Rumah Nelayan Indonesia - Berdayakan Ekonomi Nelayan Lewat Digital

Mempermudah masyarakat, khususnya para nelayanan dalam mengakses layanan perbankan menjadi komitmen besar PT Bank Negara Indonesia (Perseroa) Tbk. Menggandeng kerjasama Aruna, salah satu start up yang bergerak di bidang perikanan berbasis platform digital, BNI mewujudkan mimpi para nelayan agar dapat lebih mudah mengakses layanan perbankan secara digital dengan Rumah Nelayan di Indonesia.

Salah satunya adalah nelayan Kampung Baru, Balikpapan menyambut baik hadirnya Rumah Nelayan Indonesia di daerahnya. Kedepan, BNI akan secara agresif memperluas kehadiran Rumah Nelayan di sentra-sentra nelayan rakyat Indonesia. Direktur Bisnis UMKM dan Jaringan BNI, Catur Budi Harto dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, Rumah Nelayan Indonesia adalah suatu wadah dimana para nelayan dapat melakukan transaksi jual beli hasil tangkapan dan barang kebutuhan melaut secara digital melalui aplikasi Rumah Nelayan Indonesia “Dengan memanfaatkan layanan perbankan secara end-to-end dari BNI. Di Rumah Nelayan Indonesia, para nelayan dapat mengakses segala layanan perbankan terutama untuk pembiayaan usaha. Terdapat pula pemrosesan secara sederhana di mini processing unit untuk meningkatkan nilai jual dari hasil tangkapan nelayan,”ungkapnya.

Dirinya menuturkan, inisiasi Rumah Nelayan Indonesia dilatarbelakangi oleh belum adanya ekosistem berbasis digital yang dapat membantu nelayan meningkatkan taraf hidup dan produktivitasnya. Rumah Nelayan Indonesia diharapkan dapat membantu nelayan mulai dari kemudahan mencari ikan, menyediakan mini processing unit dan market place penjualan hasil dan kebutuhan melaut, serta memberikan pendampingan pada nelayan.

Menurutnya, peran BNI pada gerakan ini dimaksudkan untuk memastikan agar para nelayan mendapatkan akses pembiayaan yang murah, mudah, disertai pendampingan kepada nelayan melalui penambahan fungsi Agen46 pada rumah nelayan Indonesia. Setelah kembali dari melaut, nelayan dipastikan akan mendapatkan pembeli siaga atau offtaker dimana Rumah Nelayan Indonesia dapat menghubungkan nelayan dengan pembeli.

Inisiasi Rumah Nelayan Indonesia, lanjut Catur Budi Hartono, merupakan wujud kontribusi BNI untuk mensejahterakan nelayan, melalui penyediaan akses permodalan yang mudah dan murah di sektor kemaritiman. Gerakan ini diharapkan menjadi salah satu penopang program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas nelayan, pemerataan pendapatan, dan pengentasan kemiskinan. “BNI akan tetap terus mensukseskan pembangunan perekonomian Indonesia dan menyalurkan pembiayaan bagi segenap nelayan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, BNI memberikan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa sarana pengolahan ikan kepada Rumah Nelayan Indonesia, penyerahan sembako kepada nelayan dan warga sekitar, dan bantuan perbaikan masjid di area Kampung Baru, Balikpapan. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada nelayan, KUR tersebut menambah portofolio penyaluran KUR BNI tahun 2019, dimana hingga 30 April 2019 KUR yang disalurkan BNI mencapai Rp 6,46 triliun yang menyentuh 73.547 penerima KUR di seluruh Indonesia.

BERITA TERKAIT

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…