Ormas Islam Minati Pendirian Koperasi Syariah

NERACA

Jakarta--- Pengurus Pusat (PP) Perhimpunan Al- Irsyad bekerjasama dengan Kementerian Koperasi menggelar pelatihan koperasi syariah yang dilangsungkan di Bogor, Jawa Barat, pada 26 - 29 Maret. "Pelatihan ini untuk menuntaskan visi misi Perhimpunan Al-Irsyad yang fokus pada pendidikan dan dakwah. Kami ingin mendirikan Koperasi Syariah yang sesuai visi misi Perhimpunan Al-Irsyad," ujar Ketua umum PP Perhimpunan Al-Irsyad Yusuf Ustman Baisa di Jakarta, Selasa.

Pelatihan yang diikuti 60 kader organisasi tersebut, diselenggarakan dalam bentuk Training of Trainer (ToT) yang bertujuan untuk membentuk koperasi syariah di seluruh cabang Perhimpunan Al-Irsyad Yusuf opimistis melalui pelatihan ini, berbagai masalah organisasi Islam dapat diatasi. "Masalah kaderisasi, kesenjangan antara anggota tua dan muda, serta alur yang tidak dilewati anggota muda, diharapkan tak akan terjadi di Koperasi Syariah Irsyad,” tandasnya.

Melalui pelatihan tersebut, lanjut dia, para kader Al-Irsyad akan dibekali ilmu koperasi syariah. Koperasi syariah ini sendiri, lanjut dia, akan difungsikan sebagai jaringan dari perusahaan induk yang bertujuan memajukan bisnis Al Irsyad. "Dengan demikian, dengan mudah semua produk Al Irsyad di beberapa daerah dengan mudah dipasarkan secara nasional maupun internasional," tambah dia.

Disinggung mengenai ide pendirian koperasi syariah tersebut, lanjut dia, dirintis sejak 2009 dan kemudian dibahas selama dua tahun. "Alhamdulillah potensi organisasi untuk membangun koperasi menarik minat BNI Syariah yang akan terlibat dalam pembentukan koperasi syariah tersebut," imbuhnya. **cahyo

Related posts