DAMPAK PEMADAMAN LISTRIK PLN LEBIH 6 JAM - Masyarakat Alami Kerugian Moril dan Materiil

Jakarta-Ribuan orang menderita kerugian moril maupun materiil akibat pemadaman listrik PLN yang terjadi di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena mereka menjadi “korban” saat berada KRL, MRT dan kereta jarak jauh sehingga terhambat perjalanannya. Begitu juga masyarakat lainnya tidak dapat melakukan komunikasi HP, tak bisa transaksi ATM, tak dapat memesan order ojek online yang berdampak kerugian finansial mereka. Sementara itu, pihak PLN akan menginvestigasi secara internal kejadian listrik padam di DKI Jakarta, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah, Minggu (4/8). Investigasi akan melibatkan pihak independen.

NERACA
Menurut Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Ali Lubis, Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus memberikan ganti rugi kepada masyarakat sebagai konsumen terkait pemadaman listrik di beberapa wilayah Indonesia.

Ali menuturkan, ganti rugi bukan tanpa dasar. Karena berdasarkan ketentuan di dalam UU No 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan terkait hak dan kewajiban konsumen, jelas disebutkan di dalam Pasal 29 ayat 1 huruf e mendapat ganti rugi, apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha penyedia tenaga listrik sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik  jo UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen

"Dengan terjadinya pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN di berbagai wilayah khususnya Jakarta, maka masyarakat dalam hal ini sebagai konsumen telah mengalami kerugian secara sepihak, Belum lagi para pelaku usaha, perbankan dan lain - lain," ujar Ali seperti dikutip laman harianterbit.com di Jakarta, kemarin.

Menurut Ali, terkait permasalahan ini sudah sepatutnya pihak PLN melakukan penggantian kerugian yang dialami oleh pelanggannya dalam hal ini masyarakat, para pelaku usaha sebagai konsumen, bentuk ganti rugi dapat dilakukan dengan berbagai cara sepanjang dapat di maklumi oleh masyarakat.

Pada bagian lain, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menginvestigasi secara internal kejadian listrik padam di DKI Jakarta, sebagian Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah, yang  akan melibatkan pihak independen.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT PLN (persero) Sripeni Intan Cahyani mengatakan sebagai permulaan, pihaknya akan mencari penyebab gangguan sehingga menyebabkan listrik padam sejak siang hingga malam. Pencarian sebab gangguan ini akan dilakukan secara komprehensif. Sementara untuk investigasi akan ditunjuk tim independen sebagai pelaksananya.

Investigasi menyeluruh akan dilakukan karena dampak yang terjadi akibat listrik padam ini sangat luar biasa. "Dan kami ingin melakukan perbaikan secara signifikan pada sistem. Karena itu kami butuh masukan yang sifatnya independen dan komprehensif baik soal teknis dan sebagainya," ujar Cahyani.


Dia berharap investigasi tidak lama sehingga perbaikan bisa segera dilakukan secara menyeluruh. "Mudah-mudahan satu sampai tiga bulan kami dapat hasil komprehensif," ujarnya. .

PLN memperkirakan pasokan listrik akan normal pada pukul 19.27 WIB (kemarin). Berbagai upaya dilakukan untuk mengalirkan listrik di kawasan yang sejak Minggu siang padam.


Pasokan listrik dari Jawa Timur dikirim masuk ke PLTA Saguling dan Cirata. Dua pembangkit listrik tenaga air ini menurut Cahyani punya dua fungsi yakni back start salah satunya untuk menyetabilkan daya dan tegangan.

"Dari situ kami tunggu sampai masuk ke Cibinong kemudian masuk Depok, Alhamdulillah 16.27 WIB pasokan masuk ke Gardu Dandul," katanya. Setelah dari Gandul, listrik akan dialirkan ke Suralaya di Cilegon dan Muara Karang. "Suralaya ini kapasitasnya mencapai 2.800 megawatt dan Ini akan memulihkan secara total," kata Cahyani.

Sebelumnya Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka menyatakan, PLN memohon maaf terkait pemadaman listrik yang terjadi di Jabodetabek, Banten dan sebagian Jawa Barat.

Pemadaman ini terjadi akibat, pertamq, Gas Turbin 1 sampai 6 di PLTU Suralaya, Cilegon, Banten mengalami trip. Kedua, Gas Turbin 7 di PLTU Suralaya, Cilegob, Banten saat ini dalam posisi mati (Off). Ketiga, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon, Banten juga mengalami gangguan atau trip.Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek dan Banten  mengalami pemadaman.

 Di Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 KV yang  mengakibatkan padamnya sejumlah  Area, di antaranya:  Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal,” ujarnya.

Made juga menjelaskan, dari sisi perbaikan penyebab gangguan, PLN sudah melakukan, pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya. Akan dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang setipe. Pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

Ribuan Penumpang Telantar

Akibat listrik padam, menyebabkan sebanyak ribuan penumpang KRL CommuterLine tertahan di tengah jalur perlintasan karena terhentinya listrik di berbagai jalur perlintasan.

Menurut Vice President Operasi PT KCI Broer Rizal, mengatakan rata-rata satu kereta yang terhenti di jalur lintas itu berisi 500 penumpang. Maka itu jika ditotal dari tujuh kereta yang terhenti terdapat 3.500 penumpang.

Adapun tujuh kereta yang terhenti di jalur itu adalah tiga kereta di lintas barat yaitu akan memasuki Stasiun Parung Panjang. Dua kereta di lintas Selatan yaitu mau memasuki Stasiun Tebet dan Stasiun Cilebut. Dua kereta lainnya terhenti di jalur menuju Stasiun Jatinegara dan Stasiun Cakung.

Padamnya listrik di sejumlah titik di Jabodetabek menyebabkan sebagian layanan perbankan terganggu. Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia (BCA) Jan Hendra mengatakan pemadaman listrik mengakibatkan terganggunya sebagian layanan mesin ATM. Namun, dia memastikan nasabah tetap dapat melakukan transaksi melalui layanan elektronik BCA.
"Antara lain BCA mobile, Internet Banking, Klik BCA, dan Sakuku BCA," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Meiliana mengatakan meski terganggu, namun operasional sebagian besar mesin ATM BNI di area yang terkena pemadaman listrik oleh PLN tetap berjalan normal. Saat ini masih terdapat lebih dari 15 ribu ATM BNI yang bisa melayani transaksi nasabah di seluruh Indonesia. bari/mohar/fba



BERITA TERKAIT

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…