Land Rover Discovery Dua Liter Bakal Sesuaikan Pasar Indonesia

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai distributor mobil Jaguar dan Land Rover menghadirkan seri terbaru Land Rover Discovery dengan mesin empat silinder 2,0 liter yang mengunggulkan efisiensi bahan bakar dan rendah emisi gas buang sesuai pasar Tanah Air.

"Kami melihat karakter pasar Indonesia yang lebih sesuai dengan mesin dua liter karena menyesuaikan jalanan di sini," kata Direktur Merek Jaguar dan Land Rover Indonesia Jentri Izhar di Jakarta, disalin dari Antara.

Jentri mengatakan Land Rover Discovery baru itu masih punya kemampuan layaknya kendaraan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) karena masih mengusung turbocharger. "Tidak ada perbedaan tampilan pada Discovery dengan mesin dua liter ini. Karakter sebagai kendaraan petualang yang tangguh dengan desain kokoh dan modern tetap ditampilkan," kata Jentri.

Selain mesin, Land Rover Discovery dua liter itu juga mendapat tambahan kapastias tempat duduk berupa kursi kabin yang menampung tujuh penumpang. Kapasitas itu sesuai dengan karakter pasar Indonesia.

"Discovery baru itu mengusung teknologi pelipatan bangku tengah dan bekalang secara otomatis. Pemilik kendaraan dapat mengatur konfigurasi tempat duduk pada baris kedua dan ketiga secara elektrik dengan tombol," katanya.

Namun, Jentri mengaku harga produk yang mencapai Rp2,4999 miliar (off-the-road) itu menjadi kendala sekaligus pangsa pasar Land Rover yang sempit. "Harga jual yang mencapai Rp2,5 miliar itu bukan murah karena pasar kami memang sempit. Tapi, kami berharap masih ada segmen pasar yang melihat keunggulan Land Rover dengan tambahan kepraktisan penggunaan," katanya.

Selain Land Rover dengan mesin dua liter itu, Wahana Auto Ekamarga juga mengusung varian baru Land Rover Discovery Sport dengan warna eksterior yang lebih kontras dan velg berukuran 20 inci dan sistem audio Meridian sebagai tambahan fitur interior selain koneksi USB di semua sisi kabin.

WAE sebagai distributor mobil Jaguar dan Land Rover di Indonesia membidik pertumbuhan kontribusi seri mobil Land Rover Discovery terhadap penjualan total kendaraan asal Inggris itu di pasar Tanah Air.

"Persentase penjualan seri Discovery masih kecil, kurang dari 10 persen dari total penjualan Land Rover kami di Indonesia. Tentu kami berharap peningkatan kontribusi," Direktur Merek Jaguar dan Land Rover Indonesia Jentri Izhar.

Land Rover Discovery merupakan satu dari tiga seri Land Rover yaitu Land Rover Defender dan Land Rover RangeRover. Namun, Jentri enggan menyebut angka penjualan total mobil Land Rover di Indonesia pada 2018. "Tapi, pertumbuhan kami sampai saat ini masih menunjukkan angka positif dibanding 2018," kata Jentri.

Meskipun pangsa pasar kendaraan Land Rover termasuk kecil, Jentri optimistis konsumen setia mobil kelas atas itu akan tertarik dengan fitur praktis yang ditawarkan seri baru Discovery. "Kami sadar harga Rp2,5 miliar itu bukan harga murah. Tapi, pasar kami memang sangat kecil sekali," katanya.

Wahana Auto Ekamarga juga menggandeng bank Maybank sebagai lembaga pembiayaan untuk menawarkan kredit dengan bunga nol persen bagi calon konsumen Land Rover Discovery mesin empat silinder dua liter.

Jentri mengakui harapan WAE yang tinggi salah satunya terhadap Land Rover Discovery yang digadang-gadang lebih hemat bahan bakar itu sebagai kontributor penjualan di Indonesia. Selain mesin hemat bahan bakar, Land Rover Discovery mesin dua liter itu juga mengandalkan kabin berkapasitas tujuh penumpang, area bagasi yang luas hingga 1.231 liter jika dua baris kursi belakang dilipat, dan sistem audio dengan teknologi Meridian.

BERITA TERKAIT

Alokasikan Capex Rp 2,5 Triliun - Charoen Pokphand Bangun Dua Pabrik Baru

NERACA Jakarta – Tingkatkan kapasitas produksi pakan, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk berencana membangun dua pabrik baru dengan belanja modal…

Pemprov Banten Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok

Pemprov Banten Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok  NERACA Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Perindustrian dan…

Permintaan Pasar Meningkat - Produksi Batu Bara Golden Energy Tumbuh 45%

NERACA Jakarta – Kuartal pertama 2019, PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT) membukukan pertumbuhan produksi batu bara 45%. “Produksi batu…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

BMW Rilis Seri 8 Coupe Dalam Bentuk Dua Versi

BMW Indonesia meluncurkan mobil sport Seri 8 Coupe terbaru dalam bentuk dua versi yang dijual dengan harga Rp3,4 miliar untuk…

Mazda Perkenalkan CX-3 GT Sport Nav Plus untuk Inggris

Mazda memperkenalkan mobil CX-3 edisi terbatas dengan mesin 2.0 liter yang hanya diproduksi 500 unit untuk pasar Inggris. Eksekutif Mazda…

Renault Kenalkan Tiga Purwarupa Mobil Listrik

Grup otomotif Prancis, Renault, memperkenalkan tiga prototipe (purwarupa) mobil listrik yang digadang-gadang menjadi solusi mobilitas di masa depan. Mobil pertama…