Shenzhen Pesona Baru China

NERACA

Apabila dibandingkan dengan kota-kota lain di China, Shenzhen baru dikenal beberapa tahun terakhir sebagai surga belanja maupun tempat wisata bagi wisatawan asing maupun lokal. Bagi anda yang gila belanja, anda dapat berbelanja dengan puas di pusat perbelanjaan “Luohu”.

Dengan harga bersaing dan didukung dengan barang yang beraneka ragam yang ditawarkan, dari mulai baju, tas, sepatu, barang-barang elektronik, bahkan souvenir khas China pun dapat anda temukan disini. Toko-toko disini tutup pada jam 23:00 waktu setempat dan barang apa saja ada, lho! Benar-benar surga belanja!

Tak jauh dari “Luohu” anda dengan mudah akan dapat menemukan hotel dengan fasilitas bintang lima, salah satunya adalah “Best Western Felicity”, hotel ini memiliki fasilitas bintang lima, dan pelayananan yang memuaskan, serta makanan yang sesuai dengan selera pendatang, banyak dipilih oleh wisatawan asia terutama dari Indonesia. Jika anda ada waktu berkunjung ke Shenzhen, pilihan pertama buat city tour anda bisa melihat “Shenzhen Xingyu Mineral Museum” yang di dalamnya terdapat koleksi Jade atau batu-batu giok.

Anda bisa mendapatkan guide untuk membimbing Anda dalam melihat-lihat dan memberikan tips untuk membedakan mana jade yang bagus kualitasnya dan mana yang tiruan. Sementara itu, di belakang museum ini kita juga bisa membeli cindera mata berupa moonstone dan berbagai bentuk jade dengan dilengkapi sertifikat sebagai tanda keaslian. Terdapat juga berbagai macam kerajinan jade, dari hiasan rumah maupun yang sudah berbentuk aksesoris seperti kalung, gelang atau cincin.

Di sini anda juga dapat mencicipi lychee tea, yaitu teh khas Shenzhen yang sudah manis walau tidak diberi gula karena rasanya terdapat campuran buah leci. Setelah berkeliling melihat Jade, Anda dapat melanjutkan melihat satu tempat wisata yang sangat luas bernama “Window Of The World” dengan biaya masuknya adalah 20 yuan.

“Window of The World” kini menjadi daya tarik utama Kota Shenzhen. Di sini kita dapat berkeliling naik kereta monorail dengan tambahan membayar 10 yuan per orang, atau Anda dapat berjalan-jalan berkeliling melihat tempat wisata dari seluruh dunia dalam bentuk miniature.

Replika keajaiban dan icon kota dunia ada di taman ini. Mulai dari Menara Eiffel (Paris-Perancis), Menara Pisa (Italia), Windmolen (Belanda), Taman Tokyo lengkap dengan gunung Fuji (Jepang), Air Terjun Niagara (Amerika), bangunan-bangunan Astec dan Inca kuno, bahkan miniatur Candi Borobudur dari Indonesia ada di sini dalam bentuk yang nyaris sempurna. Jelas tidak rugi jika Anda berkunjung dan berfoto di sini. Serasa berkeliling dunia dalam sehari.

Setelah puas mengitari kompleks “The Window of The World”, anda bisa juga mengunjungi “Splendid China”, yaitu miniature China tiongkok. Dengan luas 86 Hektar, berbagai macam adat China, beserta bangunan khasnya, termasuk tembok besar China bisa kita lihat secara mini di sini. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan tempat makan yang terjangkau dan tempat duduk untuk beristirahat, beberapa kios souvenir dan jajanan khas China.

Di “Splendid Chin”a kita dapat menonton banyak pertunjukan kecil dari masing masing provinsinya. Terdapat juga beberapa show besar, yang pertama adalah pertunjukan ketangkasan kuda dimana para pengendaranya memakai kostum China kuno lengkap dengan senjata jaman perang.Setelah pertunjukan kuda yang sangat memukau, kita dapat melihat Impressions theater, di dalamnya pertunjukan yang berjalan selama 1 jam ini, dapat dilihat tari-tarian dari segala penjuru provinsi china tiongkok yang dibagi menjadi beberapa segmen.

Penarinya sangat profesional dengan kostum yang mewah dan anggun. Sayangnya, para turis tidak dapat mengambil gambar selama pertunjukan berlangsung. Hal ini untuk menjaga agar kesenian China serta ide kolosal pertunjukan tidak ditiru atau diklaim oleh negara lain. Mengesankan. Seharusnya Indonesia dapat belajar dari China mengenai perlindungan kesenian dan kebudayaannya.

Taman Angry Bird

Siapa tak mengenal Angry Birds? Sebuah tokoh kartun virtual yang terwujud dalam bentuk games online ternyata ada komunitasnya dan bisa Anda temukan di Shenzhen, tepatnya di Taman “Window Of The World”. Taman Angry Birds ini merupakan salah satu yang menjadi andalan “The Window of The World”.

Bila Anda penggemar Angry Birds yang menginginkan tantangan lebih dari sekadar mengetapel sekumpulan babi hijau secara virtual, maka taman ini menjadi tempat yang cocok untuk Anda. Di sini terdapat sebuah wahana bernama Versi Asli Angry Birds (The Real Version of Angry Birds) yang membawa keasyikan bermaingame populer ini ke dunia nyata.

Dibekali peluru berupa boneka burung-burung ikon Angry Birds dan ketapel raksasa, pemain ditugaskan untuk mengetapel sasaran, yaitu babi hijau yang terlindung di balik papan-papan berukuran jumbo yang disusun persis seperti dalamgame. Permainan yang dibuka pada awal September ini cukup diminati pengunjung dan disebut-sebut dapat mengurangi stres pemainnya.

Masalahnya, pengelola taman bermain ini ternyata belum meminta izin pada Rovio, pembuatgame terkenal ini. Bahkan, Rovio mengaku baru mengetahui adanya taman bermain ini dari pemberitaan media.

Namun, Rovio ternyata tidak seperti karakter burung dalamgame buatan mereka yang murka karena telurnya dicuri. Perusahaan ini tidak mengambil langkah hukum, bahkan berupaya berpartner dengan taman bermain ini.

Dari ide taman “ilegal” ini, Rovio malah terinspirasi untuk mengembangkan taman serupa di seluruh dunia, mulai dari Inggris, Finlandia, Amerika dan lain-lain. Taman ini tentu saja pas bagi Anda yang ingin berkunjung bersama keluarga dan anak-anak.

Related posts