Unilever Perkuat Kanal Distribusi Digital

Pacu pertumbuhan penjualan dengan memanfaatkan boomingnya tren masyarakat belanja online, mendorong PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) untuk memperluas kanal distribusi melalui kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk e-commerce di Indonesia.

Direktur Customer Development UNVR, Enny Hartati Sampurno mengatakan, saat ini UNVR memiliki official store di 15 kanal e-commerce seperti, Tokopedia dan Shopee. Ke depan Enny melihat, digitalisasi pemasaran ini setidaknya bisa membuat operasional lebih efisien. "Selaine-commerce sebetulnya, banyak teknologi yang memungkinkan toko untuk order langsung, tujuannya untuk menurunkan cost,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Enny bilang, Unilever sudah melakukan beberapa pilot projectuntuk menghemat. Bahkan Unilever tak segan-segan untuk berinvestasi di bidang ini. "Ya kami investasi di digital sales di berbagai macam titik," tutur Enny. Tapi, dia tidak menyebutkan berapa nilai investasi itu.

Disampaikannya, investasi untuk memperkuat kanal disitubusi digital diambil dari belanja modal yang dialokasikan perseroan tahun ini sebesar Rp 1,3 triliun. Namun sayangnya, dia belum menyebutkan angka tersebut. Analis OCBC Sekuritas, Isfhan Helmy dan Liga Maradona meyakini UNVR dapat mempertahankan pertumbuhan pendapatan pada tahun ini, meski pendapatan kuartal I/2019 turun karena absennya bisnis spreads.

Perkiraan ini seiring dengan strategi transformasi dan digital untuk menyasar pasar yang tepat dari rilis produk baru di segmen home and personal care (HPC) dan kemungkinan akuisisi bisnis makanan untuk meningkatkan kinerja segmen food and refreshement.

Pada kuartal I/2019, penjualan bersih di segmen food and refreshement mencapai Rp3,20 triliun. Perolehan ini lebih rendah dibandingkan dengan penjualan food and refreshement di kuartal I/2018 sebesar Rp3,47 triliun.Penjualan di segmen food and refreshement berkontribusi 29,77% terhadap penjualan bersih pada kuartal I/2019. Adapun, sisanya berasal dari segmen home and personal care.

BERITA TERKAIT

Pintar Nusantara Terbitkan MTN US$ 40 Juta

Guna mendanai pengembangan bisnisnya, perusahaan investasi yang memiliki spesialisasi di industri satelit telekomunikasi PT Pintar Nusantara Sejahtera menerbitkan surat utang…

Convivial Navigation Investor Baru PSSI

Setelah merampungkan aksi korporasi berupa pelaksanaan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement, PT Pelita…

Sritex Tetapkan Kupon Obligasi 7,25%

Emiten tekstil dan garmen terintegrasi, PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex menawarkan tingkat kupon obligasi sebesar 7,25% per…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Percepat Dokumentasi Kredit - Bank BTN Luncurkan Web e-Mitra Operation

Dalam rangka meningkatkan kualitas kredit dan layanan kepada debitur, khususnya debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR), PT Bank Tabungan Negara (Persero)…

Lagi, BUMI Bayar Cicilan Utang US$ 31,8 Juta

NERACA Jakarta – Pangkas beban utang untuk menjaga pertumbuhan bisnis dan kesehatan keuangan, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) membayar cicilan…

Targetkan Penjualan Rp 400 Miliar - Itama Ranoraya Perkuat Jaringan di Enam Kota

NERACA Jakarta – Keputusan pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap kinerja keuangan PT Itama Ranoraya…