Kembangkan Usaha, Hero Gandeng Waralaba Swedia

Neraca

Jakarta - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) berencana mengembangkan Inter Ikea System B.V (IKEA), perusahaan peralatan rumah tangga dan furnitur asal Swedia, di Tanah Air. "Kami telah menandatangani perjanjian pengembangan waralaba dengan IKEA pada 22 Maret 2012," kata Direktur HERO Lai Saye Cuan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (26/3).

Kata Lai, nantinya HERO mendapatkan hak istimewa untuk membuka dan mengoperasikan toko-toko IKEA di wilayah Indonesia. Selain itu, HERO juga diwajibkan untuk mendirikan toko-toko IKEA dalam jumlah yang telah disepakati dan di lokasi-lokasi sesuai dengan standar yang telah diimplementasikan IKEA. "Pengembangan jaringan toko ini akan dimulai pada 2014 hingga 2021 mendatang," tambahnya.

Setelah berakhirnya periode pengembangan tersebut, HERO akan meningkatkan jumlah toko yang akan didirikan. IKEA merupakan perusahaan yang memiliki dan mengembangkan waralaba internasional untuk penjualan eceran mebel, perabotan, dan produk dekorasi interior yang didesain oleh IKEA asal Swedia.

Sepanjang 2011, HERO berhasil mencatat kenaikan laba bersih 23 persen menjadi Rp274 miliar, yang ditopang oleh kenaikan penjualan 17 persen atau sebesar Rp8,952 triliun. HERO telah membuka 61 gerai baru termasuk dua "hypermarket" dan 14 "supermarket". Lima dikonversi menjadi Giant Supermarket dan enam Hero Supermarket yang mengalami perbaikan telah memberikan hasil bagi perseroan.

Saat ini, perusahaan ritel ini mengoperasikan 39 gerai Giant Hypermarket, 131 gerai Hero Supermarket dan Giant Supermarket, 231 gerai kesehatan dan kecantikan Guardian serta 132 gerai Starmart "convenience store". (bani)

Related posts