Galang Kampanye Bike for Earth - The Body Shop :

NERACA

The Body Shop mengajak masyarakat untuk menggalakan hidup hemat energi dan ramah lingkungan, yakni dengan menggunakan sepedah dalam bepergian jarak dekat

Sebagai bagian dan kelanjutan perayaan Earth Hour, The Body Shop Indonesia sebagai retailer pertama yang konsisten untuk mendukung Earth Hour dengan aksi nyata, menggelar Bike for Earth untuk kembali mengingatkan masyarakat bahwa bersepeda untuk aktifitas sehari-hari merupakan langkah kecil yang berdampak besar dalam mencegah pemanasan global yang mengancam kelangsungan hidup semua makhluk di muka bumi.

Suzy Hutomo mengatakan bergaya hidup hemat energi dan ramah lingkungan harus dilakukan setiap hari, salah satu gaya hidup tersebut adalah menggunakan sepeda untuk bepergian jarak dekat. “Dengan bersepeda kita menghemat energi karena tidak memakai bahan bakar minyak (BBM). Selain itu yang lebih penting, bersepeda dapat mengurangi polusi udara yang dapat meningkatkan efek rumah kaca atau pemanasan global,” ungkap dia.

Bike for Earth harus terus aktif dikampanyekan karena saat ini masyarakat Indonesia terutama di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Karawang (Jadetabeka) memiliki budaya berkendaraan bermotor yang sangat tinggi. Berdasarkan data Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, jumlah total kendaraan di wilayah Jadetabeka mencapai 13.347.802 unit yang beroperasi pada 2011.

Jumlah kendaraan tersebut, terdiri atas mobil penumpang sebanyak 2.541.351 unit, mobil muatan beban mencapai 581.290 unit, bus sekitar 363.710 unit dan sepeda motor berjumlah 9.861.451 unit.

Jika semakin banyak masyarakat menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari yang memungkinkan dengan bersepeda, maka penggunaan BBM akan berkurang atau hemat energi, mengurangi polusi sehingga mencegah peningkatan pemanasan global dan turut serta menyelamatkan bumi.

Melalui kampanye Bike for Earth, The Body Shop juga ingin masyarakat lebih sadar akan adanya ancaman akibat pemanasan global dan apa yang bisa mereka lakukan sebagai kontribusi untuk membuat suatu perubahan, dimulai dari kehidupan mereka sehari-hari dengan kegiatan yang mudah dan sederhana seperti bersepeda.

Program

Seluruh toko The Body Shop, mengikuti Earth Hour dengan mematikan beberapa titik lampu utama pada 31 Maret 2012 pukul 20.30 - 21.30. The Body Shop juga memberikan promosi khusus kepada customer yaitu diskon 10% dari harga normal untuk seluruh produk (tidak termasuk produk dengan harga promo). Khusus bagi Member The Body Shop yang berbelanja minimal Rp 500.000 selama Earth Hour mendapatkan satu folded bag, yaitu tas yang terbuat dari materi reused dari botol-botol PET.

Selain itu The Body Shop meminta customer untuk tidak membuang kemasan yang dibeli dengan cara mengembalikan botol bekas. Cara ini untuk menjamin kemasan kami tidak menjadi sampah. Untuk selanjutnya botol yang terkumpul dicacah dan dijual ke pengumpul cacahan plastik. Hasil penjualannya didonasikan untuk kegiatan amal.

Program planting trees. Setiap pembukaan toko baru, the Body Shop berkomitmen menanam 200 pohon. Sampai saat ini sudah menanam 16.100 pohon. Tahun ini The Body Shop akan menanam kembali 3.000 pohon bekerja sama dengan WWF dan Green Radio.

Materi cetak yang diberikan kepada customer dalam bentuk leaflet di seluruh toko-toko The Body Shop terbuat dari kertas recycled. Kantor The Body Shop yang berlokasi di Bintaro, Tangerang merupakan pemenang Green Office Competition 2009.

Related posts