Sun Life dan Bank Muamalat Kerjasama Bancassurance

NERACA

Jakarta - PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kerja sama ini dikukuhkan melalui penandatanganan yang dilakukan oleh Danning Wikanti, Chief Partnership Distribution Sun Life Financial Indonesia dan Purnomo B. Soetadi, Retail Banking Director PT Bank Muamalat Indonesia, disaksikan oleh Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia bersama Achmad Kusna Permana, Chief Executive Officer PT Bank Muamalat Indonesia.

Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia Elin Waty menyatakan Sun Life berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang komprehensif, dan menjawab kebutuhan masyarakat. Sektor syariah menjadi sektor bisnis yang krusial bagi perusahaan, dan saat ini terus menunjukkan tren yang positif dengan menyumbang sekitar 9% dari total premi Sun Life secara keseluruhan.

“Kemitraan yang kami jalin bersama Bank Muamalat selaku pionir bank berbasis syariah di Indonesia menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan akses bagi masyarakat terhadap layanan produk asuransi syariah kami. Kolaborasi ini sekaligus menegaskan konsistensi Sun Life dalam menghadirkan solusi asuransi berbasis syariah yang terjangkau dan memberi manfaat lebih bagi masyarakat,” kata Elin seperti dikutip dalam keterangannya, kemarin.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, potensi industri keuangan berbasis syariah di Indonesia masih sangat besar. Sayangnya berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) indeks literasi keuangan syariah pada 2016 baru mencapai angka 8,16%. Meski demikian, data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menunjukkan peningkatan penetrasi asuransi jiwa syariah selama 2018, meski masih di bawah 5%. Artinya, potensi industri asuransi syariah untuk bertumbuh dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa masih sangat besar. Untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi keuangan syariah di tanah air, Sun Life berkolaborasi dengan Bank Muamalat dalam menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau produk asuransi syariah melalui jalur distribusi bancassurance.

Menyambut baik kerja sama strategis dengan Sun Life, Chief Executive Officer PT Bank Muamalat Indonesia Achmad Kusna Permana menyatakan kemitraan bancassurance dengan Sun Life memperkuat komitmen dalam menghadirkan pilihan layanan dan produk keuangan berbasis syariah terbaik bagi para nasabah.

“Menggabungkan jangkauan nasabah Bank Muamalat yang tersebar di seluruh Indonesia dengan keunggulan Sun Life sebagai pionir bagi industri asuransi syariah tanah air, kami percaya melalui kerja sama ini semakin banyak masyarakat di Indonesia yang dapat meraih berbagai manfaat dan keunggulan yang ditawarkan produk asuransi perbankan berbasis syariah,” ucapnya.

Menggabungkan keunggulan dari Sun Life dan Bank Muamalat Indonesia, layanan kerja sama bancassurance akan hadir memberikan solusi perencanaan keuangan berbasis syariah melalui jalur distribusi yang paling sesuai dengan kebutuhan Nasabah. Kerja sama ini mencakup di antaranya, penempatan Tenaga Pemasar Asuransi Sun Life di cabang-cabang Bank Muamalat Indonesia (in-branch), Telemarketing, serta melalui e-banking. Produk-produk yang dipasarkan termasuk Single Premium Unit Link, Regular Premium Unit Link, Term Life serta Micro Insurance yang akan dipasarkan melalui distribusi e-banking.

Untuk tahap awal kerja sama ini, dalam waktu dekat Sun Life akan meluncurkan produk unit link yang akan dilengkapi dengan fitur wakaf. Kehadiran produk ini akan menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah, khususnya dalam berwakaf.

“Melalui kemitraan ini, Sun Life berupaya untuk terus mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi masyarakat terhadap manfaat dari asuransi syariah, melalui inovasi produk yang menjawab kebutuhan, serta peningkatan jaringan demi memudahkan masyarakat menjangkau produk syariah kami. Sun Life meyakini, Industri asuransi syariah masih memiliki potensi untuk terus tumbuh, dan berkontribusi lebih kepada kesejahteraan individu dan masyarakat secara luas,” tutup Elin.

BERITA TERKAIT

14 Lembaga Keuangan Kerjasama Dukcapil Manfaatkan Data Kependudukan

    NERACA   Jakarta - Terdapat 14 lembaga keuangan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil…

RUU Pertanahan Tak Sejalan dengan Pemikiran dan Kebijakan Presiden Jokowi

RUU Pertanahan Tak Sejalan dengan Pemikiran dan Kebijakan Presiden Jokowi NERACA Jakarta - Pemerntah dan DPR diingatkan untuk tidak memaksakan…

PP HIMMAH Desak OJK dan BEI Periksa PT Garuda

PP HIMMAH Desak OJK dan BEI Periksa PT Garuda NERACA Jakarta - Aliansi kepemudaan yang menamakan dirinya sebagai Himpunan Mahasiswa…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Bank Mandiri Catatkan Perolehan Laba Rp 13,5 Triliun

  NERACA   Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan perolehan laba konsolidasi tumbuh 11,1% mencapai Rp13,5 triliun, kualitas kredit…

Survei BI : Pertumbuhan Kredit Baru Capai 78,3%

    NERACA   Jakarta - Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) menunjukkan pertumbuhan triwulanan kredit baru meningkat pada triwulan II-2019…

Perbankan Harap BI Turunkan Suku Bunga

    NERACA   Jakarta – Desakan agar Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Reverse…