Pefindo Sematkan Indosat Peringkat AA+

PT Indosat Tbk (ISAT) kantongi peringkat idAA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Pefindo menatapkan peringkat tersebut berdasarkan Obligasi 2002, Obligasi V 2007, Obligasi VI 2008, dan Obligasi VII 2009 serta peringkat idAA+ terhadap sukuk ijarah II 2007, Sukuk Ijarah III 2008, dan Sukuk Ijarah IV 2009.

Informasi tersebut disampaikan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (26/3). Maka dengan peringkat AA+ tersebut, dinyatakan stabil. Peringkat mencerminkan dukungan yang kuat dari pemegang saham utama, posisi pasar perusahaan yang stabil, dan kinerja operasional stabil. Namun, peringkat dibatasi oleh struktur pemodalan perusahaan yang agresif dan ketatnya persaingan industri telekomunikasi.

Sebelumnya Pefindo menjelaskan jika penjualan 2.500 menara yang dimiliki Indosat tidak memiliki dampak langsung terhadap peringkat perusahaan dan obligasinya. Tapi, walau hasil kas dari transaksi tersebut akan memperbaiki posisi likuiditas perseroan dan berpotensi mengurangi pinjaman perseroan, transaksi tersebut akan menimbulkan utang sewa pembiayaan baru."Pefindo akan memantau dampak atas utang sewa pembiayaan baru ini terhadap struktur permodalan perseroan," kata Analis Pefindo Niken Indriasih dan Anies Setyaningrum. (bani)

Related posts