Arium Wujudkan Capital Market Modern

NERACA

Arium Securities & Trading Solutions, sebuah layanan berbasis ICT untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis yang kompleks dan didukung oleh integrated solutions sesuai dengan kebutuhan industri keuangan khususnya industri sekuritas di Indonesia

Telkomsigma sebagai sebuah perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia berkolaborasi dengan LG CNS dari Korea guna menjawab berbagai kendala yang dihadapi oleh perusahaan sekuritas di Indonesia.

Presiden Direktur PT. Sigma Cipta Caraka Rizkan Chandra mengatakan, sebagai mitra teknologi bagi industri keuangan, telkomsigma hadirkan layanan Arium yang simple, fleksibel dan user friendly dan telah disesuaikan dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Melalui pengalaman telkomsigma, kata dia, selama lebih dari dua dekade di industri sekuritas berbasis ICT, Telkomsigma memahami kecenderungan dan kebutuhan industri yang menggeliat semakin cepat. "Melalui Arium diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis sekuritas dalam mewujudkan capital market masa depan yang modern, efektif, fleksibel dan efisien," kata Rizkan.

Direktur IT Solution & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo menyambut baik layanan yang sangat diperlukan oleh industri sekuritas di Indonesia tersebut. Menurut dia, kehadiran Arium menjadi penting karena industri sekuritas merupakan bisnis yang menuntut kecepatan serta keakuratan dalam melakukan prediksi dan analisis pasar. “Arium merupakan solusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis yang kompleks dan didukung oleh integrated solutions tepat-guna sesuai dengan kebutuhan industri keuangan khususnya industri sekuritas di Indonesia,” katanya.

Selain dalam aktivitas operasionalnya, menurut Indra, pelaku industri keuangan harus berinteraksi dengan berbagai pihak, di antaranya nasabah dan institusi yang terdiri dari Bursa Efek Indonesia (BEI), PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan payment bank. “Kompleksitas dalam menyelenggarakan transaksi tersebut, menjadikan teknologi informasi dan komunikasi menjadi faktor yang tidak bisa dilepaskan dari alur bisnis keuangan yang kompleks,” tambah Indra.

Untuk Sekuritas

Arium merupakan solusi berbasis ICT yang dirancang khusus untuk para pelaku dan pemain di industri sekuritas, yang selanjutnya akan dikembangkan secara bertahap dengan tujuan mendukung pertumbuhan bisnis capital market. Solusi terintegasi yang dilengkapi dengan berbagai modul dan fitur yang memungkinkan perusahaan sekuritas untuk terhubung dengan berbagai pihak yang terlibat dalam sebuah transaksi efek. Sehingga aplikasi yang terintegrasi ini meminimalisasi terjadinya keterlambatan pemrosesan transaksi.

End to end solutions ini terdiri dari front-end hingga back-end system yang akan mendukung aktivitas operasional perusahaan secara keseluruhan serta dilengkapi dengan solusi online trading yang sedang tren saat ini. Solusi ini juga telah lengkap dengan modul akuntansi, financing, trading, risk management serta Executive Information System (EIS) yang memungkinkan perusahaan mengelola data menjadi informasi yang dibutuhkan yang akan disajikan dalam berbagai laporan yang sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh regulator.

Kekhawatiran investasi information technology (IT) yang besar juga dapat dieliminasi melalui pilihan model investasi dalam mengimplementasikan Arium ini. Model yang disediakan oleh telkomsigma, yaitu on premise concept yang merupakan model investasi IT dimana perusahaan akan menjadi pemilik lisensi bagi aplikasi yang dibangun sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis perusahaannya, dan software as a services (SaaS), yaitu cloud computing services model yang merupakan model investasi IT yang menerapkan konsep sharing dengan faktor keamanan data tetap terjaga.

Penerapan Arium oleh sebuah perusahaan sekuritas akan memungkinkankan perusahaan tersebut lebih fokus mengelola bisnis, mengembangkan produk secara berkelanjutan serta memungkinkan perusahaan lebih memikirkan hal-hal strategis untuk menjadi pemenang pada kompetisi industri yang semakin ketat.

Related posts