DIVA Siapkan Belanja Modal Rp150 Miliar - Targetkan Jangkau 100 Ribu UMKM

NERACA

Jakarta – Penetrasi pasar guna mendongkrak penjualan, PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) akan menjangkau lebih banyak lagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tahun ini, perseroan menargetkan bisa menjangkau 100.000 UMKM sebagai mitra bisnisnya dna di kuartal pertama DIVA memiliki 21.301 mitra UMKM.

Maka untuk memenuhi ekspansi bisnis tersebut, perseroan mengalokasikan belanja modal tahun ini sebesar Rp 150 miliar. Direktur DIVA, Dian Kurniadi Suhardjo mengatakan, dana tersebut bersumber dari penwaran umum perdana saham perdana atau initial public offering (IPO) yang dilaksanakan November 2018 lalu. Dari IPO ini, DIVA memperoleh dana segar sebanyak Rp 632,14 miliar.

Dijelaskannya, capex tahun ini akan digunakan untuk meningkatkan teknologi informasi DIVA, membangun infrastruktur pendukung, dan menyediakan perangkat keras teknologi untuk menampung peningkatan trafik transaksi. “Super-platform instant messaging dibuthkan karena UMKM tambah banyak. Mereka akan banyak transaksi jadi kami tingkatin server,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Untuk mencapai target jumlah UMKM tahun ini, DIVA juga akan bekerja sama dengan perusahaan penyedian PoS Pawoon. Sementara Direktur DIVA Stanley Tjiandra menambahkan, proses kerja sama ini sudah mencapai tahap akhir berupa finalisasi legal dan negosiasi harga final. Ia berharap kerja sama ini bakal diumumkan satu hingga dua bulan ke depan.

Menurut Stanley, kerja sama ini memungkinkan DIVA menjangkau UMKM yang lebih luas. Alasannya, Pawoon telah memiliki sekitar 100.000 UMKM sebagai mitranya. “Mereka kan udah punya teknologi, pelanggan, database, dan infrastuktur. Di sisi lain, UMKM mitra kami yang butuh sistem Pawoon itu bisa pakai teknologi itu,” kata dia.

Perusahaan ini juga akan bekerja sama dengan Telkomsel untuk menjangkau M-Kios yang mencapai 30.000. Kerja sama ini berjalan mulai Maret lalu. Kerja sama ini memungkin DIVA bisa mengkonversi agen-agen M-Kios Telkomsel tersebut untuk menggunakan teknologi DIVA. Asal tahu saja, perseroan tahun ini menargetkan pertumbuhan dua digit, baik dari segi pendapatan maupun laba bersih.

Tercatat per 2018, pendapatan DIVA menurun 12,87% secara tahunan menjadi Rp 1,49 triliun dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai Rp 1,71 triliun. Sementara itu, laba bersih DIVA meningkat 4,5 kali lipat menjadi Rp 9,84 miliar dari Rp 2,17 miliar.

BERITA TERKAIT

Telkomsel Siapkan Inovasi Teknologi 5G

Berambisi menjadi terdepan di industry telekomunikasi, Telkomsel berkomitmen untuk terus melakukan transformasi digital dengan mengembangkan inovasi teknologi 5G di Indonesia.…

Jaksa Agung Siapkan Jaksa Terbaik Ikuti Seleksi Capim KPK

Jaksa Agung Siapkan Jaksa Terbaik Ikuti Seleksi Capim KPK NERACA Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo menyiapkan jaksa-jaksa terbaik untuk…

Mayora Targetkan Penjualan Tumbuh 11,1%

Masih terjaganya daya terjaganya daya beli masyarakat menjadi optimisme pelaku industri makanan dan minuman (mamin) dan consumer goods bila tahun…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pendapatan Urban Jakarta Tumbuh 195%

Kuartal pertama 2019, PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN) mencatatkan pendapatan Rp117,9 miliar atau naik 195% dibanding priode yang sama…

HOKI Taksir Penjualan Semester I Tumbuh 15%

NERACA Jakarta – Meskipun mencatatkan penurunan laba bersih di kuartal pertama 2019 karena telat panen, emiten produsen beras kemasan PT…

Siapkan Capex Rp 28 Miliar - Bali United Bidik Laba Operasi Rp 10 Miliar

NERACA Jakarta – Menjadi klub sepakbola pertama di Asean yang sahamnya tercatat di pasar modal, PT Bali Bintang Sejahtera Tbk…