Eksplorasi Khazanah Cirebon dan Kuningan

Sebagai orang yang akrab dengan iklim pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura), memilih tempat berlibur di kawasan yang nyaris serupa nampaknya akan terdengar cukup aneh. Tapi saya tipe turis yang sama sekali tidak peduli dengan anggapan tersebut.

Ada dua hal yang menjadi alasan saya untuk memilih Cirebon sebagai destinasi akhir pekan kemarin; kota ini kaya akan sejarah dan budaya. Kekayaan itu nampaknya cukup bisa diwakili lewat sejarah yang dirangkum dalam Babad Cirebon dikutip dari CNN Indonesia.com.

Meskipun kota ini sangat kecil jika dibandingkan Jakarta, namun peradaban yang membentuk kawasan ini terbilang cukup tua. Hal itu bisa dilihat dari keberadaan tiga keraton di area kota Cirebon.Untuk menuju tempat kelahiran Batik Mega Mendung ini juga tidak perlu waktu lama. Hanya perlu waktu tiga jam jika naik kereta dari Stasiun Gambir dan mungkin perlu menambah waktu beberapa jam lagi jika ingin menggunakan moda transportasi lainnya.

Nasi Lengko

Salah satu yang membuat saya rindu dengan Cirebon adalah Nasi Lengko. Makanan ini mengingatkan saya ke masa-masa kuliah. Meskipun tidak menempuh pendidikan di Cirebon, namun makanan khas ini kerap menjadi favorit saya. Sebenarnya Nasi Lengko tidak terlalu menarik jika dilihat ditinjau dari aspek estetik. Sekilas makanan ini mirip dengan ketoprak namun ketupatnya diganti nasi dan tidak menggunakan bihun, serta lebih kaya 'ornamen' seperti tempe, tahu, timun, tauge, dan daun seledri. Nasi Lengko bisa ditambahkan tambahan sesuai selera. Pagi itu saya memilih telor dadar dan segelas teh tawar hangat agar perut tidak terlalu bekerja keras dalam menikmatinya.

Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi atau yang bernama resmi Taman Sari Gua Sunyaragi adalah tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Konon kompleks gua tersebut dulunya dikelilingi oleh Danau Jati, namun danau tersebut sudah mengering dan berubah menjadi permukiman di dekat Gua Sunyaragi. Perlu waktu yang sekitar 1,5 jam untuk menjelajahi setiap sudut bangunan yang berselimutkan batu karang ini.

Gua-gua buatan yang ada di dalamnya juga terbilang tidak besar, bahkan ada yang buntu dan hanya cukup untuk satu orang saja. Nampaknya memang sebagian besar gua di sini memang hanya untuk bersemedi. Usahakan jangan datang ke tempat ini di atas pukul 09.00, karena cuaca dan mentari Cirebon sangat tidak bersahabat untuk mereka cepat kegerahan.

Pemandian Cibulan

Usai menjelajahi Gua Sunyaragi, saya memutuskan untuk 'minggat' dari Cirebon menuju Kuningan yang hanya berjarak 24 kilometer saja. Alasan saya saya minggat sejenak adalah mencari kesegaran yang tidak mungkin saya dapatkan di kawasan pesisir.

Setelah mengendarai motor sewaan selama sekitar 60 menit, akhirnya saya tiba di Pemandian Cibulan dan langsung menuju lokasi terapi ikan. Perpaduan hawa sejuk, air dingin setinggi betis, dan ikan-ikan pemamah kulit mati adalah hal yang saya rindukan dari Cibulan. 'Ritual' ini cukup dilakukan tiga puluh menit saja sembari menikmati kudapan.

Selain terapi ikan, di kawasan ini juga terdapat tempat yang dipercaya sebagai petilasan Prabu Siliwangi. Namun atraksi utamanya adalah berenang bersama Ikan Dewa atau Kancra (Labeobarbus douronensis) berukuran besar nan jinak yang dikeramatkan oleh warga sekitar.

Konon Ikan Dewa adalah jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk. Tapi bagi saya, cerita tentang Sunan Gunung Jati yang menyebar ikan ini di beberapa tempat di Kuningan terasa lebih manusiawi seiring dengan langkanya ikan yang dimaksud di beberapa area seperti Waduk Darma.

Usai bersantai di Pemandian Cibulan, saya memutuskan untuk menuju Linggarjati. Tempat yang sangat sejuk ini saya pikir cocok untuk mengisi perut yang sudah keroncongan.

Saya sama sekali tidak berharap pada rumah makan besar, namun saat melewati kawasan Taman Wisata Alam Linggarjati mata saya tertuju pada sebuah papan bertuliskan restoran. Karena penasaran saya pun menghampiri, pasalnya dua tahun lalu saya melewati kawasan ini tempat tersebut belum eksis.

Rupanya yang saya kunjungi adalah taman rekreasi keluarga yang cukup lengkap, bernama Ghifari Valley. Untuk mengisi perut yang keroncongan, saya segera pesan nasi beserta kawan-kawannya. Selain rumah makan, tempat ini juga punya lokasi untuk bersenda gurau bersama anak seperti kolam renang, terapi ikan, kandang burung berukuran besar, rumah ala Teletubies, hingga vila.

Keraton Kacirebonan

Usai menyelesaikan santap siang dan berjalan-jalan di Ghiffari Valley, saya segera kembali menuju Cirebon untuk melanjutkan petualangan. Tujuan saya kali ini adalah keraton termuda di Cirebon yakni Kacirebonan. Sebagai keraton termuda, Kacirebonan tidak seluas dua keraton lainnya. Bahkan bangunan utamanya juga tidak megah. Namun koleksi yang ada di keraton Kacirebonan tak kalah menarik untuk diteladani.

Keraton Kasepuhan

Lokasi antara keraton Kacirebonan, Kasepuhan, dan Kanoman tidaklah jauh. Jika menggunakan sepeda motor, hanya perlu waktu 15 menit saja untuk menyambangi ketiganya. Sebagai keraton paling tua, koleksi di tempat ini jelas sangat lebih kaya dan lebih luas. Bahkan bagi yang penasaran dengan benda-benda pusaka, ada sebuah museum yang khusus memamerkan benda pusaka milik keraton.

Keraton Kanoman dan Kota Tua

Dari tiga buah keraton di Cirebon, satu-satunya yang menurut saya auranya kurang menyenangkan bagi saya adalah Kanoman. Aura dalam konteks ini sama sekali tidak terkait dengan unsur mistis, namun alun-alun keraton yang letaknya sangat berdekatan dengan pasar tradisional. Sehingga nuansa kesakralan keraton seakan tidak saya temukan di tempat ini.

Namun bisa jadi Keraton Kanoman adalah tempat yang paling bisa beradaptasi dengan zaman, hal ini terbukti dari keberadaan kawasan kota tua zaman Belanda yang letaknya tidak jauh dari pasar. Saya memutuskan untuk melenyapkan dahaga dengan es campur di kawasan pasar sembari menikmati cairnya suasana.

BERITA TERKAIT

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Travel Tawarkan Private Trip Eksklusif

Liburan ke Jepang Makin Ramai, Howliday Tracel Tawarkan Private Trip Eksklusif NERACA  Jakarta - Organisasi Pariwisata Jepang (JNTO) telah…

The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Powerful Indonesia : Bhinneka Tunggal Ika NERACA Jakarta - The Apurva Kempinski Bali…

Hadir di 4 Wilayah, The Pokemon Company Umumkan Proyek Pikachu's Indonesia Journey NERACA Jakarta - The Pokémon Company, perusahaan…