Belajar Dekat dengan Alam dari Tepi Sungai Ciliwung Depok

Beberapa waktu yang lalu, Depok mendadak menjadi perbincangan warganet akibat usulan wali kotanya tentang pemasangan lagu di lampu merah sebagai solusi kemacetan. Tak tanggung-tanggung, lagu yang diwacanakan untuk dimainkan adalah yang dinyanyikan olehnya berjudul 'Hati-Hati'.

Beruntungnya Depok masih memiliki banyak opsi untuk melenyapkan penat yang kerap terjadi di kotanya. Salah satunya adalah wisata di Sungai Ciliwung yang membentang sepanjang sekitar 26 kilometer. Banyak yang belum tahu kalau Sungai Ciliwung yang juga mengalir lewat Depok memiliki sarana wisata edukasi dan alam. Arung jeram menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa dicoba di sini. Akhir pekan kemarin, saya mencoba mencari lokasi titik arung jeram di sana dengan tujuan mengetahui kebenarannya.

Berdasarkan riset sederhana melalui internet, saya menemukan setidaknya tiga lokasi yang menjadi rujukan untuk wisata di bantara Sungai Ciliwung Depok ini yang diwadahi oleh tiga komunitas berbeda. Pertama di kawasan Margonda, kedua di Jembatan Panus, dan yang terakhir di dekat Boulevard Grand Depok City.

Meskipun berbeda, namun konsentrasi mereka masih sama, yaitu berupaya menjaga dan merawat Sungai Ciliwung. Jarak antar ketiga lokasi tak begitu jauh, sehingga saya bisa menyambanginya dalam waktu satu hari. Berbekal aplikasi peta digital, maka persoalan mencari lokasinya akan sangat mudah.

Lokasi pertama yang saya kunjungi adalah yang ada di kawasan Margonda, tepatnya di Pos Pantau Kancil Pondok Cina, Jalan H.M Tohir.  Sayangnya, saat saya tiba di sana sekitar pukul 09.30 WIB, tidak ada seorangpun di Pos Pantau Kancil, sehingga saya hanya bisa menikmati kali Ciliwung dari salah satu tepian yang masih asri.

Tak ingin berlama-lama di tempat ini, saya pun menuju lokasi kedua yakni Jembatan Panus yang terletak di dekat Jalan Siliwangi. Jembatan Panus adalah salah satu peninggalan kolonial yang dibangun tahun 1917 oleh oleh seorang insinyur bernama Andre Laurens.

Namun warga menamainya Jembatan Panus, karena ada seorang warga bernama Stevanus (disebut Panus dalam ejaan lokal) Leander yang tinggal di samping jembatan tersebut. Bagi warga Depok, Jembatan Panus akrab dengan kesan angker. Namun yang pasti struktur jembatan ini sangatlah kuat khas konstruksi Belanda, sehingga masih kerap dilalui oleh kendaraan.

Sebuah komunitas bernama Ciliwung Panus, 'mendiami' kolong jembatan yang ada di Jalan Siliwangi. Namun sama seperti di tempat pertama, saat saya tiba di sana tempat ini juga kosong. Padahal di tempat ini tersedia sarana untuk flying fox dan bridge jump. Barangkali memang belum waktunya untuk saya mencoba, meskipun sebenarnya cukup penasaran.

Akhirnya tempat ketiga yang saya sambangi adalah Komunitas Ciliwung Depok, tepatnya di dekat jembatan Grand Depok City. Rupa lokasinya tidak jauh berbeda dengan Ciliwung Panus yang memanfaatkan kolong jembatan sebagai base camp.

Beruntungnya saat saya menuruni tangga, ada tiga pemuda yang sedang berbenah base camp mereka. Ukuran base camp ini jauh lebih besar ketimbang dua tempat yang saya kunjungi sebelumnya. Bahkan saya melihat beberapa ular yang terletak di dalam akuarium."Itu rata-rata ular hasil penyelamatan. Nah kalau yang di karung, kemarin pagi saya nemu tuh di got. Ular sanca, ukurannya lumayan gede," ujar seorang pemuda yang akrab disapa Pay dikutip dari CNN Indonesia.com.

Terkait wisata di Sungai Ciliwung, Pay menuturkan komunitasnya menawarkan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sungai yang menjadi nadi beberapa kota besar, khususnya Bogor, Depok, dan Jakarta. Menurut Pay, wisata arung jeram memang sempat menjadi salah satu kegiatannya. Tapi hal ini tidak menjadi prioritas karena faktor pendangkalan kali.

"Coba aja tuh liat airnya seberapa, terus kalau musim hujan banjir. (Situasi) ini kan bisa bikin khawatir, makanya sekarang lebih ke wisata edukasi," katanya. "Di Ciliwung itu ada beberapa satwa endemiknya, seperti bulus dan ikan. Terus kalau tumbuhannya ada bambu. Nah hal-hal kaya gini yang kami kenalin ke orang-orang. Kalau masalah sampah sih udah jadi masalah dunia, gak cuma di Ciliwung aja."

Pay menuturkan sepanjang 26 km aliran kali Ciliwung yang melintasi Depok, ada lebih dari 50 tempat pembuangan sampah warga. Itu sebabnya ia dan kawan-kawan tidak pernah lelah untuk berbagi pengetahuan dengan warga, tentang pentingnya menjaga dan melestarikan kali Ciliwung.

Usai berbincang singkat, Pay mengajak saya menyusuri hutan bambu untuk melihat beberapa mata air yang ada di dekat base campnya.  Sepanjang perjalanan, saya merasa sedang tidak berada di kawasan Jabodetabek karena rimbunnya hutan bambu dan sejuknya udara.

Bahkan saya sempat melihat anak-anak kecil mandi di kali Ciluwung usai pulang sekolah, sebuah pemandangan yang sangat langka di Kota besar. Pay bahkan menunjukkan bangunan peninggalan Belanda yang ia sebut dengan meteran. Menurutnya fungsi bangunan ini adalah memberi tanda peringatan ke warga Belanda, melalui lonceng yang berputar otomatis saat debit air tinggi. "Ini bangunan gak ada yang tau kapan dibuatnya, saya googling juga gak nemu. Masih bagus bangunannya, cuma besinya aja yang keropos gara-gara kena air," kata Pay.

BERITA TERKAIT

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…

BERITA LAINNYA DI Wisata Indonesia

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

  Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika

  The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey

  Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…