumen di segmen harga diatas Rp 300 juta akan memilih bunga 0%."Berdasarkan portofolio, penjualan Avanza dan LCGC paling besar. Sehingga banyak yang memilih DP rendah," ujarnya.

Hal inipula yang menjadi alasan bagi Erwin Nasution (46), pengunjung yang membeli Toyota All New Sienta Type Q dengan fasilitas kredit mobil dari Astra Credit Companies (ACC).”Saya membeli Sienta ini sebagai mobil ketiga untuk putri saya,” tutur Erwin. Erwin membeli mobil seharga Rp302,5 juta tersebut dengan DP Rp100 juta atau sekitar 33%. Dengan memilih tenor kredit 4 tahun, maka jumlah cicilan yang perlu dibayar Erwin ialah Rp5,2 juta per bulan.

Erwin mengaku sangat terbantu dengan proses surat pemesanan kendaraan (SPK) yang cepat. “Prosesnya sangat cepat, hari ini saya mengajukan SPK, hari ini pula saya mendapatkanapproval,” lanjut Erwin. Dia memilih ACC sebagai penyedia kredit mobil karena sebelumnya sudah menjadi nasabah ACC. Selain proses yang mudah dan cepat, Erwin pun mengaku mendapatkan banyak promo, seperti misalnya potongan biaya administrasi sebesar Rp1 juta dan Lucky Dip berhadiah iPhone XS dan ribuan hadiah langsung lainnya.

Di samping membeli mobil, Erwin pun memanfaatkan pameran GIIAS 2019 untuk mencari informasi terkini seputar dunia otomotif. Seperti saat ini, berbagai pabrikan mobil sudah berlomba-lomba meluncurkan mobil listrik. Erwin melihat, pameran ini menjadi ajang yang pas mengedukasi konsumen untuk bersiap-siap akan tren mobil listrik di masa mendatang.

Tak cuma kredit mobil, pengunjung juga merasa sangat diuntungkan oleh kredit motor yang disediakan oleh FIFGROUP. Ricky Aji Purbiantoro (21), seorang pengunjung yang membeli Honda ADV 150 mengakui hal tersebut. Ricky yang juga merupakan karyawan salah satu pabrikan otomotif yang membukaboothdi GIIAS 2019 mengatakan, awalnya ia hanya berniat melihat-lihat motor. Ternyata, Astra Honda Motor menjual motor keluaran terbaru yang ditaksir Ricky sehingga ia pun menjadi tertarik membelinya. “Kalaudealerdi luar sana biasanya motor baru harusindent3 bulan. Ternyata GIIAS 2019 memamerkan motor keluaran terbaru seperti Honda ADV 150 danindentlebih cepat, yakni 1 bulan saja,” tutur Ricky.

Dia membeli Honda ADV 150 seharga Rp36,5 juta dengan fasilitas kredit motor bertenor 23 bulan dariFIFGROUP. Meski baru memasukkan SPK, namun Ricky merasakan beruntung karena proses yang cepat dan ia memperolehlucky drawberupa helm eksklusiflimited edition. Sekadar catatan, kredit motor dari FIFGROUP juga menyediakan promo lain selama GIIAS 2019 berlangsung. Promo tersebut antara lain bunga 0% untuk tenor kredit 1 tahun dan tidak termasukbig bike. Ada pula program DP mulai 20% yang berlaku hanya untuk pembelian Vario dan Beat Series. Pembeli juga bisa menikmati hemat angsuran hingga Rp3,5 juta untuk kredit bertenor 3 tahun. Di samping helm, FIFGROUP juga menyediakanlucky drawjaketlimited edition.

Kehadiran Astra Financial sebagai sponsor utama GIIAS tidak hanya berbicara bisnis semata untuk mendukung industri otomotif nasional, tetapi juga memberikan inklusi keuangan. Sebut saja, booth Astra Life, pengunjung bisa mencoba permainan interaktifJump for Life.Astrid, salah satu Astra Financial Angel, menerangkan bahwa dalam permainan ini, pengunjung diminta terus menaiki undakan tangga yang berada di sisi kanan dan kiri layar.

