Tancapkan Tonggak Sejarah dalam Densitas Penyimpanan Hard Drive - Seagate

Seagate, pemimpin pasar dalam penyediaan solusi hard disk drive di dunia, telah menjadi pembuat hard drive pertama yang membuat tonggak sejarah dalam hal densitas penyimpanan data sebesar 1 terabit (1 biliun bit) per inci persegi, menghasilkan sebuah demonstrasi teknologi yang bisa melipatgandakan kapasitas penyimpanan pada hard drive nantinya. Teknologi ini akan dimunculkan pada akhir dasawarsa, dan akan memunculkan hard drive ukuran 3.5 inci yang mempunyai kapasitas luar biasa hingga 60 Terabyte dalam 10 tahun ke depan. Jumlah bit per inci persegi nya sekarang ini, jauh melampaui jumlah bintang di galaksi Bima Sakti, yang mana para ahli astronomi perkirakan mencapai jumlah antara 200 miliar dan 400 miliar.

Seagate mencapai densitas data ini dengan menggunakan Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR), sebuah teknologi perekaman data generasi lanjut. Teknologi hard drive yang ada sekarang, yaitu Perpendicular Magnetic Recording (PMR), digunakan untuk merekam spektrum untuk data digital dari musik, foto, dan video yang disimpan di home desktop serta laptop dan PC, sampai informasi bisnis yang tersimpan di pusat data yang kian menjamur – dalam piringan yang ada di dalam setiap hard drive.

Teknologi PMR diperkenalkan pada tahun 2006 untuk menggantikan perekaman longitudinal, sebuah metode yang telah diterapkan sejak dipopulerkannya penggunaan hard drive sebagai media penyimpanan untuk komputer pada tahun 1956 dan diharapkan untuk mencapai batas kapasitasnya yaitu 1 terabit per inci persegi pada beberapa tahun ke depan.

“Pertumbuhan social media, mesin pencarian digital, komputasi awan, rich media dan aplikasi-aplikasi lain yang menyedot data, terus membutuhkan kapasitas penyimpanan yang kebih besar,” kata Mark Re, wakil direktur utama senior dari Heads and Media Research and Development Seagate. “Inovasi hard disk sejenis HAMR akan menjadi kunci pembuka makin berkembangnya jumlah aplikasi-aplikasi yang menyedot data di masa depan, memperluas cara penggunaan, pengelolaan, dan penyimpanan konten-konten digital oleh pebisnis dan konsumen.”

Produsen hard drive meningkatkan densitas areal dan kapasitas dengan memperkecil bit data pada platter untuk memuat lebih banyak data ke dalam disk space per-inci persegi nya. Mereka juga memadatkan track data, lingkaran konsentris yang tertera di permukaan disk yang mengokohkan bit-bitnya. Kunci dimungkinkannya peningkatan densitas adalah mengerjakan kedua hal tanpa mengganggu magnetasi bit, sebuah fenomena yang bisa merusak data apabila tidak ditangani dengan baik. Menggunakan teknologi HAMR, Seagate telah mencapai densitas bit linear pada jumlah sekitar 2 juta bit per inci – 55 persen lebih tinggi dari areal densitas maksimal yang kini banyak ditemui, dan masih terbatas pada 620 gigabit per inci persegi.

Kapasitas maksimum hard drive 3.5 saat ini adalah 3 Terabyte (TB), pada kepadatan 620 gigabit per inci perseginya, sementara drive 2.5 inci mentok pada angka 750 Gigabyte (GB), atau sekitar 500 gigabit per inci persegi. Generasi pertama drive HAMR, di angka melebihi 1 terabit per inci persegi, akan mencapai angka dua kali dari kapasitas tersebut – hingga 6TB untuk drive 3,5 inci dan 2TB untuk model 2,5-inci. Teknologi ini menawarkan jangkauan pertumbuhan kapasitas yang belum pernah terwujud sebelumnya, dengan jangkauan batas areal densitas teoretis dari 5 hingga 10 terabit per inci perseginya – 30TB hingga 60TB untuk drive 3,5 inci dan 10 TB hingga 20TB untuk drive 2.5 inci.

Related posts