Toyota Kuasai Penjualan di IIMS 2011

NERACA

Salah satu barometer bagi sukses penjualan otomotif di Tanah Air adalah Indonesia International Motor Show, yang digelar setiap tahun di Jakarta.

Dalam IIMS yang digelar medio 2011, Toyota menguasai penjualan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-19 yang berakhir pada (31/7), dengan nilai penjualan menembus angka Rp 1,6 triliun atau sekitar 50% dari total transaksi pada ajang tersebut yang mencapai lebih dari Rp 3 triliun.

"Penjualan yang terjadi selama IIMS 2011 bukanlah tujuan utama kami. Namun kami tetap bersyukur angka itu melebihi ekspektasi kami," ujar Presdir TAM Johnny Darmawan dalam keterangan pers, di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan pada ajang otomotif internasional yang berlangsung selama 10 hari (22-31 Juli) tersebut, total penjualan mobil Toyota mencapai 6.962 unit dengan kontribusi penjualan adalah kendaraan serbaguna (MPV) kecil, Avanza, sebanyak 2.834 unit, kemudian MPV medium yaitu Kijang Innova sebanyak 1.689 unit, dan "high SUV" yaitu Fortuner sebanyak 925 unit.

Pada IIMS ke-19 tersebut, Toyota juga berhasil memenangkan sejumlah penghargaan yaitu sebagai gerai terbaik atau "Best Stand" untu kategori di atas 1.000 meter persegi, kemudian Toyota Fortuner V 4x4 A/T meraih penghargaan kendaraan favorit ke-2, dan "Toyota Pretty" Nathania Lukman menjadi Miss Motor Show 2011.

Pada kesempatan itu, pemimpin pasar otomotif itu juga memberikan hadiah undian berupa "Grand New Kijang Innova" kepada pengunjung IIMS, yang dimenangkan oleh Iskandar Zulkarnain.

Lebih jauh Johnny mengatakan TAM menjadikan IIMS ke-19 sebagai ajang unjuk perjalanan inovasi Toyota selama 40 tahun di Indonesia. Pada gerai seluas lebih dari 1.000 meter persegi, TAM telah menghadirkan kendaraan konsep mobilitas personal untuk jarak dekat yaitu Whee, kemudian mobil konsep lainnya yang sporty yaitu FT-68.

TAM juga meluncurkan sejumlah kendaraan antara lain Grand New Kijang Innova, dan Grand New Fortuner, di samping "kick off" Yaris Show Off (ajang modifikasi mobil Yaris). Untuk pertama kalinya pula, TAM menghadirkan truk Dyna di area luar ruang pameran tersebut untuk membidik pasar kendaran komersial.

Selain itu, lanjutnya, Toyota juga memanfaatkan ajang IIMS dengan memberikan penghargaan kepada sejumlah guru TK yang menjuarai lomba "Toyota Bercerita 2011," dan pemenang Toyota Dream Car Art Contest serta Toyota Hybrid Sinergy Drive Campaign, melalui facebook tingkat Asia-Pasifik.

"Toyota mengucapkan terima kasih atas animo pengunjung dan pelanggan kami terhadap booth, produk, serta teknologi Toyota di IIMS 2011," ucap Johnny.

Pada IIMS 2011 lebih dari 300.000 orang mengunjungi pameran tersebut, termasuk ke gerai Toyota yang terletak di Hall D, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. (agus/dbs)

Related posts