Lembaga Amil Zakat Layani Umat Berzakat

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah bagi umat Islam. Seluruh umat Islam berlomba-lomba mengerjakan berbagai amalan ibadah di Bulan Ramadhan karena besarnya pahala yang dijanjikan. Salah satu amalan yang biasanya ditingkatkan adalah zakat, infak dan sedekah.

Ketua Panitia Nasional Ramadan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Romidi Karnawan mengatakan selama Ramadhan semangat umat Muslim dalam beribadah biasanya meningkat. Memanfaatkan momentum Ramadhan, Baznas pun berusaha meningkatkan pelayanan digital untuk memudahkan warga muslim berbagi rezeki dengan sesama.

Baznas menjalankan program layanan digital antara lain bekerja sama dengan Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan kitabisa.com.

Selain itu Baznas membuka gerai zakat di pusat-pusat perbelanjaan besar Lippomall di Indonesia, termasuk di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. "Peningkatan pelayanan ini kami lakukan untuk mempermudah masyarakat menunaikan kewajibannya," kata Romidi.

Baznas pun menggelar pawai simpatik untuk menyebarkan semangat berzakat di kalangan warga muslim pada Jumat (3/5) menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Dalam pawai simpatik Tarhib Ramadhan Baznas, para peserta membawa spanduk-spanduk berisi informasi seputar zakat berjalan dari Kantor Baznas di Kebon Sirih menuju Lapangan Monas, Jakarta Pusat. "Zakat, infak, dan sedekah menjadi jalan kita dalam mendapat kebaikan dan keberkahan Ramadhan, bukan hanya karena ibadah bagi muslim yang wajib ditunaikan, tiga hal ini memiliki dampak sosial yang mampu menumbuhkan peradaban," katanya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa Udhi Tri Kurniawan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebagai momentum memperbanyak mengeluarkan zakat, infak dan sedekah melalui Dompet Dhuafa ataupun lembaga amil zakat lainnya.

"Jangan takut berzakat di Bulan Ramadhan, karena Ramadhan adalah bulan syiar zakat," kata Udhi Tri Kurniawan.

Sejumlah program yang digelar Dompet Dhuafa di Bulan Ramadhan tahun ini diantaranya Gerebek Kampung, Parsel Lebaran dan Tebar Zakat Fitrah.

Udhi menyebut, dalam program Gerebek Kampung, pihaknya akan mengunjungi 114 kampung di Indonesia untuk menyalurkan dana zakat yang dikelola Dompet Dhuafa. "Akan didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia. Targetnya lebih dari 100 ribu orang mustahik (penerima zakat) di Bulan Ramadhan ini," katanya.

Pada Bulan Ramadhan 1440 Hijriah, Dompet Dhuafa menargetkan untuk mendistribusikan 50 ribu Parsel Lebaran dan membagikan 50 ribu paket Tebar Zakat Fitrah. Untuk menggaet kaum milenial melalui pasar digital, Dompet Dhuafa pun menyediakan kanal digital BawaBerkah. "Untuk mempermudah donasi, kami ada aplikasinya. Tinggal download, donasi dan konfirmasi," ujarnya menambahkan.

Dompet Dhuafa menargetkan pencapaian penghimpunan dana zakat fitrah sebesar Rp15 miliar pada Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah.

Target ini tujuh kali lipat dari pencapaian dana zakat fitrah yang berhasil dihimpun Dompet Dhuafa pada Ramadhan tahun lalu yang sebesar Rp2 miliar. "Tahun lalu Rp2 miliar untuk zakat fitrah. Tahun ini Rp15 miliar targetnya (zakat fitrah)," kata Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi. (ant)

BERITA TERKAIT

14 Lembaga Keuangan Kerjasama Dukcapil Manfaatkan Data Kependudukan

    NERACA   Jakarta - Terdapat 14 lembaga keuangan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil…

Solusi Ketahanan Pangan Ala Rumah Zakat

    NERACA   Jakarta – Ketahanan pangan masih menjadi tugas pemerintah untuk menjaga agar ketersediaan pangan bagi masyarakat tercukupi.…

Pimpinan KPK Diharapkan Kembalikan Muruah Lembaga - Pakar Hukum

Pimpinan KPK Diharapkan Kembalikan Muruah Lembaga Pakar Hukum NERACA Purwokerto - Pakar hukum pidana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Kering, Meski Cianjur Memiliki Sumber Air

Kesulitan mendapatkan air pada musim kemarau bukan hal baru bagi petani di negeri ini, termasuk di Cianjur, Jawa Barat, yang…

Ini Dia, Misi Konservasi Air di Yogyakarta

Posisi Kota Yogyakarta yang diuntungkan secara topografi karena memiliki wilayah yang tidak luas, berada di dataran rendah, dan diapit tiga…

Mengatasi Kekeringan: - Dengan Upaya Terukur dan Terstruktur

Indonesia merupakan kawasan dengan anomali cuaca yang sangat unik karena pada saat yang bersamaan ada wilayah yang kekeringan, di tempat…