Saat menaiki tangga, terkadang ada beberapa batu bata yang jatuh, yang menganalogikan, pengeluaran finansial atas kebutuhan maupun risiko dalam tahap kehidupan. Contohnya“Biaya Sekolah” dan “Sakit Demam Berdarah”.Pengunjung kemudian diharapkan mengambil catatan-catatan yang jatuh tersebut hingga akhirnya menyelesaikan tangga paling puncak. Saat mencapai atas, maka pengunjung akan mendapatkan skor akhir.

Astrid mengatakan, permainan ini memberi edukasi agar pengunjung mempersiapkan segala sesuatu untuk berbagai kebutuhan hidup. Ada dua macam kebutuhan yang biasanya terjadi, baik yang terduga seperti biaya sekolah anak, maupun yang tak terduga seperti biaya perawatan saat sakit. Selain mengikuti permainan, pengunjung bisa mendapatkan informasi soal produk-produk asuransi jiwa yang ditawarkan Astra Life. Astra Financial Angel yang berada diboothAstra Life akan memberikan ilustrasi soal biaya premi hingga manfaat uang pertanggungan (UP) yang bisa didapatkan pengunjung jika mengambil produk asuransi jiwa Astra Life.

Salah satu pengunjung GIIAS 2019, Safri (27) mengatakan, keberadaanboothseperti Astra Life cukup menghibur di tengahboothlain yang menjual produk-produk otomotif. Safri pun menyukai permainan yang ada diboothAstra Life. “Apalagi ini ada unsur edukasinya,” kata dia.

Disampaikan Iwan Pranoto, kordinator booth Astra Financial I, setiapboothyang dihadirkan Astra Financial menyediakan permainan sekaligus memberikan edukasi literasi keuangan dari masing-masing enam lembaga jasa keuangan. Hal senada juga disampaikan Direktur PT Astra International Tbk, Suparno Djasmin, di setiapbooth para pengunjung bisa mendapatkan literasi keuangan soal kemudahan solusi pembiayaan, perbankan, dan asuransi.

Suparno menjelaskan, Astra Financial juga menyediakan aplikasi-aplikasi digital sesuai tema‘Inspiring Financial Solution’. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, pengunjung bisa mendapatkan layanan keuangan dengan cepat dan mudah di manapun dan kapanpun. Sementara Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyambut baik peran Astra Financial sebagai sponsor utama GIIAS 2019. Apalagi, peran pembiayaan sangat penting agar masyarakat bisa memiliki mobil dan motor dengan mudah.

Wimboh pun berharap partisipasi Astra Financial sebagai sponsor GIIAS 2019 juga bisa mendorong ekspor produk-produk otomotif dalam negeri. Pameran itu akan memberikan dorongan agar pertumbuhan industri otomotif naik dan akses masyarakat ke pembiayaan lebih mudah,” kata Wimboh. (bani)

BERITA TERKAIT

Perbaiki Kinerja Keuangan - INAF Kembangkan Strategic Business Unit

NERACA Jakarta – Dorong pengembangan bisnis lebih ekspansif, PT Indofarma Tbk (INAF) fokus mengembangkan strategi pendirian strategic business unit (SBU)…

Melalui Proyek ISED - Siapkan SDM Unggul di Manufaktur dan Pariwisata

NERACA JAKARTA - Indonesia telah memasuki era digitalisasi dan Industri 4.0. Bersamaan dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia telah meluncurkan “Making…

Geliatkan KEK Tanjung Lesung - KIJA Cari Investor Potensial Kembangkan Wisata

NERACA Jakarta – Bangkit dari musibah gempa dan tsunami Banten yang terjadi pada 2018 lalu, PT Kawasan Industri Jababeka Tbk.…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

BTN Pastikan Proses Bisnis Sesuai GCG

Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu memastikan perseroan selama ini telah menjalankan bisnis   sesuai dengan GCG.…

Perbaiki Kinerja Keuangan - INAF Kembangkan Strategic Business Unit

NERACA Jakarta – Dorong pengembangan bisnis lebih ekspansif, PT Indofarma Tbk (INAF) fokus mengembangkan strategi pendirian strategic business unit (SBU)…

Melalui Proyek ISED - Siapkan SDM Unggul di Manufaktur dan Pariwisata

NERACA JAKARTA - Indonesia telah memasuki era digitalisasi dan Industri 4.0. Bersamaan dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia telah meluncurkan “Making…