Cokelat Baik untuk Kesehatan

NERACA

Coklat yang mempunyai rasa manis dan gurih ini ternyata banyak penggemarnya. Biasanya para cewek yang menyukai cokelat. Cokelat juga mempunyai berbagai manfaat dan kekurangannya.

Ternyata cokelat justru baik untuk gigi karena cocoanya mengandung zat yang dapat membunuh bakteri penyebab karang gigi. Jika Anda sakit gigi setelah mengonsumsi cokelat, gula di dalamnya lah yang menyebabkannya.

Berikut adalah manfaat cokelat. Banyak ahli menganjurkan agar mengonsumsi cokelat hanya dalam jumlah sedang saja (karena mengandung kalori tinggi), tetapi tak dapat disangkal, cokelat juga memberikan manfaat kesehatan. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa cokelat hitam (dark chocolate) memiliki antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit. Menurut The Shine ada tiga manfaat cokelat, yaitu:

1. Cokelat meningkatkan kemampuan bidang matematika

Sebuah senyawa dalam coklat yang disebut flavonol merupakan antioksidan diperkirakan mampu meningkatkan sirkulasi, termasuk aliran darah ke otak. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa peserta yang minum cokelat dengan flavonol menghitung mundur tiga poin 800-900 lebih cepat daripada mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat.

2. Cokelat memberi rasa kenyang

Para peneliti dari Denmark telah menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat hitam sebelum makan dapat memperoleh kalori 15% lebih sedikit dan tidak tergoda untuk mengkonsumsi makanan berlemak dibandingkan dengan mereka yang tidak makan cokelat.

3. Cokelat meningkatkan mood

Cokelat mengandung phenethylamine, yang memicu pelepasan endorfin. Reaksi ini mirip dengan pengalaman jatuh cinta. Dokter di Inggris menunjukkan bahwa pasangan yang makan cokelat mendapatkan kenikmatan dua kali lebih hebat saat berciuman daripada mereka yang tidak makan cokelat. Alasannya adalah karena cokelat mengandung gula dan kafein yang menghasilkan kalori yang tahan lama.

Related posts