LPDB Kucurkan Dana Ke 1300 Koperasi - Telah Salurkan Rp1,9T

NERACA

Palembang---Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) hingga kini telah menyalurkan dana sebesar Rp1,9 triliun untuk koperasi di Indonesia. Adapun dana itu disalurkan untuk 1300 koperasi.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Kemas Danial menyampaikan hal itu pada acara temu mitra regional LPDB-KUMKM yang dilaksanakan di Palembang, Rabu.

Menurut Kemas, LPDB telah mengulirkan dana sebesar Rp1,9 triliun itu sejak 2008 hingga sekarang ini kepada koperasi. "Dengan begitu, terciptalah lapangan kerja ke UKM kita sekitar tiga juta lebih," tambahnya

Dikatakan Kemas, perkuatan permodalan LPDB perlu ada penambahan dari pihak pemerintah, karena satu-satunya lembaga produktif yang sangat menjanjikan untuk memberikan lapangan kerja baru dan menekan angka pengangguran di Indonesia tentunya melalui koperasi.

Diakui Kemas, kendala-kendala yang banyak ditemui adalah dari 188 ribu koperasi di Indonesia paling hanya 10 persen bisa mengakses dana bergulir melalui LPDB, karena persyaratan belum disiapkan koperasi.

Selama ini koperasi di luar Pulau Jawa aturan-aturan tidak dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan LPDB. "Itu kendala-kendala kami temukan sangat krusial dialami Lembaga Pengelola Dana bergulir," imbuhnya.

Sementara Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Neddy Rafinaldy Halim menyatakan, LPDB bertujuan untuk koperasi-koperasi yang sebetulnya sudah layak, tetapi belum bisa mengakses lembaga permodalan perbankan.

Untuk penyaluran dana Rp1,9 triliun itu LPDB harus melakukan verifikasi terhadap koperasi yang memenuhi kelayakan, kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM menambahkan. **cahyo

Related posts