Asuransi Diambil Karena Kebutuhan

NERACA

Jakarta—Asuransi tampaknya belum menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang yang belum berkeluarga. Namun bagi seseorang yang sudah berkeluarga asuransi dianggap penting. "Tidak semua orang butuh asuransi, tapi hampir semua orang butuh asuransi," katanya Managing Partner Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini di Jakarta.

Lebih jauh kata Rini, ada beberapa jenis asuransi yang saat ini beredar di masyarakat. Yang pertama adalah asuransi jiwa, asuransi harta benda, dan asuransi kesehatan. “Namun demikian konsumen harus pandai-pandai melihat,” tandasnya

Menurut Rini, asuransi di beli karena sesorang ingin melindungi penghasilannya, harta bendanya, harta kekayaan, dari pengeluaran yang sifatnya tidak terduga. Asuransi kesehatan misalnya, seseorang yang kesehatannya sudah ditanggung oleh sebuah perusahaan tempatnya bekerja, tidak perlu membeli asuransi kesehatan. "Kecuali kita punya penyakit khusus, seperti kanker atau yang lainnya," jelasnya.

Yang jelas, kata Rini, bagi seorang lajang yang belum memiliki harta seperti rumah ataupun mobil, asuransi harta benda ini juga belum dibutuhkan. Kemudian asuransi jiwa, Mike memaparkan asuransi jiwa diperlukan untuk melindungi seseorang dari penghasilan yang diperolehnya.

Dikatakan Rini, jika seseorang menjadi tulang punggung atas keluarganya maka asuransi jiwa ini sangat diperlukan. "Misalnya lajang yang belum punya tanggungan dia enggak butuh asuransi itu. Tapi orang yang sudah berkeluarga sangat diperlukan untuk mempunyai asuransi karena dia punya tanggungan," pungkasnya. **cahyo

Related posts