China Borong Rolls-Royce pada 2011

NERACA

Rolls-Royce, mobil super mewah asal Inggris mencapai angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah pada tahun 2011 lalu. Rekor tersebut disebabkan oleh peningkatan tajam penjualan mobil Rolls-Royce di China.

Tahun 2011, China telah menjadi konsumen terbesar Rolls-Royce dengan total 30% angka penjualan mobilnya berasal dari negeri tersebut. China telah mengungguli AS yang telah sekian lama menjadi negara pembeli Rolls-Royce dengan jumlah terbanyak di seluruh dunia.

Tingginya angka penjualan di China membuat Rolls-Royce mempersembahkan satu produk spesial sebagai bentuk penghargaan terhadap konsumen di China. Perusahaan tersebut membuat mobil Rolls-Royce dengan tema “Tahun Naga” yang dilengkapi dengan sandaran kepala dari kulit berhiaskan bordiran naga. Mobil Rolls-Royce edisi khusus seharga Rp9,15 milyar itu telah habis terjual di China.

Selain menciptakan Rolls-Royce edisi “Tahun Naga”, produsen Rolls-Royce juga mengadakan tur di berbagai negara Asia termasuk Hong Kong dan Taiwan untuk menarik perhatian calon konsumen di Asia.

Rolls-Royce, mobil mewah seharga lebih dari Rp2,2 miliar, selalu menjadi incaran para milyarder di berbagai negara. Selama ini, Amerika Serikat selalu menjadi negara pembeli Rolls-Royce terbanyak setiap tahunnya.

Namun pada tahun 2011 kemarin, jumlah mobil Rolls-Royce yang dibeli oleh penduduk negeri Paman Sam tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Rolls-Royce yang dibeli China. Berdasarkan kabar yang dilansir oleh The Wall Street Journal, mayoritas warga China yang membeli Rolls-Royce adalah keturunan dari keluarga kaya raya. Hanya sedikit pembeli Rolls-Royce China yang benar-benar menjadi jutawan karena usahanya sendiri.

Sebagai penghargaan terhadap China sebagai negara pembeli Rolls-Royce terbanyak tahun 2011, perusahaan tersebut meluncurkan mobil Rolls Royce dengan desain spesial yang bertemakan “Tahun Naga”. (agus/dbs)

Related posts