Perjalanan Nyaman dengan Asuransi

Hendak mengunjungi Taman “The Window of The World" maupun wisata lain di seluruh dunia atau Indonesia? Tentunya ada perlu kesiapan matang mulai dari dana, mental dan fisik, serta kebutuhan lainnya.

Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa di dalam perjalanan wisata tersebut tiba-tiba pesawat delay, mengalami kecelakaan, atau Anda sakit parah saat berlibur? Ketambahan, biaya yang harus Anda keluarkan jika Anda berobat di rumah sakit luar negeri maupun domestik yang biayanya tidak sedikit. Ini merupakan beberapa kasus yang ada dalam perjalanan rekreasi yang tentunya sangat tidak diinginkan tetapi bisa saja menimpa semua orang.

Karena itulah, Anda perlu yang namanya asuransi perjalanan atau Travel Insurance. Tentu saja bukan sembarang asuransi sebab asuransi ini yang akan mengganti semua hal yang tidak diinginkan tadi. Seperti Chartis Insurance, contohnya. Perusahaan ini telah menangani banyak customer di seluruh dunia termasuk mereka yang mengalami kejadian yang tak mengenakkan.

Dalam acara Astindo International Travel Fair 2012 yang baru-baru ini dilaksanakan di Jakarta, Chartis memperkenalkan Asuransi Travel yang berbeda dari asuransi yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan maupun perusahaan transportasi lainnya. “Chartis akan mengganti seluruh biaya yang terjadi pada perjalanan Anda seperti delay pesawat, biaya rumah sakit jika Anda terkena sakit di suatu daerah atau negara. Tak hanya itu, biaya tersebut juga termasuk biaya evakuasi, biaya penerbangan balik ke kota asal dan sebagainya. Chartis juga terintegrasi di 5 wilayah dunia kecuali Antartika. Jadi di manapun Anda, cukup menelepon layanan Chartis yang bisa diakses di semua tempat bahkan tempat terpencil atau di tengah hutan sekalipun,” jelas Ari Yunior, Assistant Vice President Travel Insurance Business Unit Accident and Health PT Chartis Insurance Indonesia.

Ari menambahkan, kesadaran masyarakat terhadap asuransi perjalanan memang masih kurang. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan kesadaran terhadap masyarakat untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi mengenai kesadaran asuransi perjalanan.

“Selama ini masyarakat hanya mengenal personal accident dalam produk asuransi perjalanan. Padahal Chartis Indonesia memiliki tiga produk dalam asuransi perjalanan. Pertama, personal accident. Kedua, medical treatment bagi nasabah yang sedang bepergian. Ketiga, travel incumbent seperti penerbangan yang telat, kehilangan koper, dan pembatalan perjalanan.

"Klaim tersebut akan diberikan bagi keterlambatan penerbangan selama 12 jam. Selain itu, pihaknya akan mengklaim nasabah yang mendapatkan penyakit apa saja yang belum diderita. Adapun klaim reimbursement, ada yang dilakukan setelah kembali di Indonesia untuk penerbangan yang telat dan baggage telat," ujarnya panjang lebar.

Walaupun jumlah penumpang maskapai penerbangan di Indonesia terus meningkat baik untuk penerbangan domestik maupun internasional, tapi tidak banyak yang mengetahui keuntungan dari manfaat perlindungan asuransi perjalanan. Data dari Biro Pusat Statistik (BPS) menunjukkan adanya kenaikan jumlah penumpang pesawat terbang di Indonesia sebesar 17% dari 53,3 juta pada 2010 menjadi 62,3 juta pada 2011. “Namun, meski jumlah penumpang naik tetapi rasio asuransi perjalanan untuk internasional sebesar hanya 5%-10% dan domestik bahkan kurang dari itu,” tutur Ari lagi.

Ari mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan 200 travel agent dari Medan hingga Makassar untuk memasarkan produk asuransi perjalanan. Selain itu, perseroan juga telah bekerjasama dengan penerbangan domestik yaitu Lion Air dan maskapai internasional Jet Star Value Air. Selain itu, Chartis juga melakukan distribusi produk tersebut dengan agen penjual asuransinya. Untuk meningkatkan pelayanan, perseroan juga menyediakan Travel Guard Alarm Center yang beroperasi 24 jam untuk membantu para pemegang polis Chartis dalam keadaan darurat di manapun mereka berada.

Dan untuk pelayanan professional ini, Chartis hanya mengenakan biaya mulai Rp 30.000 untuk travel domestik dan mulai USD 5 untuk travel ke luar negeri! Wow! Biaya yang murah untuk rasa aman dan nyaman dalam perjalanan wisata Anda. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Related posts