Kembangkan Platform Online - INOV Bikin Proyek Percontohan di Lima Kota

NERACA

Jakarta - Mengantungi dana hasil penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) sebesar Rp 152 miliar, PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) melalui anak perusahaan baru akan mengembangkan platform online yang dapat mengumpulkan botol plastik secara massal dari seluruh wilayah di Indonesia.

Kata Direktur Inocycle Technology Group, Suhendra Setiadi, aplikasi yang dikembangkan tersebut berupa aplikasi plastic pay dan nantinya akan memasok kebutuhan bahan baku di pabrik perseroan. Bila tidak ada aral melintang, perseroan menargetkan aplikasi ini dapat beroperasi paling lambat kuartal IV/2019. “Perseroan berencana melakukan proyek percontohan di 5 kota yang lokasinya berdekatan dengan pabrik,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Disebutkan, investasi untuk pengembangan platform online tersebut sebesar Rp 45,60 miliar atau 30% dari dana hasil IPO. Sebagai informasi, saat ini perseroan memiliki sejumlah pabrik yang berlokasi di Karang Anyar berkapasitas 10.200 ton per tahun, Mojokerto 8.250 ton per tahun, Tangerang 850 ton per tahun. Tiga pabrik tersebut memproduksi serat stapel poliester dari produk daur ulang yang bahan bakunya menggunakan PET botol plastik yang telah dicacah.

Adapun 2 pabrik lainnya berlokasi di Kabupaten Semarang dan Banyuasin. Kedua pabrik untuk memproduksi produk non woven (bukan tenunan) yang bahan bakunya berasal dari serat stapel poliester."Dengan hasil IPO, kami bisa ekspansi. Namun, kami harus secure raw material. Untuk itu kami mendirikan PT Plastic Pay," katanya.

Lebih lanjut, pada 2019, perseroan mengincar penjualan dapat tumbuh 30% secara tahunan atau mencapai Rp514,32 miliar. Pada 2018, penjualan fiber mendominasi penjualan sebesar Rp299,49 miliar atau 75,70% terhadap total penjualan sebesar Rp395,63 miliar. Kontribusi penjualan lainnya berasal dari segmen non woven 16,60%, homeware 7,30%, dan lainnya 0,40%.

Direktur Utama Inocycle Technology Group Tbk, Jaehyuk Choi pernah bilang, tahun ini perseroan menargetkan bisa meningkatkan penjualan sampai 50% serta laba usaha 80%. Disampaikannya, laba bersih perseroan pada 2018 sebesar Rp16,04 miliar atau naik 5,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Adapun laba bersih pada 2017 yakni Rp15,26 miliar.

Choi mengatakan bahwa pertumbuhan itu diikuti dengan naiknya laba kotor 47,1%, laba usaha 55,1% dan laba sebelum pajak 9,4%.”Kemampuan pengembangan produk kapabilitas produksi dan rekam jejak inovasi merupakan salah satu keunggulan kami dibandingkan dengan pesaing. Kami akan berkembang lebih lanjut dan yakin tren penggunaan fiber daur ulang akan meningkat,”ungkapnya.

BERITA TERKAIT

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…