MCAS Cetak Pendapatan Rp 2 Triliun

NERACA

Jakarta – Pencapaian kinerja PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) di kuartal pertama 2019 cukup apik. Pasalnya, perseroan berhasil mengantongi pertumbuhan pendapatan setinggi 68,9% secara year on year menjadi Rp 2 triliun. Komposisi segmen penjualan produk non-digital juga terus meningkat dari 32,6% di kuartal I 2018 menjadi 41,5% di kuartal pertama tahun ini. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Perseroan menjelaskan, portofolio infrastruktur distribusi yang terdiversifikasi memungkinkan perseroan untuk lebih siap dalam meraih peluang bisnis yang lebih besar tahun ini, mengingat penawaran MCAS yang lebih baik kepada mitra komersial dan juga kepada pelanggan. Dengan perolehan pendapatan yang lebih beragam, perseroan juga berhasil meningkatkan marjin kotor dari 3,0% di Januari-Maret 2018 menjadi 3,2% di kuartal I 2019.

Selain itu, perusahaan berhasil membukukan pertumbuhan laba operasional sebesar 79,3% jadi Rp 42,8 miliar. Selain itu, laba bersih juga meningkat 60,3% jadi Rp 35,5 miliar. Di sisi lain, MCAS juga melanjutkan rencana untuk membawa lebih banyak anak usahanya melantai di bursa saham. Kali ini MCAS berencana menjual 25% saham PT Telefast Indonesia di bursa efek pada semester kedua tahun ini.

Telefast akan menyusul dua anak usaha MCAS yang sudah lebih dulu menjadi perusahaan terbuka yakni PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) dan Distribusi Voucher Indonesia Tbk (DIVA). Sebagai informasi, tahun ini MCAS menargetkan pendapatan berkisar Rp 5,1 triliun - Rp 6,3 triliun.

Stanley Tjiandra, Head of Investor Relation MCAS pernah bilang, sejatinya pihaknya berani menargetkan angka tersebut berdasarkan perhitungan yang pernah dilakukan oleh beberapa Sekuritas. Untuk itu dalam mewujudkan mimpinya tersebut perseroan telah menyiapkan capex Rp 120 miliar pada tahun ini. Capex didapat dari dana internal dan sisa dana IPO

Rencananya capex akan dialokasikan untuk pengembangan aplikasi, hardware dan security system guna mengimbangi ekspansi infrastruktur distribusi dan traffic transaksi. Selain itu, capex juga akan digunakan untuk memperluas saluran distribusi. Pada tahun ini pihaknya menargetkan dapat memiliki 60.000 titik saluran distribusi dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 50.000 titik distribusi. "Dalam mengembangkan saluran distribusi, kita tidak berfokus pada satu jenis saluran distribusi saja, namun lewat berbagai macam saluran, beberapa di antaranya adalah agen digital, kios digital, kasir dan aplikasi," kata Stanley.

Saat ini MCAS dan anak usahanya tengah mengembangkan saluran distribusi baru, diantaranya AlfaMikro Application (AMA) bekerjasama dengan Sumber Alfaria Trijaya (AMRT), kemudian melalui anak usahanya NFC Indonesia Tbk (NFCX), MCAS melakukan pengembangan platform bursa pulsa, platform free-streaming media and entertainment OONA dan digital cloud advertising. Semantara melalui anak usaha lainnya, yakni Distribusi Voucher Nusantara (DIVA), MCAS akan meluncurkan platform DIVA Intelligent Instant Messaging dan DIVA Smart Outlet.

BERITA TERKAIT

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

Summarecon Crown Gading - Primadona Properti di Utara Timur Jakarta

Summarecon Crown Gading yang merupakan kawasan terbaru Summarecon yang di Utara Timur Jakarta, kini semakin berkembang. Saat ini sedang berlangsung…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

Summarecon Crown Gading - Primadona Properti di Utara Timur Jakarta

Summarecon Crown Gading yang merupakan kawasan terbaru Summarecon yang di Utara Timur Jakarta, kini semakin berkembang. Saat ini sedang berlangsung…