Siap Menjelajah Medan, Sulawesi, dan Maluku - Yamaha Tenere XT660Z

Persembahan terbaru lagi dari Yamaha, Ring of Fire Adventure (RoFA), hadir menjelajahi bumi Indonesia. Yamaha mensponsori stage 2 event tersebut dengan menghadirkan ketangguhan Tenere XT660Z dan Scorpio.

Tenere XT660Z dipilih karena ketahanan dan ketangguhaannya sudah teruji di segala medan lewat event kelas dunia Reli Dakar. Tujuh kali Yamaha menjuarai Reli Dakar menunggangi Tenere XT660Z. Kekuatan Tenere XT660Z di ajang paling menantang sedunia itu pun cocok dengan medan yang akan dilalui pada stage 2 RoFA. Dimana rutenya berkarakterisitik offroad, menyebrangi sungai dan melintasi jalan trans Sulawesi yang panjang dan membutuhkan kecepatan.

Scorpio pun akan mendampingi Tenere XT660Z menjelajahi stage 2 RoFA. Menariknya, Scorpio dikendarai dua wanita (Chintara Diva dan P.S.Andini) dimana keikutsertaan mereka bakal menjadi pengalaman pertama menempuh medan berjarak jauh dan menantang. Dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan serta memiliki cc mesin paling besar di barisan motor Yamaha Indonesia, Scorpio paling cocok dipilih untuk RoFA ditunggangi wanita. Sensasi Tantangan Sejati, tagline Scorpio, sangat pas menggambarkan motor sport Yamaha ini untuk menjawab tantangan di RoFA.

“Ambil bagiannya Yamaha dalam event ini semakin membuktikan bahwa Yamaha tidak hanya Semakin di Depan di balapan tapi juga adventure. Scorpio mewakili motor lokal Yamaha dapat digunakan dalam perjalanan jauh di medan Indonesia. Dan dengan penjualan yang meroket di bulan Februari 2012, Scorpio semakin memperkuat barisan motor kategori sport Yamaha bersama V-Ixion dan Byson,” papar Eko Prabowo, General Manager Marketing and Communication Yamaha Indonesia.

Scorpio berkapasitas mesin 225 cc dengan tipe mesin 4 langkah, 2 valve SOHC dan berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga 18,2 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 17,5 Nm di 6.500 rpm. Tahun lalu terakhir kali Scorpio Z facelift dengan striping terinspirasi bentuk magma meleleh yang mengeluarkan api panas. Desain tersebut dapat dilihat pada tangki, cover side dan scoop air.

Yamaha juga memperkaya tampilan Scorpio Z dengan kombinasi warna dasar hitam dikombinasikan dengan warna biru dan silver pada tangki, cover side dan scoop air. Sedangkan Scorpio Z berwarna dasar merah dipadukan dengan kombinasi warna silver dan hitam pada tangki, cover side dan scoop air. Selain merubah striping dan kombinasi warna, Yamaha juga melengkapi Scorpio Z baru dengan automatic head light on (AHO).

Motor sport memang menjadi andalan Yamaha dimana kualitasnya sudah teruji diburu konsumen Tanah Air sehingga menempati penjualan tertinggi. Selain Scorpio, untuk medan ekstrem Byson pun cocok dijajal. Pada September 2010, Byson dan Scorpio diperkenalkan di Padang Savana Gunung Bromo, Jawa Timur, dalam tema Amazing Journey. Padang Savana Gunung Bromo dipilih sesuai karakter sport tangguh Scorpio dan Byson.

Byson facelift teranyar diperkenalkan saat kunjungan Jorge Lorenzo ke Indonesia, Januari tahun ini. Lorenzo menunggangi Byson emas, warna baru dalam acara meeting internal nasional Yamaha. Warna baru lainnya hitam solid. Khusus buat warna emas terinspirasi pula dari R1 1000 cc special edition yang sudah dikeluarkan di Amerika Serikat tahun ini. R1 tersebut memiliki campuran warna white – black – gold. Warna emasnya sendiri terdapat pada emblem, velg dan suspensi depan.

Sementara, desain grafisnya lebih sporty, gagah dan lelaki. Inspirasi konsepnya dari pesawat tempur luar angkasa yang terbuat dari baja solid dengan bagian dua ujung pesawat yang tajam. Striping baru Byson melekat pada tangki, air shroud (kuping tangki) dan bodi belakang. Byson anyar ini juga sudah AHO (Automatic Headlight On).

Tenere XT660Z dan Scorpio Jelajahi Ring of Fire Adventure

Untuk stage 2 RoFA digunakan 5 Tenere XT660Z (pertama di Indonesia) dan 3 Scorpio. Perjalanan dilakukan selama 60 hari menempuh kurang lebih 12 ribu kilometer, start dari Makassar, Sulawesi pada 8 April 2012 dan finis di Jakarta. Ekspedisi stage 2 ini meliputi 15 kota dan pulau di Sulawesi (Pitung, Manado, Tomohon, Gorontalo, Palu, Kepulauan Togean, Pulau Buton, Tanah Toraja, Makassar) serta 10 kota dan pulau di Maluku (Saparua, Banda Naira, Pulau Buru, Pulau Bacan, Ternate, Tidore, Halmahera, Pulau Morotai).

The Ring of Fire Adventure adalah perjalanan ayah dan anak-anaknya dalam misi untuk memperlihatkan keajaiban, keindahan serta realita daripada tanah air mereka, Indonesia. Ekspedisi unik di atas motor ini memudahkan penjelajahan mereka untuk meninggalkan cakrawala metropolitan dan mengungkap Indonesia dengan sesungguhnya. Ekspedisi RoFA dibagi menjadi lima tahap besar. Tahap

pertama dimulai pada 30 April 2011 di Kupang, Timor, melewati lebih dari 6.000 km dan 9 provinsi untuk mencapai titik tujuan Jakarta. Ekspedisi tahap pertama ini memakan waktu 50 hari dan sebuah kecelakan yang dialami team leader, Youk Tanzil yang akan disiarkan oleh MetroTV setiap jam 21:05 di bulan April 2012.

Related posts