Prudential Luncurkan Asuransi untuk UMKM

NERACA

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan PRUWorks untuk UMKM, lini bisnis Asuransi Kumpulan yang dirancang untuk mendukung perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan mendorong potensinya terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.

President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch mengungkapkan PRUWorks untuk UMKM merupakan inovasi terbaru dari Prudential Indonesia untuk asuransi karyawan yang memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM sejak awal pengajuan polis dengan cakupan manfaat yang dapat disesuaikan berdasarkan jumlah karyawan, kebutuhan, dan anggaran keuangan UMKM.

“Peluncuran PRUWorks untuk UMKM ini sejalan dengan kampanye We Do yang dilakukan perusahaan dengan fokus utama pada bidang kesehatan dan teknologi. Lini bisnis asuransi karyawan terbaru ini diharapkan dapat menjadi solusi menyeluruh bagi para pelaku industri UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa,” katanya di Jakarta, Rabu (19/6).

Pertumbuhan UMKM di Indonesia terus bertambah tiap tahun. UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di sisi lain, UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya terkait manajemen bisnis perusahaan.

Jens menjelaskan, sebagai bentuk upaya mendengarkan dan memahami kebutuhan para pelaku UMKM, Prudential Indonesia mewujudkan solusi perlindungan asuransi untuk bagi para pemilik bisnis UMKM dan karyawannya sehingga mereka siap dalam menghadapi risiko yang tak terduga dan fokus untuk membangun bisnis.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia untuk perkembangan UMKM tahun 2017, terdapat 62,92 juta unit usaha UMKM di Indonesia dengan kontribusi mencapai Rp 7.704 triliun atau 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Pertumbuhan jumlah badan usaha UMKM di Indonesia tersebut mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 116 juta jiwa.

Muhammad Ikhsan Ingratubun, Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) mengatakan, potensi UMKM yang luar biasa tersebut tidak terlepas dari peranan penting para karyawannya. Oleh karena itu, perlindungan terhadap tenaga kerja di sektor UMKM perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah maupun swasta termasuk pelaku UMKM, agar dapat memaksimalkan potensinya untuk terus berkembang.

“Ketatnya persaingan menuntut UMKM untuk terus berinovasi, sehingga seringkali melewatkan betapa pentingnya perlindungan bagi karyawan yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan bisnis perusahaan. Hal inilah yang harus disadari bahwa adanya jaminan perlindungan yang diberikan perusahaan dapat menunjang kinerja para karyawan guna menopang kontribusi positif terhadap perusahaan,” ujar Ikhsan.

Prudential Indonesia percaya kehadiran PRUWorks untuk UMKM dapat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan produktivitas para karyawan, bahkan dapat menurunkan terjadinya pergantian karyawan (turnover) di suatu usaha. Laporan Willis Tower Watson 2017/2018 Asia Pacific Benefit Trends Survey mengungkapkan bahwa strategi manfaat karyawan (employee benefit) menjadi faktor penting dan efektif dalam meningkatkan loyalitas serta minat karyawan terhadap suatu perusahaan.

BERITA TERKAIT

Pemerintah Akan Terapkan B30 untuk Kurangi Porsi Impor Bahan Bakar

Pemerintah Akan Terapkan B30 untuk Kurangi Porsi Impor Bahan Bakar  NERACA  Jakarta – Kepala Litbang Kementerian Energi dan Sumber Daya…

Zurich Jamin Kesehatan Hingga Rp30 miliar - Luncurkan Produk Critical Advantage

    NERACA   Jakarta - Zurich Indonesia meluncurkan produk asuransi untuk penyakit kritis yaitu Zurich Critical Advantage (ZCA). Produk…

ASURANSI M!PROTECTION

kiri ke kanan. M!Power Project Leader and Coordinator Sequis Life Alvina Rosa Beatrix, President Director and CEO Sequis Life Tatang…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Bank Mandiri Catatkan Perolehan Laba Rp 13,5 Triliun

  NERACA   Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan perolehan laba konsolidasi tumbuh 11,1% mencapai Rp13,5 triliun, kualitas kredit…

Survei BI : Pertumbuhan Kredit Baru Capai 78,3%

    NERACA   Jakarta - Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) menunjukkan pertumbuhan triwulanan kredit baru meningkat pada triwulan II-2019…

Perbankan Harap BI Turunkan Suku Bunga

    NERACA   Jakarta – Desakan agar Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Reverse…