Apartemen Tipe Studio: Kecil, Praktis, Indah

Kaum urban identik dengan gaya praktis, fungsional namun tetap memandang kerapian dan estetika. Karena itulah, banyak dari mereka memilih rumah dengan penataan yang tidak ribet. Tetapi sekarang yang sedang naik daun adalah apartemen tipe studio. Kenapa apartemen? Tempat ini biasanya didirikan di pusat kota serta menjangkau akses jalan sehingga lebih efisien dengan kondisi lalu lintas Jakarta. Yuk, berkenalan dengan apartemen tipe studio.

Apartemen tipe studio adalah jenis hunian dengan ukuran yang compact dan dari segi harga sangat terjangkau untuk beberapa kalangan. Jenis hunian ini sangat cocok buat pelajar, mahasiswa atau karyawan yang belum berkeluarga. Apartemen tipe studio terdiri atas satu kamar sehingga sangat terjangkau dibandingkan dengan apartemen tipe premium dengan beberapa kamar. Masyarakat membeli apartemen biasanya berdekatan dengan tempat mereka melakukan aktivitas, bekerja atau sekolah atau kuliah.

Selain ukurannya yang compact, apartemen tipe studio sebenarnya menawarkan berbagai keuntungan bagi penghuninya. Jika anda termasuk orang yang merasa kesulitan jika harus tinggal dan merawat hunian (apartemen atau rumah) yang berukuran luas, sebaiknya anda memilih jenis tempat tinggal ini. Tak perlu khawatir akan masalah fasilitas atau desainnya, banyak pengembang sekarang yang menyediakan unit-unit dengan desain yang tidak kalah menarik.

Umumnya, apartemen tipe studio adalah tempat tinggal untuk satu orang, meskipun ketika menyewa atau membelinya Anda bisa tinggal bersama dengan teman, keluarga atau pasangan hidup anda. Diluar negeri, tipe apartemen ini juga sangat popular karena banyak ditinggali oleh seniman, artist, karyawan, atau profesional muda.

Beberapa apartemen tipe studio menyediakan unit-unit ruangan dengan harga yang murah dan rate sewa yang rendah untuk mendapatkan pembeli atau penyewa. Sementara beberapa apartemen lainnya yang berukuran lebih besar membidik penyewa atau pembeli dengan kelas yang lebih tinggi. Apartemen premium, misalnya, sering berada pada kawasan elit dengan fasilitas super lengkap dan tentunya harganya jauh lebih mahal.

Apartemen studio di beberapa tempat dan negara juga dikenal sebagai rusun, flat, flat studio, bachelor’s flat, bachelor’s studio, efficiency studio atau efficiency apartment. Apartemen studio pastinya banyak terdapat di kawasan perkotaan, di mana harga sewa properti sangat tinggi dan kawasan hunian sudah sangat padat dan lahan yang terbatas. Jika kita lihat perusahaan properti yang mengembangkan unit-unit apartemen, ada pengembang yang khusus membangun apartemen type studio, flat maupun rusun saja, tetapi ada juga pengembang yang membangun tipe studio bersama dengan unit-unit apartemen lainnya yang lebih premium. Sandingan utama tipe studio adalah loft apartemen yang ukurannya lebih besar dengan jumlah kamar dan fungsi ruangannya lebih banyak.

Banyak pihak perusahaan properti yang mengembangkan kawasan hunian vertikal dan membangun beberapa tower dalam satu kawasan terpadu, biasanya disebut superblock. Ada tower khusus untuk value apartemen dan premium, pihak pengembang pasti menyasar seluruh segmen pembeli untuk mendapat profit lebih besar. Setiap superblock atau kawasan dengan beberapa tower pasti dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang bisa dipakai bersama. Berbagai fasilitas publik tersebut di antaranya: klinik, rumah sakit, fitness centre, swmming pool, pasar atau kawasan perbelanjaan, pusat pendidikan, pusat jajanan, dan sebagainya.

Menilik dari ukuran, sebagian besar apartemen tipe studio memiliki luasan antara 18 sampai dengan 21 m2, tapi luasan 21 m2 adalah yang paling umum kita jumpai. Luasan sebesar 21 m2 ini sudah termasuk ruangan utama (main room), dapur yang berhubungan dengan ruang makan dan kamar mandi (jika disertakan). Untuk mendukung segala aktivitas kegiatan didalam ruangan tersebut, sebaiknya Anda yang tinggal di dalam apartemen ini memaksimalkan ruangan seefisien mungkin. Gunakan furniture kompak dan multifungsi untuk menghemat penggunaan space di dalam ruangan apartemen tipe studio milik anda.

Jika anda ingin membagi main room menjadi beberapa fungsi, misalnya: antara ruang tidur dan living room, dapur dan ruang makan, anda bisa menggunakan furnitur sebagai partisi pemisah ruangan. Kejelian dalam memilih, mendesain bentuk furniture dan mengatur tata letak furniture akan menjadi kunci sukses desain interior apartemen tipe studio. Kenyamanan apartemen anda sepenuhnya tergantung pada anda, bagaimana anda berkreasi dan mengatur tata letak barang-barang yang ada di dalamnya.

Pembagian ruangan yang umumnya terdiri atas 1 buah ruang utama (main room) yang multifungsi, sebagai kamar tidur (bedroom), ruang keluarga, dan ruang makan. Jika anda sebagai mahasiswa atau pekerja, maka space ruangan tersebut harus anda bagi lagi dan fungsikan sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Banyak tipe studio yang sudah dilengkapi dengan dapur dan kitchen set yang kompak. Anda bisa meletakkan glass table yang berfungsi sebagai coffee table dan dining table berdekatan dengan area dapur kompak tersebut. Di beberapa apartemen yang lain yang sudah tersentuh oleh desainer interior, biasanya dapur dan kitchen set kompak itu disembunyikan di belakang closed style door.

Desain layout tiap-tiap tipe studio mungkin saja berbeda satu dengan yang lainnya, ada yang satu kamar utama dan dimanfaatkan sebagai ruang tidur, ruang tamu, dan dapur dan ruang makan. Adapula apartemen studio yang desain layout-nya berbentuk L-shape, di mana ruang tidur dipisahkan dengan ruang tamu, dapur dan ruang makannya. Bentuk layout L-shape ini tentunya memberikan privasi yang lebih baik dibandingkan dengan satu main room dengan berbagai fungsi ruangan di dalamnya.

Beberapa tipe studio juga memilki kamar mandi disetiap main room, walaupun ukurannya mungil dan hanya terdiri dari closet duduk dan shower tanam di dinding. Tapi beberapa di antaranya berharga lebih ekonomis dalam menerapkan efisiensi jumlah kamar mandi karena hanya memberi kamar mandi di luar main room dan harus berbagi dengan penghuni apartemen yang lainnya. Prinsipnya sama dengan bangunan kost-kostan di mana satu kamar mandi untuk melayani dua atau tiga kamar penghuninya. Selain kamar mandi yang melayani beberapa kamar, biasanya juga terdapat ruang ganti, mesin cuci dan ruang kebugaran yang bisa dipakai secara bersama oleh beberapa penghuni.

Karena ukurannya yang kompak, tipe studio biasanya disewakan atau dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan apartemen lain yang berukuran lebih besar. Tipe studio juga lebih murah harganya jika dibandingkan dengan landed house, bahkan landed house dengan tipe yang paling kecil sekalipun. Meski murah, perhatikan faktor lokasinya, pilih yang memudahkan akses ke tempat kuliah atau kerja anda.

Related posts