Olah Raga Ramah Lingkungan

Bersepeda merupakan gaya hidup hemat energi dan ramah lingkungan yang dapat menyelamatkan bumi.

NERACA

Olah raga memang sangat penting bagi kesehatan, salah satunya, bersepeda yang sangat baik bagi kesehatan menjadikan bersepeda kini menjadi olah raga yang diminati oleh masyarakat. Hampir setiap pagi kita dapat melihat orang-orang berolahraga menggunakan sepeda.

Suzy Hutomo mengatakan bergaya hidup hemat energi dan ramah lingkungan harus dilakukan setiap hari, salah satu gaya hidup tersebut adalah menggunakan sepeda untuk bepergian jarak dekat. “Dengan bersepeda kita menghemat energi karena tidak memakai bahan bakar minyak (BBM). Selain itu yang lebih penting, bersepeda dapat mengurangi polusi udara yang dapat meningkatkan efek rumah kaca atau pemanasan global,” lanjutnya.

Bike for Earth harus terus aktif dikampanyekan karena saat ini masyarakat Indonesia terutama di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Karawang (Jadetabeka) memiliki budaya berkendaraan bermotor yang sangat tinggi. Berdasarkan data Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, jumlah total kendaraan di wilayah Jadetabeka mencapai 13.347.802 unit yang beroperasi pada 2011. Jumlah kendaraan tersebut, terdiri atas mobil penumpang sebanyak 2.541.351 unit (19%), mobil muatan beban mencapai 581.290 unit (4,4%), bus sekitar 363.710 unit (2,7%) dan sepeda motor berjumlah 9.861.451 unit (73,9%).

Jika semakin banyak masyarakat menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari yang memungkinkan dengan bersepeda, maka penggunaan BBM akan berkurang atau hemat energi, mengurangi polusi sehingga mencegah peningkatan pemanasan global dan turut serta menyelamatkan bumi.

Melalui kampanye Bike for Earth, The Body Shop juga ingin masyarakat lebih sadar akan adanya ancaman akibat pemanasan global dan apa yang bisa mereka lakukan sebagai kontribusi untuk membuat suatu perubahan, dimulai dari kehidupan mereka sehari-hari dengan kegiatan yang mudah dan sederhana seperti bersepeda.

Related posts