BNI Pasang Target Kucurkan Kredit Properti Rp 26 T - Sepanjang 2012

NERACA

Manado - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menilai bisnis pembiayaan perumahan masih prospektif meski ada aturan Bank Indonesia terkait down payment (DP) sekitar 30%. Bahkan pertumbuhan KPR perseroan akan kembali menggeliat 27%-28% tahun 2012. "Kami ini pemain baru. Namun bisnis ini masih sangat baik. Dimana portofolio kami sampai akhir tahun lalu mencapai Rp 18 triliun, terjadi penumbuhan 50% dibandingkan sebelumnya," kata Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo di Jakarta.

Menurut Gatot, perseroan merupakan pemain baru dalam bisnis KPR. Ke depan, bisnis ini akan terus berkembang dengan pengembangan sistem dan SDM pada seluruh wilayah. "Tahun ini kita targetkan portofolio tumbuh 27%-28%, ya sekitar Rp 25 triliun-Rp 26 triliun," tuturnya.

Lebih jauh kata Gatot, banyak kerja sama yang telah terjalin antara perseroan dengan pengembang. Totalnya mencapai 526 pengembang hingga akhir 2011. Jumlah ini meningkat dibanding awal BNI terjun serius di bisnis KPR tahun 2006 yang hanya 20 pengembang.

Sebagai wujud komitmen bisnis KPR yang terus dijaga, BNI bersama DPP Real Estate Indonesia (REI) berinisiatif melahirkan pembiayaan dengan skema dan pola perhitungan spesial, dengan nama KPR Griya Idaman. Pembiayaan ini menawarkan cicilan murah mulai dari Rp 600 ribu per bulan serta tenor maksimal 20 tahun.

KPR Griya Idaman ditujukan bagi konsumen yang membeli rumah di atas harga yang ditetapkan pada FLPP 2012, yakni Rp 70 juta. "Bagi pengembang anggota REI yang membangun rumah dengan harga jual di atas Rp 70 juta sampai Rp 200 juta per unit, maka konsumennya bisa memilih KPR Griya Idaman, dengan cicilan Rp 600 ribu per bulan," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, BNI bersama Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) juga menyelenggarakan property exhibition yang bertajuk BNI-REI Gelegar Expo di di Manado, tepatnya di Manado Town Square mulai tanggal 31 Maret s/d 15 April 2012. Acara ini diselenggarakan sebagai rangkaian dari acara Hari Ulang Tahun (HUT) REI ke 40 yang diselenggarakan di Manado serta rangkaian road show event BNI Gelegar Expo. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk memudahkan masyarakat untuk lebih mengenal dan menggunakan produk/layanan perbankan BNI, khususnya, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit konsumer lainnya, tabungan, kartu debit/kredit, dan kredit usaha kecil.

Dalam BNI-REI Gelegar Expo kali ini, tema yang diambil adalah Kembangkan Potensi, Wujudkan Mimpi dengan harapan BNI serta REI bisa menjadi inspirasi masyarakat dan keluarga Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dan mewujudkan impiannya memiliki rumah tinggal yang ideal. Selain pameran, acara ini juga menampilkan seni musik, tari, dan atraksi unik lainnya.

Tahun ini, BNI-REI Gelegar Expo Manado juga diikuti oleh sekitar 30 pengembang/developer terkemuka di kota Manado dengan berbagai program : One Day Approval, Program Bunga KPR BNI Griya yang sangat menarik, diantaranya bunga KPR BNI Griya mulai dari 7.49%, diskon propisi dan bebas administrasi. Program lain yang tidak kalah menariknya adalah program DreamBox BNI Taplus Anak, dimana tersedia berbagai hadiah program lucky dip untuk pembukaan rekening BNI Taplus Anak. **kam

Related posts